Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Friday, September 24, 2004

SABUGA, 23 September 2004

Kamis, 23 September 2004 saya menghadiri acara seminar sehari Internet yang diadakan oleh Telkom Divre III Bandung, acara digelar di Gedung Sasana Budaya Ganesha (SABUGA) Bandung merupakan rangkaian dari acara Internet Goes to School 2 yang sebelumnya sudah diadakan oleh Telkom di masing-masing Divre. namun acara seminar kali ini dipusatkan di Bandung, dalam rangka memperkenalkan konsep warnet murah untuk sekolah-sekolah yang memang sudah digagas oleh Bapak Onno W. Purbo. Ada dua orang yang saat itu menjadi pembicara pada acara yang berlangsung sangat akrab tersebut. Ibu Judith MS dari AWARI (Asosiasi Warnet Indonesia) dan juga pakar Internet Bapak Onno W. Purbo, yang kita kenal sebagai pembuat konsep VOIP Perjuangan di Indonesia.

Para peserta yang kebanyakan adalah para pendidik atau guru dari berbagai SLTP, SMA dan SMK yang datang dari daerah Bandung, Subang dan sekitarnya terlihat antusias mengikuti seminar tersebut, hal ini terbukti dari banyaknya pertanyaan dari peserta tentang materi yang disampaikan, mulai dari penggunaan Internet, pencegahan pornografi di Internet, serta pembuatan e-mail server untuk sekolah.

Pak Onno yang terlihat santai dengan pakaian batik lengan pendek, celana denim dan beralas kaki sandal gunung, terlihat sportif dan sikap-sikapnya yang kocak membuat suasana terkesan santai dan tidak kaku, sesekali Bu Judith dan Pak Onno bercanda saling menimpali dan berkomentar dengan gaya humorisnya masing-masing, Bu Judith yang melempar pertanyaan "apa sih arti homepage?" tidak ada satupun peserta yang tepat menjawab akhirnya pertanyaan di lempar ke Pak Onno yang sedang sibuk menjawab e-mail dengan laptop-nya, Pak Onno mengomentarinya dengan jawaban canda yag diikuti oleh gelak tawa peserta.

Saat itu saya kebetulan berkesempatan untuk mempresentasikan situs yang sedang Anda baca ini, pasalnya Bu Judith bertanya "Apakah ada peserta yang memiliki homepage pribadi?" akhirnya saya maju kedepan dan moment ini tidak saya sia-siakan untuk ber-foto bersama pakar Internet Indonesia, Bapak Onno W. Purbo yang saat itu masih asyik dengan laptopnya membalas e-mail dari rekan-rekan milisnya. Akhirnya saya duduk didepan, disamping Pak Onno, karena Bu Judith meminta saya untuk menjadi asisten dadakan agar saya membukakan beberapa situs yang sedang beliau bahas saat itu.

Acara yang berlangsung kurang lebih lima jam itu, diakhiri dengan pembahasan konsep Internet murah bagi sekolah-sekolah dan pembagian hadiah berupa CD dokumentasi yang dibuat khusus oleh bapak Onno, Starterpack Flexi Area Bandung, Majalah Bisnis Komputer, Kartu InstantSave edisi launching dan beberapa merchandise lain dari Telkom.[Q]



Terima kasih untuk Bpk. Junaedi dari Telkom Subang yang sudah mengundang saya dalam acara tersebut, Anda bukan hanya memberikan ilmu dan pengalaman buat saya tapi juga mewujudkan mimpi saya untuk bertemu dengan pakar Internet Indonesia.
Terima kasih juga saya ucapkan buat rekan-rekan di SMK Bina Putera Subang, atas support-nya yang mebuat saya percaya diri saat tampil kedepan.

No comments: