Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Thursday, February 28, 2008

Nokia E61 and Me

Sejak aplikasi VericChat yang terpasang pada Palm Tungsten|W saya tidak bisa terhubung dengan server chatting Yahoo Messenger, saya mencoba untuk mencari gadget pengganti yang bisa memenuhi kebutuhan saya untuk bisa selalu Online di YM. Terlebih kekurangan Tungsten W yang tidak bisa menangani fungsi Push Mail membuat saya semakin yakin untuk berpindah mencari gadget yang tepat untuk saya.

Sampai akhirnya pilihan saya jatuh pada Nokia E61, sebuah gadget yang bisa memenuhi saya untuk semua kebutuhan Online saya, Chatting, Browsing, Push e-Mail dan telepon serta SMS tentunya. Tombol QWERTY kibor yang terpasang dibawah layar lebarnya membuat saya tidak terlalu kesulitan untuk menyesuiakan, karena memang setelah menggunakan Palm Tungsten W dalam waktu lama, rasanya penggunaan QWERTY keyboard seakan menjadi suatu keharusan, terlebih ketika saya sering menulis e-mail, membuat laporan dan juga chatting.

Aplikasi SEVEN Push yang saya dapatkan secara gratis dari situs www.seven.com merupakan aplikasi handal yang bisa menanngani kebutuhan saya dalam menerima e-mail secara Push layaknya perangkat BlackBerry, denganya saya merasa selalu dekat dengan rekan, kolega karena saya tidak pernah melewatkan e-mail yang datang pada jam 3 pagi.

Saat ini ada beberapa aplikasi yang terpasang pada Nokia E61 saya, seperti:



  1. Seven Push Mail Beta, aplikasi untuk menerima e-mail secara Push

  2. Collins, Dictionary dan MSDict, 3 buah aplikasi kamus ini sengaja saya pasang untuk membantu saya membuat artikel atau laporan.

  3. Putty, aplikasi yang dapat meremote komputer server.

  4. Opera Mini 4, browser Internet handal untuk pengguna Mobile Internet.

  5. WorldMate, aplikasi ini kerap saya gunakan jika saya bepergian ke luar negeri, konversi mata uang dan prakiraan cuacanya sangat membatu jika saya menginginkan informasi kurs dan cuaca dengan segera.

  6. eBuddy, AgileMessenger dan Slick adalah aplikasi client Messenger yang saya gunakan, namun saat ini saya sering menggunakan Slick mengingat aplikasi ini masih gratis dan dapat measang custom status.

  7. emTube, aplikasi kecil ini bisa mencari dan mengambil film-film dari YouTube untuk selanjutnya disimpan dan diputar ulang.

  8. MobiSpine adalah aplikasi RSS Reader yang cukup cepat dan sederhana.

  9. CorePlayer, aplikasi pemutar file .mpg selain dapat juga memainkan file .3gp

  10. YahooGo, paling sering saya gunakan untuk mencari peta dan berita ketimbang fungsi e-mailnya.

  11. X-plore, aplikasi file manager yang dapat menampilkan file system yang tersembunyi.

  12. Google Maps, aplikasi ini tidak kalah dengan Google maps versi PC, saya dapat melihat atap rumah saya dan juga jalur jalan di seluruh dunia.

  13. AudioNotes, aplikasi perekam suara yang bisa menggunakan seluruh kapasitas Memory karena durasi perekam tidak dibatasi waktu seperti halnya aplikasi perekam bawaanNokia.



Selain itu, Nokia E61 memiliki aplikasi bawaan yang juga tidak kalah canggih, sehubungan dengan kemampuannya mengakses WiFi, Bluettoth dan juga Infra red, serta didukung oleh jaringan 3G khusus data, smartphone ini kerap saya gunakan sebagai modem ke laptop. Aplikasi Office nya cukup kompatible dengan aplikasi Office di PC atau laptop sehingga saya dapat menulis laporan secara langsung dengan segera tanpa harus menunggu waktu booting.

Salah satu kekurangan E61 adalah tidak adanya fungsi kamera, namun hal ini tidak begitu mempengaruhi kebutuhan utama saya, karena saya kerap menggunakan kamera digital untuk bisa mendapatkan gambar yang lebih sempurna.[Q]

10 comments:

Anonymous said...

