Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Wednesday, September 25, 2013

Perpindahan dari telinga ke pergelangan


Manusia adalah mahluk homoludens, mahluk “bermain”, dimana dengan kemampuan otaknya manusia bias berkreasi tanpa batas,dari membuat hal-hal yang sesaat terpikir tidak mungkin menjadi mungkin. Contoh kecil bahwa manusia bisa mengolah beras yang ditumbuk menjadi tepung beras dan dari tepung tersebut bisa dibuat penganan.
Alih-alih soal makanan, di dunia Teknologi Informasi (TI) manusia kini bias melahirkan banyak inovasi baru, sebut saja Apple, perusahaan yang cukup fenomenal dengan produk iPhone,iPod dan tablet iPad itu kini tengah menyiapkan perangkat baru yakni jam tangan pintar atau yang selanjutnya kita sebut sebagai smartwatch. Saat tulisan ini dibuat, jam tangan pintar (yang akan diberinama sebagai iWatch) itu belum hadir di pasaran, namun efeknya telah membuat perusahaan ikut serta dalam membuat produk serupa.

Apple memang dikenal sebagai perusahaan yang selalu membuat tred-setter. Sejak munculnya iPhone dengan antar muka layar sentuhnya, telah membuat semua pabrikan telepon seluler (ponsel) ikut juga memproduksi ponsel dengan kemapuan layar sentuh mirip iPhone. Begitu juga saat Apple memperkenalkan perangkat tablet iPad, seiring namun pasti beberapa peusahaan lain juga ikut membuat perangkat tablet yang menyerupai iPad.
Kini Apple tengah digembar-gemborkan untuk membuat sebuah jam tangan pintar iWatch yang konon kabarnya akan menjadi produk terlaris di masa depan, belumlah perangkat iWatch tersebut hadir dipasaran, sejumlah produsen telah lebih dulu menghadirkan jam tangan pintar (Smart watch) buatannya.
Salah satu perusahaan itu adalah Samsung yang kini telah menghadirkan jam tangan pintar dengan nama Samsung Galaxy Gear. Sejatinya ini adalah sebuah gadget yang bias dihubungkan dengan ponsel Samsung lainnya untuk kemudian menjadikan ponsel ini sebagai companion (teman) untuk sebuah ponsel atau perangkat tablet Anda.
Tidak hanya Samsung, beberapa perusahan lain juga telah memproduksi perangkat smartwatch, sebut saja seperti Sony, Pebble Watch, MetaWatch, Cookoo, Citizen, Casio, dan Microsoft telah membuat produksmartwatch mereka masing-masing. Bahkan Google baru-baru ini telah mengakuisisi WIMM Labs sebuah perusahaan pembuat jam tangan berbasis Android dan akuisisi ini bertujuan agar Google bias bersaing dengan Samsung Galaxy Gear di pasar Smartwatch.
Namun apa yang ditawarkan oleh Samsung dan Apple bukan hanya sekedar smartwatch, karena perangkat jam tangan tersebut lebih merupakan sebuah perangkat telekomunikasi yang bias berjalan mandiri, allih-laih sebagai jam tangan, smartwatch buatan Samsung dan Apple ini lebih tepat disebut sebagaiwearable PC, karena jam tangan tersebut bisa memberikan informasi kepada penggunanya layaknya sebuah computer yang dikenakan ke pergelangan tangan, iWatch buatan Apple atau Galaxy Gear buatan Samsung juga merupakan sebuah ponsel yang hisa digunakan untuk melakukan komunikasi baik suara maupun data, sehingga saat ini komputer dan ponsel tidak lagi harus melulu digunakan di telinga namun bisa juga digunakan di pergelangan tangan penggunanya.
Mungkin masih terlalu awal bagi kita untk memprediksi bagaimana peluang perangkat tersebut bisa diterima oleh masyarakat secara luas, beberapa pengamat melihat bahwa memindahkan ponsel menjadi jam tangan bukanlah ide menarik karena pendekatan ponsel dan jam tangan sangatlah berbeda, namun di sisi lain, ini memberikan sedikit keuntungan bagi mereka yang ingin selalu terhubung dengan informasi dimana dengan menempatkan sebuah ponsel di pergelangan tangan maka akan lebih mudah melihat notofikasi pada jam tangan ketimbang harus merogoh tas atau saku hanya sekedar melihat siapa yang memberi Like di status Facebook kita.
Sasat tulisan ini dibuat, Samsung Galaxy Gear tengah dipamerkan pada ajang IFA 2013 yang berlangsung di Berlin, ini adalah sebuah pameran consumer electronics terbesar yang diadakan di kawasan Eropa, dan Samsung Galaxy Gear telah menjadi pusat perhatian, terlebih karena Samsung juga merilis ponsel Samsung Galaxy Note 3 yang digadang-gadang menjadi ponsel masterpiece Samsung saat ini.
Berikut adalah spesifikasi dari Samsung Galaxy Gear :
Here’s the reported spec list for the Galaxy Gear:
  • 2.5-inch OLED display with 320-by-320 resolution
  • 1.5 GHz dual-core processor
  • 1 GB of RAM
  • 4-megapixel camera with 720p video capture
  • Speakers, accelerometer, Bluetooth 4.0
  • Android Jelly Bean
  • 10 hours of battery life
Menurut kabarnya, Samsung akan menyediakan dua buah opsi harga untuk perangkat ini, harga $100 – $200 USD untuk peragkat smartwatch versi Lite dan harga $400 - $500 USD untuk versi premium.

No comments: