Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Saturday, October 29, 2011

KaZAM Balance Bike, belajar keseimbangan bersepeda bagi si kecil

Saat ini sepeda bukan hanya digunakan oleh orang dewasa saja, ya karena anak-anak juga kini sudah bisa bermain sepeda sedini mungkin, lho.. bukannya memang sudah lama sepeda digunakan oleh anak-anak? ya tapi ini berbeda karena sepeda yang satu ini benar-benar untuk digunakan oleh anak-anak balita, seperti apa?


KaZAM Balance Bike, salah satu produsen sepeda khusus untuk anak-anak telah membuat disain sepeda yang bisa digunakan oleh anak-anak balita, tapi jangan salah! ini bukan sepeda roda tiga yang biasa digunakan oleh anak-anak seperti yang anda bayangkan, ini sepeda roda dua yang dibuat justru untuk membuat anak-anak belajar keseimbangan.



Sepeda KaZAM Balance Bike sekilas memiliki bentuk seperti sepeda roda dua pada umumnya, namun karena ini diperuntukkan bagi anak-anak yang berumur antara 3 - 6 tahun agar belajar keseimbangan saat bersepeda, maka sepeda ini memiliki ukuran roda yang kecil (diameter sekitar 12 inci) dan tidak memiliki pedal untuk mengayuh, jadi bagaimana menggunakannya?. Anak-anak bisa mengendarai sepeda tersebut dan menjalankannya dengan dorongan kaki mereka, dengan begitu secara perlahan-lahan si anak akan mempelajari keseimbangan motoriknya dan karena itu sepeda ini dapat membantu si anak untuk lebih meningkatkan perkembangan motorik dan nalar mereka dalam mengendarai sepeda. walauun sepeda ini dibuat untuk anak-anak, namun batangnya sangat kokoh dan aman digunakan bagi anak Anda.

Ada hal menarik yang ingin saya ulas mengenai keseimbangan dalam bersepeda bagi anak-anak:
Pertama, anak-anak memiliki keterbatasan dalam hal pedaling, steering dan balance karena mereka belum bisa melakukan tiga hal tersebut sekaligus.
Kedua, otot kaki mereka juga belum kuat untuk bisa mengayu sepeda dan biasanya semakin pendek diameter crank yang dimiliki pada sepeda anak-anak pada umumnya, akan semakin berat bagi anak-anak untuk mengayuhnya. Karena itu kebanyakan anak-anak tidak mau mengayuh sepeda roda tiga atau roda empat mereka.

Karena dua faktor diatas, maka unsur pedaling (mengayuh) sepeda dihilangkan, sehingga untuk anak-anak faktor steering dan balance (keseimbangan) yang diutamakan. KaZAM Bikes membuat si anak mampu belajar steering dan balancing dengan benar. Berbeda dengan sepeda roda tiga atau sepeda dengan bantuan roda pembantu yang memungkinkan bagi si anak untuk melakukan steering berbelok se ekstrim mungkin yang memungkinkan si anak tetap aman diatas sepeda, namun logika ini akan berbahaya jika diterapkan pada sepeda roda dua.

Untuk itu KaZAM Bike memberikan logika yang baik dan benar dalam bersepeda namun tidak membebani si anak dengan kayuhan pedal yang berat karena sepeda KaZAM Bikes telah di-disain untuk bisa digunakan oleh anak-anak. Pada bagian tengahnya terdapat foot step atau pijakan kaki bagi si anak ketika mereka telah mulai menguasi sepeda tersebut, dibandingkan dengan balance bike mereka lain, KaZAM Bike memiliki spesifikasi yang sangat ideal dengan menghadirkan pijakan kaki ini karena selanjutnya jika si anak telah mulai menguasai keseimbangan dan kemampuan steeringnya, mereka akan melakukan pumping (memindahkan titik berat agar mendapat bantuan dorongan kedepan), hal ini akan memberikan sensi menarik bagi si anak.