Halo pak, salam kenal. Saya Johnson, pemakai Nokia E61 juga. Kebetulan saya juga member Gadtorade. Saya pakai E61 ini belum lama, sekitar 6 bulan...dan sangat puas dengan kinerjanya, dan satu lagi...jarang yg ngembarin hehehe.... saya juga sempat mau download map GPS yang dari website Nokia Eropa, tapi besar sekali filenya, sekitar 230MB, jadi saya belum berani download karena dengar-dengan isinya hanya ada Jakarta, selebihnya kota-kota besar di Asia Tenggara. Hari ini saya baca postingan bapak di Gadtorade mengenai penggunaan GPS dengan map Bandung. Kalau boleh tau, bapak pake map apa? apakah ang dari web Nokia itu? Saya juga sudah punya mobul Nokia LD3W tapi selama ini hanya bisa lihat koordinat, kecepatan dan altitude. mohon pencerahannya pak. terima kasih.

Johnson Nagawan

Anonymous said...

Kang Rosgani, ikutan kasih komentar ya.
Coba install Joyku Hotspot di E61. Apps ini membolehkan E61 senbagai internet access point via wifi. Jadi tidak memerlukan kabel data atau bluetooth dongle lagi di laptop jadul saya, cukup switch on wifi, langsung browsing.

regards,
Sonny Wibawa

rosgani said...

Halo, terima kasih sudah mengunjngi situs Blog saya.

Pak Johnson : Saat saya menggunakan Holux GPS Receiver di Bandung itu tidak menggunakan aplikasi map, hanya mengandalakan aplikasi Navigator bawaan Nokia E61 saya

Pak Sonny Wibawa : Terima kasih atas kiriman infonya, tapi saya coba di Google kok gak ada ya aplikasi Joyku Hotspot tersebut?

Salam hangat,
-rosgani-

Anonymous said...

Sorry salah nama,
Harusnya joikuspot light.

Cari wi www.joiku.com

regards,
Sonny Wibawa

CakHan said...

Kangmas Rosgani, saya juga pakai E61 dan sejauh ini mengalami "multiple orgasm", huahuahua. Benar2 nikmat, qwerty, ber-OS Symbian 3rd, bentuk yang unik tapi eye catching, office soft, jarang yang ngembarin, dan... muraaah 2nd-nya.

Software favorit saya emTube, teman setia dalam perjalanan. Saya dah download 300-an lagu dari YouTube, dan beberapa sudah tercopy di E61. Sedaaap...

Anonymous said...

Wah udah sebulan baru baca nih blog, jadi terharu orang sehebat bos Rosgani pake' E61 juga, jadi bangga donk saya ;)

Terima kasih bos atas infonya, apalagi ada daftar sopwer2 yang dipake' mau ikutan juga ah masukin sopwer2nya

Sekali lagi Makasih bos,

Salam,
iNDra - Pontianak

ajat said...

Thx berat yach Bro !!

BTW seven mail itu sama dengan ventus yach..

berguna banget nech posting.

THx berat sekali lagi.

Dani said...

Saya udah pake E61 ini sejak tahun 2005, sejak pertama kali keluar. Pertama kali beli harga second sekitar 2,7 juta dan kemudian saya berlangganan paket I mofis Indosat, saya menggunakan utk akses email kantor dan fasilitas YM utk berkordinasi dengan team kerja di kantor. Sampai saat ini belum pernah ada problem kecuali pernah coba upgrade firmwarenya dan kehabisan baterai ketika ditengah proses. Akhirnya E61 ngeblank...dan service cuman butuh dua hari dah normal lagi dan ngga pernah ada trouble lg sampe skrg. Udah jatuh berkali-kali ke banting ama nabila dan azzahra...saat ini utk E61ku pinginnya di paint brush ulang supaya keren ...he he...stok lama tapi gaya canggih,

APCAR ABRU said...

Halo Pak.. saya pengguna E61 juga. Baru dapat 1 bulan yang lalu. Cari2 yang 2nd susah eh malah dapet stok lama tapi masih baru.
Skrg di hotspot sering putus wifinya, malah kadang ga ke detect.
Mungkin ada cara agar manteng trus wifinya, atau mungki sy salah setting. Minta tolong Pak, gmn caranya biar browsing lancar...Trims

awan-mulya said...

HI pak, salam kenal..
saya awan, pengguna e61 uga, saya mpake uda mulai awal kluar nih hape,.
nah ampe skarang lom ada yg bisa ngegantinya,. Tpi maslaahny casingny uda jelek banget, saya uda cari kmana-man, tpi gak da ngejual..
saya tinggal di banda aceh, tolong informsi klu ada yg ngejual casingny,..
awanreyxa@gmail.com.
Pokokny E61 keren abis, uda bolak-balek kbnting tp tetep ajah bandel..