Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Thursday, January 02, 2014

Mencoba aplikasi Turses, Twitter klien untuk Linux terminal



Liburan akhir tahun 2013 telah membuat saya banyak waktu untuk ngoprek komputer di rumah, ya karena cuaca selalu mendung membuat saya betah tingal di rumah besama keluarga, iseng-iseng saya coba cari aplikasi menarik untuk Linux, dari hasil browsing saya mendapatkan beberapa aplikasi untuk di Install di laptop ThinkPad X200 yang saya pasangi Zorin OS. Salah satu aplikasi yang menurut saya menarik adalah Turses.

Jujur saja, saya tidak paham dengan Linux, belakangan saya sering menggunakan Linux hanya sebatas untuk browsing dan kegiatan untuk online saja serta menulis draft untuk blog, karena ketidak tahuan saya tentang Linux membuat saya ingin terus menggali Linux lebih dalam hingga saya bertemu dengan Turses, aplikasi Twitter klien yang berjalan di Linux terminal.

Setelah saya berhasil mengunduh aplikasi Turses, awalnya saya cukup kesulitan untuk menginstallnya hingga saya harus browsing untuk mendapatkan solusinya, langkah yang diberikan di website tempat mengunduh aplikasi Turses serasa kuranglengkap (atau memang saya yang terlalu oon), hingga akhirnya saya menemukan website lain yang menjelaskan cara menginstal turses.

Akhirnya, Turses berhasil saya install dan mencoba melakukan Twit pertama saya menggunakan Turses. Sebenarnya ada beberapa klien Twitter berbasis text di Linux salah satunya adalah TTYtter yang bisa langsung di instal dari Application Center namun Turses terlihat lebih menarik karena ditmpilkan denganwarna warni dan halaman bantuan (help page) yang bisa diakses dengan mengetik tanda "?".

Setelah aplikasi Turses behasil di install kita bisa mengubah beberapa parameter di  file “~/.turses/config”, saya mencoba untuk mengganti penggunaan tombol panah atas, bawah, kiri dan kanan untuk memudahkan saya melakukan navigasi pada aplikasi Turses dengan mengubah parameter up = up, down = down, left = left dan right = right. Sehingga proses navigasi jadi lebih mudah ketimbang harus menggunakan huruf H,J,K dan L :)

Mau coba install Turses? silahkan ikuti langkahnya di website ini.
http://linuxaria.com/recensioni/turses-a-ncurses-client-for-twitter?lang=en


No comments: