Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Saturday, September 25, 2004

Bandwith Besar Pada Ponsel, Siapa Perlu?

EDGE, 1xEV-DO, UMTS, WCDMA, 1xEV-DV, CDMA. Semua singkatan-singkatan tersebut yang mungkin membingungkan kita, namun maksud intinya adalah: teknologi tersebut menyediakan akses data yang cepat dan besar untuk perangkat mobile (khususnya ponsel) yang kita miliki. Kecepatan dari jenis akses tersebut memang sangat bervariasi, saat ini kebanyakan ponsel yang kita miliki memang hanya digunakan untuk percakapan voice atau mengirimkan text SMS saja, namun dengan teknologi masadepan, sebuah ponsel yang mendukung teknologi diatas tadi akan dapat mengirimkan data yang lebih besar secara cepat, namun yang menjadi pertanyaannya adalah, data macam apa yang akan kita kirim dengan perangkat mobile (ponsel)?.

Kebanyakan dari data wireless saat ini dibuat dengan menggunakan .wml (wireless markup language) yakni sebuah bahasa yang dibuat hampir menyerupai .html untuk website namun sengaja diminimalis agar dapat masuk kelayar ponsel dan disalurkan pada jalur bandwith selular yang relatif kecil. Dengan aplikasi protokol yang disebut WAP (Wireless Application Protocol) kita dapat mengakses berbagai informasi, seperti bisnis, hiburan, keuangan, olah raga, cuaca dan humor, namun WAP bukanlah aplikasi pengganti web internet, WAP hanyalah sebuah browser mini dan sederhana yang memungkinkan penggunanya mengakses informasi lewat ponsel, aplikasi WAP tidak memerlukan bandwith yang sangat besar, begitu juga dengan SMS yang populer tersebut, kecuali jika kita ingin melakukan percakapan dengan lawan bicara sambil melihat wajahnya secara real time dilayar ponsel mirip telekonfrensi, namaun apakah Kita benar-benar ingin melihat wajah lawan bicara saat menelepon?.

Saat ini keberadaan game online (seperti Ragnarok) di Internet memang begitu populer, karena hal ini, beberapa produsen game berusaha untuk mencangkokan permainan online ini kedalam sebuah ponsel, hal ini jelas membutuhkan bandwith yang besar untuk dapat memainkan game secara real time pada sebuah ponsel, namun apakah kita merasa nyaman menggunakan tombol ponsel sebagai joystick?, ditambah ukuran layar yang relatif kecil?, semua kendala itu mungkin mengurungkan niat kita untuk mencoba aplikasi permainan online lewat ponsel tadi.

Penggunaan kamus, database, ensiklopedi, yang bisa diakses melalui perangkat mobile adalah suatu aplikasi yang cukup menarik, namun data tersebut hanya dibuat dalam bentuk text yang tentu tidak membutuhkan bandwith yang terlalu besar, bahkan penggunaan aplikasi data navigasi sebagai bentuk dari database yang dapat dipakai bersama aplikasi GPS (Global Positioning Systems) bisa diakses dengan mudah tanpa membutuhkan bandwith yang besar dan dapat bekerja hanya dengan menggunakan perangkat mobile berfasilitas standar.

Jika dilihat secara sekilas, data dalam bentuk text memang bukanlah sesuatu yang menarik, namun penggunaan data text adalah yang paling banyak digunakan saat ini, mengakses e-mail (tanpa attachment) secara mobil dan nirkabel, mengakses situs berita, bahkan situs RosganiSoft Mobile Article yang Anda lihat saat ini menggunakan informasi dalam bentuk text, yang memungkinkan untuk diakses secara nirkabel dengan menggunakan perangkat mobile seperti PDA, Ponsel tanpa memerlukan bandwith yang teralalu besar.

Jadi pertanyaannya, apakah anda benar-benar membutuhkan bandwith yang besar untuk perangkat mobile Anda?, jika iya, data seperti apa yang akan Anda akses dengan perangkat anda tersebut?[Q]

No comments: