Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Saturday, March 29, 2008

Browser Internet @Nokia E61

Perpindahan saya dari Palm Tungsten W ke Nokia E61 awalnya hanya dipicu oleh mati-nya layanan aplikasi messenger yang biasa saya gunakan, namun semakin hari saya makin menyadari bahwa perpindahan saya dari PalmOS ke Symbian menambah pengalaman baru bagi saya, terutama saat menjelajahi Internet dengan menggunakan aplikasi browser yang dimiliki Nokia E61.

Tapi mohon maaf sebelumnya, disini saya sama sekali tidak bermaksud untuk mendiskreditkan Palm OS atau mengunggulkan Symbian ataupun sebaliknya, terlebih karena Palm Tungsten W menggunakan Palm OS 4.1 sebuah versi yang dibuat jauh sebelum Symbian OS 60 3rd edition yang dimiliki Nokia E61.

Services dan Web, Serupa tapi tak sama
Sekilas keduanya hampir mirip tapi sebenarnya sangatlah berbeda, mungkin sebagian pengguna tidak menyadari perbedaan ini. Di Nokia E61, secara default fungsi Services berada pada folder Media sementara fungsi Web akan langsung terlihat ketika kita menekan tombol Menu.

Services memiliki tampilan lebih sederhana dibanding Web, dia ditujukkan untuk membuka situs WAP, namun walaupun begitu aplikasi Services juga bisa digunakan untuk membuka situs www biasa. Aplikasi Services akan menyesuaikan tampilan sebuah situs www (bukan WAP) sehingga lebih friendly di layar ponsel, sementara aplikasi Web akan menampilkan isi situs apa adanya layaknya kita melihat situs di layar PC, sehingga jika kita ingin melihat seluruh isi web kita harus menggulung layar ke kanan atau ke bawah.

Namun pada aplikasi Web, Nokia menambahkan fitur yang diberinama 'Mini Map' yakni sebuah fungsi yang memungkinkan kita dapat melihat tampilan situs secara keseluruhan melalui tampilan kecil yang muncul jika kita menggeser kursor ke sisi layar. Aplikasi Web memiliki kursor untuk memudahkan navigasi sementara aplikasi Services tidak memilikinya.

Beberapa situs mungkin bagus ditampilkan dengan Services namun ada juga situs yang justru malah terlihat berantakan jika ditampilkan dengan aplikasi tersebut, begitu juga sebaliknya, aplikasi Web merupakan sebuah terobosan intuitif untuk browser Symbian namun terkadang kita malah jadi capek ketika setiap kali harus menggeser layar ke kiri dan ke kanan untuk membaca barisan teks yang tidak ditampilkan secara utuh. Untuk membuktikannya silahkan anda buka situs www.detikinet.com dan bacalah isi beritanya dengan menggunakan kedua aplikasi tersebut, anda akan merasakan perbedaanya. (Ma'af, team detik.com, situsnya saya jadikan contoh, sebenarnya bisa juga buka situs lain sih).

Kelebihan lain yang dimiliki Services adalah adanya kemampuan untuk menyimpan halaman untuk dibaca secara offline dilain waktu, sementara fasilitas ini tidak dimiliki oleh aplikasi Web. Aplikasi Services juga merupakan viewer default untuk membuka file .htm atau .html yang sudah kita simpan dalam memory card.

Jika ada diantara pembaca yang menemukan kelebihan atau kekurangan lain dari kedua browser ini, silahkan ditambahkan dan jangan lupa.. Correct Me If I'm Wrong... salam hangat dan happy surfing (Q)

5 comments:

Sulaiman said...

Verichat di TW nya mati, yah pak? Sama juga dengan yg saya alami.

E61 .... apa yang sepadan dibandingkan dengan versi Treo. Treo 650, 700 atau 680?

rosgani said...

Wah, jujur aja, saya gak berani membandingkan E61 secara head to head dengan Treo jenis apapun, sehubungan dengan keterbatasan pengetahuan saya terhadap kedua device ini.

Yang jelas, semuanya memiliki kelebihan dan juga kekurangan masing-masing, yang penting tinggal bagaimana kita memanfaatkanya.

salam
-rosgani-

Pater A. Eko Budi Santoso, SJ said...

Bos Rosgani,
Sudah agak lama saya melihat-lihat E61i, tampaknya sih sesuai dengan kebutuhan yang: internet (wifi) dan aplikasi office. Bos Ros sangat puas dengan E61. E61i juga bisa di-pair dengan Holux. Sayang ada satu kekurangan yang membuat saya belum ambil ini barang yaitu tidak ada FM Radio. Mau pake produk O2 tetapi itu alat gede (bulk) banget.

Eko (Jakarta)

Anonymous said...

lagi cari yang second nih mas, hargaya kira2 brp ya?

rosgani said...

Untuk harga Second saya kurang hapal juga, waktu saya beli sih masih 1,8jt lengkap dengan berbagai macam bonusnya, tapi itu khan sudah lama banget, susahnya memang gak ada standar harga yang pasti untuk barang second mngingat disesuaikan dengan kondisi dan kelengkapan juga soalnya.

Salam