Sekilas, mungkin para orang tua akan sedikit khawatir karena sepeda KaZAM Bikes tidak memiliki rem, namun perlu diingat bahwa anak yang berusia 3 - 6 tahun yang baru mengenal sepeda tidak akan memiliki fokus terhadap hal lain kecuali balancing dan steering tadi, karena KaZAM Bikes juga tidak diperuntukan untuk long riding. Perlu diingat pula bahwa selama menggunakan sepeda di usia ini harus selalu ditemani dan diperhatikan oleh orang tua karena pada usia tersebut mental anak belum siap untuk solo ring (mengendarai sepeda sendirian), dan jangan lupa untuk selalu gunakan helm selama mengendarai sepeda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Situs resminya bisa dilihat di www.kazambikes.com, namun bagi para orang tua yang ingin membelikan sepeda ini untuk anak-anak mereka, kini telah hadir distributor resmi untuk Indonesia, untuk informasi bisa melihat halaman Facebook mereka di http://www.facebook.com/KazamIndo, sehingga kini kita tidak usah repot untuk meng-ordernya dari luar negeri. Berikut adalah alamat distributor resmi KaZAM bike untuk Indonesia.
Gowes Parts
Jalan Raya Cigadung No 36, Bandung, Indonesia 40191
Telp 022-30100036 / 70804411 / 95551045
Ponsel: +6281809003636
sales@KaZAMbikes.web.id

KaZAM Bikes all 5 colours available @RCProBike Shop
Jl. RC Veteran Kav IV/1-2
Tanah Kusir - Jakarta 12330
Phone : 021-73883341
iyerohadian@yahoo.com

KaZAM Bike available at B-Bike
JL RS Fatmawati No 2A Jakarta Selatan (Samping Resto Boloo2)
Phone :021-75903122
pu3_hapsarie@yahoo.com
www.b-bikeonline.com

KaZAM Bikes also available at Bicycle Culture
Jalan Cihampelas No.187 Bandung
Phone : 022.9119 2090
the909hotmatic@gmail.com

KaZAM Bikes also available in Jakarta Timur area at Gadingmas Bike
Jl. Gading Mas Barat II Blok G8 No.8 Kelapa Gading Jakarta Utara 14250
Phone : 085692486950
Dadan@gadingmas.com
www.gadingmas.com

KaZAM BIkes also available in South Jakarta. Please contact : Bike-Bike Shop
Jl. Rasamala I No.50 Menteng Dalam Jakarta 12870
Phone : 085719198789
rickopahlevi@ymail.com

KaZAM bikes now available in Yogyakarta. Please contact :Aries Shop
Jln. Kartini 1B
Yogyakarta, 55223
HP: 0816688813,0818278813
YM : henry_indra
kazam@aries-shop.us
www.aries-shop.us

In Jakarta you can find KaZAM Bikes at @RocketCompany store Basement Bengkel,
Lot 14 SCBD
Jl. Jend Sudirman
Kav. 52-53

KaZAM Bikes in Surabaya can be found at TERAS SPEDA
Jl. Simo Kwagean 32 Surabaya Bike Rental and Tours
Telp. 03170843496
Melayani Rental KaZAM Bike dirumah ANDA
Cp. Narwanto (owner) Harian, Mingguan,
Bulanan sesuai kebutuhan.
Phone. 0811 340 5667

Jika anda masih penasaran, bagaimana anak-anak menggunakan sepeda ini, saya tampilkan video demo saat KaZAM bike dikendarai oleh anak kecil berumur 3 tahun :



1 comment:

Dian said...

Jadi teringat hal yang mirip pas aku dulu baru belajar naik sepeda. Berbeda dengan anak-anak lain, aku dulu belajarnya tidak ngayuh dulu, tapi itu sepeda aku bawa ke tempat yang tinggi trus aku meluncur dengan kaki di garpu tengah itu untuk belajar keseimbangan.

Setelah "feeling" keseimbangan dapat, baru aku belajar untuk ngayuh dan rasanya fun dech belajar dengan metode ini.

Aku rasa sepeda ini pas bangets!!!