Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Friday, October 28, 2005

Short Review: Linspire Live CD 5.0

www.linspire.com
Linspire adalah salahsatu distro Linux yang sebelum tanggal 14 April 2004 bernama Lindows ini memiliki jargon "Easiest Desktop Linux, The Affordable Choice" yang memang sangat memberikan kemudahan bagi para penggunanya.

Linspire Live CD yang saya gunakan sudah menggunakan versi 5.0.69 atau sering juga disebut dengan Five-O (baca: five oh), pada saat mencoba Live CD ini saya menggunakan prosesor AMD Athlon XP 1.8GHz, dengan RAM sebesar 256MB yang di-share bersama VGA onboard 8MB yang sudah terintegrasi pada motherboard ECS Elite K7VMM2, dengan mesin CPU yang tergolong lambat, Linspire Live CD ini dapat memboot langsung dari CD-ROM dengan hanya memakan waktu kurang dari 2 menit. Sesaat kita dihadapkan pada proses instalasi yang sangat sederhana dan mudah, mulai dari pilihan zona dan waktu, menentukan password untuk sistem, sampai memasang Dial-up dan mengkonfigurasi modem yang kita gunakan. Sistem audio AC'97 yang sudah ada dalam motherboard langsung dapat dikenali dan menjalankan Intro musik pada wal-awal instalasi.

Distro yang berbasis pada Debian dengan kernel 2.6.10, KDE desktop dan X.org windows system, memiliki tampilan yang cukup unik, dengan pendekatan GUI yang mirip-mirip dengan Windows XP serta sedikit sentuhan MacOS, menjadikan tampilan Linspire terkesan teduh dan artistik untuk dipandang. Didalamnya disediakan beragam scrennsaver yang mendukung OpenGL dan juga beberapa wallpaper khas Linspire disamping wallpaper standar mirip KDE.

Seperti halnya LiveCd yang lain, didalamnya sudah dilengkapi dengan aplikasi Open Office suite namun khusus untuk distro ini dilengkapi beberapa aplikasi native dari Linspire sendiri seperti Lsong untuk mamainkan file-file musik, Lphoto untuk memanage dan mengedit foto, Ltorrent sebuah klien untuk BitTorrent, Lassist yakni sebuah aplikasi PIM dan kalendar, GAIM Instant Messaging, CD dan DVD Burner, Real Player 10, Flash player dan juga Ghost PDF Viewer. Jika kita merasa kurang dengan aplikasi tersebut, fasilitas CNR (Click N' Run) membolehkan kita untuk membeli dan memingistal langsung aplikasi yang kita butuhkan langsung dari portal Linspire untuk melakukan hal ini dibutuhkan koneksi Internet tentunya.

Ada sedikit permasalahan ketika saya hendak memasang printer Canon BJC-2100 dengan koneksi USB, ternyata driver Canon BJC-2100 (Foomatic + gimp-print) yang sudah direkomendasikan oleh system pada saat saya menambahkan printer di Control Center tidak mau menjalankan fungsinya dengan baik sehingga printer tidak mau mencetak walau saya sudah berulangkali menekan tombol Test Page. Akhirnya printer dapat bekerja dengan sempurna setelah saya memilih Canon BJC-2100 Foomatic/gimp-print-ijs sebagai drivernya.

Bagi mereka yang sering menggunakan Linux pada mode text, mungkin Linspire bukanlah sebuah distro yang istimewa, namun bagi pengguna Linux pemula dan penikmat GUI KDE yang 'cool' seperti halnya saya, Distro Linspire ini mungkin layak untuk dicoba.[]

6 comments:

Roberto Iza Valdés said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...

Dear rosgani,

I perused your post (Short Review: Linspire Live CD 5.0) with much interest as I was looking for ways to buy and sell how to repair a road bicycle. Unfortunately your article was not exactly what I was looking for
how to repair a road bicycle. But luckily there is a site I have found that allows you to buy and sell anything like how to repair a road bicycle on interest free credit and you can pay for your how to repair a road bicycle whenever you want. Here's the link one more time: how to repair a road bicycle.

Anonymous said...

My wife tells me that I have never grown-up. Well, I am not going to argue as long as I can still take apart and build computers.

amd slot a cpu

chenlina said...

tory burch outlet
moncler outlet
harden vol 1
canada goose
polo ralph
michael kors handbags
oakley sunglasses
coach factory outlet
nike mercurial superfly
nike lunarglide
chenlina20180306

Unknown said...

this contentdiscover here my companytry these out Sourceright here

sought said...

Check This Out over here read the full info here click resources click this over here now More about the author