Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Thursday, December 17, 2009

Ponsel Google 'Nexus One' tidak akan dijual melalui operator


Google pada tahun depan akan menjual ponsel baru besutannya yang bernama Nexus One, namun pihak Google tidak akan menjual ponsel tersebut melalui jaringan operator dan dijual tanpa bundling operator manapun. Karena itu, Google akan menjualnya secara online dan ponsel ini dijual dalam keadaan 'unlocked' (tidak terikat dengan operator manapun).

Ponsel Nexus One sendiri dibuat dengan manufaktur dari HTC, tanpa diragukan lagi, sejak ponsel G1 Phone, Google memang telah menggunakan HTC sebagai manufaktur mereka. Dan tentu saja, ponsel Nexus One akan dijejali dengan sistemoperasi Android buatan Google.

Menurut saya, keputusan yang diambil Google untuk menjual ponsel tersebut tanpa bundling sangat beresiko. Secara teori, operator justru akan menimbulkan banyak masalah pada ponsel ini, seperti tarif yang tinggi untuk mengakses data Internet atau layanan lainnya, atau misalnya operator mem-blok beberapa fitur yang ada pada telepon tersebut, seperti Google Voice misalnya.

Selain itu, kemungkinan lainnya adalah, bahwa beberapa fitur pada ponsel Google Nexus One ini akan bertolak belakang dengan para operator, seperti msialnya fitur Voice over WiFi, dimana dengan fitur ini penggunanya akan dapat melakukan panggilan tanpa melalui jaringan operator yang ada. Selain itu, harga ponsel ini akan menjadi agak mahal bagi konsumen karena tidak ada biaya subsidi, dan biaya pulsa bulanan menjadi lebih tinggi karena tidak ada diskon dari operator.

Bagaimana menurut Anda?



3 comments:

jurnal said...

lho, bukannya gara-gara operator makanya harga gadget melambung?
contoh ya iPhone itu.

panca said...

wow....telpon lewat wifi!!!

cinor said...

oh gitu,.,,
makasih infonya