Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Monday, April 05, 2004

Saya dan Mobile Internet

Saya mungkin salah seorang yang terlambat menikmati kecanggihan Mobile Internet, bagaimana tidak, walaupun kecanggihan Mobile Internet sudah sering didengungkan dan dibahas oleh beberapa media cetak maupun elektronik sejak beberapa tahun lalu, namun baru beberapa minggu belakangan ini saya dapat menikmatinya itupun hanya secuil dari fasilitas yang ada saat ini.

Sebelumnya saya hanya menghubungkan ponsel R520m tersebut dengan PC melalui kabel data RS232 menggunakan port COM1, soalnya saya sudah men-download beberapa aplikasi dari situs SonyEricsson, seperti:

XTNDConnect; aplikasi tambahan untuk MS. Outlook agar saya dapat memanajemen daftar cantacts dan schedule untuk selanjutnya disinkronisasi dengan ponsel.

Phonebook & Text Message Manager; adalah aplikasi lain yang dapat mengelola daftar phonebook di ponsel dan juga dapat mengirim SMS lewat PC.

Ericsson Phone Setting; merupakan aplikasi yang memudahkan kita untuk mengatur setelan ponsel dari PC yang dibuat secara user friendly karena dengan tampilan GUI, termasuk memasukkan OwnMelody dan Menentukan setting untuk tiap-tiap Profile yang ada.

MyPicture; adalah salah satu aplikasi yang paling sering saya gunakan untuk merubah background(gambar latar) pada layar ponsel saya, sayangnya R520m hanya menyediakan 1 buah tempat untuk gambar yang kita masukkan sehingga jika kita akan memasukkan gambar latar yang lain, gambar sebelumnya akan tertimpa.
Semua aplikasi diatas kompatibel juga dengan beberapa seri ponsel Ericson yang lain, termasuk seri terbaru dari SonyEricsson.

Keterlambatan saya untuk menikmati enaknya ber-WAP dan memeriksa e-mail lewat perangkat mobile disebabkan oleh tidak tersedianya infrastruktur yang memadai di kota tempat dimana saya tinggal. Barulah ketika Excelcomindo mendirikan BTS-nya dan mulai beroperasi didaerah saya, saya dapat menikmati akses WAP over GPRS dari operator tersebut.

Dengan sebuah ponsel Ericsson R520m dan simcard proXL, saya mencoba untuk melakukan setting GPRS dan WAP secara manual karena type ponsel yang saya gunakan tidak ada dalam daftar OTA (over the air activation) proXL. Dengan meminta bantuan dari sana-sini termasuk Customer Service-nya serta beberapa rekan di ForumPonsel, akhirnya saya berhasil menghubungkan R520m saya dengan saluran GPRS milik Excelcom.

Situs pertama yang saya kunjungi adalah wap.esato.com dan wap.detik.com, selanjutnya saya mencoba untuk mengakses mailbox Yahoo yang saya miliki di http://wap.yahoo.co.uk/, hampir semua fasilitas yang disediakan Yahoo ada dalam versi WAP Yahoo ini termasuk fasilitas Yahoo Messenger(YM) dan dalam kesempatan test drive WAP tersebut saya mengirimkan pesan kepada teman-teman saya lewat YM.

Dari CD yang disertakan dalam paket pembelian ponsel SonyEricssson T610 milik teman saya, saya menemukan aplikasi Dial-up Networking Wizard, yang akan mendeteksi ponsel kita sebagai modem dan menghubungkannya dengan Internet lewat jaringan GPRS ataupun CSD, sehingga saya dapat melakukan browsing situs Internet (bukan WAP) serta melakukan chatting dengan beberapa rekan baik menggunakan mIRC, ICQ maupun Yahoo Messenger dari PC bukan melalui WAP. Dari CD-ROM lama CHIP-CD edisi tahun 2002 saya menemukan applikasi WAP Emulator miliknya Ericsson dengan grafis menyerupai type ponsel R380s, dengannya saya dapat mengakses situs-situs WAP dari PC sehingga jari-jari kita tidak pegal seperti halnya mengetikkan lewat tombol ponsel.

Berawal dari sebuah thread di ForumPonsel.com, yang mengajak para pemilik Ericsson R520m untuk berkumpul, jadilah ROC (R520m Owners Club) situsnya sudah dibuat oleh Bung Dega yang beralamat di http://r520m.indoadmin.com sementara mailing listnya sudah dubuatkan juga oleh beliau di http://groups.yahoo.com/group/r520m_owners. Bung Dega juga memberikan POP mail Indoadmin pada saya sehingga saya dapat membaca dan membalas e-mail dari R520m layaknya menggunakan aplikasi e-mail reader seperti Outlook, Eudora atau Netscape. Dan setiap bulan para member ROC sering berkumpul mengadakan gathering.

Hampir setiap hari saya chatting di #ForumPonsel, dan berkat bantuan teman-teman (Mas SenoRY, vshop_online, Toshiro) di ForumPonsel, saya jadi bisa membuat channel sendiri di DalNet dengan nama #R520m, maksudnya sih untuk para pengguna Ericsson R520m yang ingin saling bertukar ilmu dan pengalaman agar dapat melakukan chat secara real time.

Kini, dengan sebuah ponsel Ericsson R520m, saya tidak lagi ketinggalan berita dari sebuah portal favorit saya, saya juga dapat membaca dan membalas e-mail setiap hari dimana saja dan kapan saja, tidak lagi harus berkutat pada komputer dirumah maupun di warnet. Jadi apa yang dikatakan dalam situs ROC benar sekali bahwa Ericsson R520m bisa lebih hebat dari Palm Tungsten dan Nokia9210i yang dipegang oleh orang gaptek.[Q]

--==+oOo+==--

Rosgani known as R520m mengucapkan terima kasih untuk rekan-rekan di Forum Ponsel (walaupun kita belum pernah bertemu muka):
SenoRY (Thanks channelnya), vshop_online (harga CD-nya bisa kurang gak?), Arya Dega(Thanks for your POP3), Elang(jangan pernah berhenti, hidup ketua Elang!), Coklatz (bukan cuma kamu yang gak bisa datang ke Gathering), Toshiro(the Specialist), dan semua teman yang tidak tertulis disini, terima kasih atas perhatian, kerja sama dan bantuannya.... Kalian semua adalah inspirasi.

No comments: