Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Tuesday, October 30, 2012

Inilah fitur baru yang ada pada Android 4.2 Jelly Bean

Android adalah salah satu sistem operasi perangkat genggam yang kini tengah naik daun, sistem operasi ini  dikembangkan dengan basis open source dan pada tahun 2005 Google telah mengakuisisinya dan hingga sata ini sistem operasi yang memiliki lambang robot berwarna hijau ini makin berkembang.

Google baru saja merilis sistem operasi Android 4.2 yang masih menggunakan nama Jelly Bean untuk sebutan versi ini. Sistem operasi baru ini telah menawarkan fitur baru yang akan kami ulas di bawah ini, apa saja?

Photo Sphere
Seperti pada iOS, Android kini memiliki tool baru yang akan membantu Anda membuat gambar panorama. Dalam sistem operasi Android 4.2 ini, Anda dapat mengambil foto segala arah – perbaikan pada fitur panorama di iOS 6 – dan mereka akan disatukan ke dalam “bidang foto” yang memungkinkan seseorang untuk mengeksplorasi gambar yang Anda ambil sebagai foto dengan putaran 360 derajat . (Jika Anda pernah menggunakan aplikasi Microsoft Photosynth, kedengarannya aplikasi ini lebih banyak seperti itu.)

Gesture Typing
Banyak aplikasi keyboard pihak ketiga, seperti Swype yang menawarkan pengguna kemampuan untuk mengetik dengan menyeret jari mereka di keyboard pada layar, dan sekarang fitur ini telah hadir secara resmi ke Android. Selain itu, keyboard baru akan “mengantisipasi dan memprediksi kata berikutnya” ketika Anda berniat untuk mengetik suatu kata maka alternatif kata akan muncul sehingga Anda bisa langsung memilih kata yang disarankan bahkan tanpa perlu mengetik.

Multi-user support on tablets
Berbagi sebuah tablet Android dengan anggota keluarga akan menjadi menarik berkat adanya fitur dukungan multi-user. Nantinya setiap user dapat memiliki homescreen sendiri, background wallpaper, widget, aplikasi dan game. Peralihan antara pengguna juga akan semudah beralih antara aplikasi.

Wireless Display
Android 4.2 memiliki fitur Wireless Display, mirip dengan AirPlay Apple, yang memungkinkan Anda untuk berbagi film, klip YouTube, dan apa pun yang mungkin pada layar Anda ke HDTV. Anda hanya perlu memasang adaptor kecil ke TV yang memiliki port HDMI-enabled dan Anda sudah siap untuk berbagi konten.

Daydream
Daydream digambarkan sebagai sesuatu yang memungkinkan perangkat Android untuk “menampilkan informasi yang berguna dan menyenangkan saat idle (didiamkan) atau dipasang ke docking charge.” Kedengarannya seperti screensaver manis, dan itulah pada dasarnya.

Souped-up notifications
Menggeser bagianbawah pada perangkat Android Anda akan membuka panel notifikas. Dan sekarang Anda dapat langsung mengambil tindakan langsung dari area tersebut. Ini berarti bahwa jika Anda melihat panggilan tidak terjawab, Anda juga akan melihat tombol yang memungkinkan Anda untuk mengembalikannya.

Kapan ini akan tersedia?
Sayangnya, saat tulisan ini dibuat belum ada kabar kapan Android 4.2 akan tersedia, namun sistem operasi ini akan bisa digunakan pada sebagian besar perangkat Android yang ada saat ini, sementara kita tahu bahwa Google telah bersiap untuk meluncurkan LG Nexus 4 dan tablet Nexus 10 pada tanggal 13 November nanti, perangkat-perangkat ini akan berisi versi terbaru dari Android 4.2 Jelly Bean.

Google Nexus 4 sendiri merupakan smartphone yang dibuat oleh LG dan Google sebagai lanjutan ponsel seri Nexus yang sebelumnya dikembangkan oleh Google dan Samsung. Google Nexus 4 memiliki spesifikasi layar sebesar 4,7 inci dengan densitas 320 piksel dan diotaki dengan prosesor Quad-core 1,5GHz Snapdragon S4 serta dijejali dengan kemampuan kamera 8 megapiksel.

Sedangkan tablet Nexus 10 adalah lanjutan dari seri tablet Nexus 7, Bebeda dengan seri smartphone, tablet Nexus 10 dikembangkan oleh Google dan Samsung, perangkat tablet yang mengusung sistem operasi Android 4.2 ini menggunakan prosesor ARM Cortex A15 dengan kekuatan dual core 1,7GHz. Dengan arsitektur dan desain baru, prosesor tersebut dinilai dapat mengalahkan performa Nvidia Tegra 3 quad core dalam hasil test.

Spesifikasi lain dari tablet Nexus 10 ini meliputi layar 10 inci. kamera 5 megapixel, RAM 2GB, fitur  NFC, dan memori internal sebesar 16GB. Sayangnya, pada perangkat tablet ini tidak ada slot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan data.

Rencananya, kedua perangkat yang dijejali dengan sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean terbaru itu baru akan tersedia di pasaran pada pertengahan bulan depan.



No comments: