Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Friday, November 28, 2003

Mudik ala Road Warrior

"Road Warrior" adalah sebutan bagi mereka yang selalu menggunakan perangkat mobile seperti laptop, handphone, PDA, PocketPC untuk membantu menyelesaikan pekerjaannya selama mereka berada jauh dari kantor, saat dalam perjalanan atau dalam kendaraan misalnya. Bahkan disinyalir saat ini sudah banyak orang yang bekerja tanpa kantor atau istilahnya "buildingless office", karena hanya dengan perangkat mobile seperti yang disebutkan di atas dia bisa bekerja dimana saja, kapan saja dan tetap produktif.

Sebelumnya saya mau minta maaf jika sudah hampir tiga bulan belakangan ini saya tidak pernah kirim artikel ataupun naskah yang berhubungan dengan handheld device (perangkat gengam), entah itu PDA, PocketPC ataupun smartphone.

Tiga bulan bukanlah waktu yang relatif lama, namun selama tiga bulan belakangan ini, beberapa produsen perangkat genggam banyak berinovasi untuk berlomba memproduksi perangkat genggam handal yang ditujukan bagi para pemakainya dan dalam waktu tiga bulan itu berbagai perangkat genggam baru-pun bermunculan. Mengenai apa saja perangkat baru tersebut akan saya ulas dalam tulisan terpisah.

Menjelang lebaran tiba, tepatnya saat masa mudik tahun ini, mungkin banyak para "road warrior" jadi-jadian, pasalnya hampir semua operator seluler yang ada di Indonesia menawarkan service maupun fasilitas baru bagi pelanggannya untuk menawarkan informasi selama mudik, informasi tersebut misalnya seperti info jalur mudik, berita harian, berita keuangan, gosip selebritis, headline news dan lain-lain, semua info itu dapat langsung diakses lewat ponsel ataupun PDA baik melalui jalur SMS, MMS, GPRS, ataupun dalam bentuk video streaming.

Sepertinya para operator seluler saat ini sudah mempersiapkan semuanya dengan baik, berbeda dengan saat lebaran beberapa tahun lalu dimana para pengguna ponsel dibuat mati kutu karena tidak dapat menggunakan ponselnya untuk ber-silaturahmi baik itu menggunakan jalur voice maupun SMS. Apalagi saat ini fasilitas pengiriman MMS dan EMS sudah mulai menjamur, otomatis ini akan memakan banyak bandwidth yang selama ini digunakan, namun lalulintas seluler Lebaran tahun ini tidak ada hambatan, kalaupun ada keterlambatan dalam pengiriman SMS itu masih dalam tahap kewajaran. -- CMIIW

Bagi mereka yang menggunakan ponsel generasi ke-tiga bahkan dapat mengakses informasi dalam bentuk multimedia, seperti video streaming misalnya, sehingga ponselnya tidak saja dapat menampilkan informasi dalam bentuk teks dan gambar, namun juga dalam bentuk video dan suara sekaligus seperti halnya televisi. Namun saya tidak yakin apakah mereka, para pemilik ponsel (baik ponsel 3G ataupun ponsel konvensional) tersebut benar-benar mengoptimalkan semua fungsi dan menggunakan fasilitas yang ditawarkan oleh operator melalui ponselnya? Jawabannya ada pada Anda.... [Q]

No comments: