Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Tuesday, June 24, 2014

BlackBerry Z3, ponsel yang ramah aplikasi Android


BlackBerry kembali merilis smartphone unggulannya di Indonesia, setelah sebelumnya merilis BlackBerry 9790 atau yang disebut juga sebagai BlackBerry Bellagio, yang diluncurkan pertama kali di Indonesia sebagai negara pertama yang mendapatkan perangkat ini, kini BlackBerry kembali merilis ponsel terbarunya yakni BlackBerry Z3 dan memilih Indonesia sebagai negara pertama di Asia Tenggara yang dijadikan tempat peluncurannya.


Pemilihan negara Indonesia tentu bukan tanpa alasan, perangkat BlackBerry Z3 itu sendiri memiliki kode nama "Jakarta", penamaan nama Ibu Kota Indonesia ini adalah karena BlackBerry terinspirasi oleh para pengguna produk ponsel BlackBery di Indonesia yang menjadikan BlackBerry sebagai perangkat yang paling populer, baik dari kalangan profesional mapun di kalangan para remaja dan pelajar.

Sayapun bekesempatan untuk mencoba perangkat BlackBerry Z3 ini dan mencoba semua fitur yang ada. Kesan pertama begitu menggoda selanjutnya saya makin cinta dengan perangkat ini, bagaimana tidak, layarnya yang besar sangat nyaman untuk digunakan mengetik maupun browsing Internet, dan hebatnya, ponsel BlackBerry Z3 ini bisa menjalankan aplikasi Android yang berekstensi .APK, sayapun bisa menjalankan aplikasi favorit saya seperti Instagram, AirDroid, Cymera, Pocket, Path, JuiceSSH, WordPress Mobile, dan asyiknya ternyata aplikasi Flipboard kini telah resmi hadir sebagai aplikasi native di BlackBerry 10.

Review singkat saya seputar BlackBerry Z3 bisa anda baca pad aartikel di bawah ini :

Indonesia telah kembali menjadi negara pertama peluncuran produk ponsel BlackBerry setelah sebelumnya BlackBerry 9790 Bellagio diluncurkan pertama kali untuk kawasan Asia Pasifik di Jakarta pada November 2011 lalu. Dan Kini BlackBerry Z3 telah menjadi produk yang pertama kali diluncurkan di Indonesia.
BlackBerry Z3 telah menjadi produk unggulan yang diberinama “Jakarta”, penamaan nama kode “Jakarta” muncul karena pihak BlackBerry terinspirasi oleh pengguna BlackBerry Indonesia yang masih setia denga perangkat dan layanan BlackBerry hingga saat ini.

BlackBery Z3 memiliki bentuk yang sangat ramping, dengan dimensi 140 x 72.8 x 9.3 mm, membuat ponsel ini terlihat modis dan menarik, dengan bahan body berbahan plastik membuat ponsel ini terasa ringan ketika dingenggam. Penggunaan bahan pastik ini juga menjadi alasan agar ponsel yang di-buat oleh pabrikan Foxconn ini bisa ditawarkan dengan harga murah, karena memang ponsel BlackBerry Z3 ditujukan untuk pengguna menengah ke bawah.

foto

Berikut ini adalah spesifikasi teknis dari BlackBerry Z3 :
Nama Resmi    : BlackBerry Z3 (codename 'Jakarta')
tahun rilis   : February 2014
Layar         : 5 inci, 960x540 (220 ppi)
Form factor   : Layar sentuh
Prosesor      : Qualcomm Snapdragon 400, dual-core Cortex A7 1,2 GHz
Grafis        : Adreno 305
RAM           : 1,5 GB
Memory RAM    : 8 GB, dukungan slot microSD maksimal 64Gb
Kamera Depan  : 1,1 megapixel
Kamera Belakang : 5 megapixel autofokus dengan lampu kilat LED, geo-tagging
Kartu SIM     : Micro-SIM
Jaringan ponsel : 2G (GSM 850 / 900 / 1800 / 1900)
3G (HSDPA 900 / 1900 / 2100)
Koneksi       : Bluetooth 4.0, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot, NFC
Sistem operasi: BlackBerry OS 10.2.1
Sensors      : Accelerometer, proximity
Messaging    : SMS, MMS, Email, Push Email, IM, BBM 6
Browser      : HTML5
Radio         : FM radio
GPS          : A-GPS support
Java         : MIDP 2.1
Warna        : Hitam
Dukungan lainnya :
- Active noise cancellation with dedicated mic
- HDMI port
- SNS integration
- BlackBerry maps
- Organizer
- Document viewer
- Photo viewer/editor
- Video editor
- MP3/WAV/eAAC+/FlAC/WMA player
- MP4/H.263/H.264/WMV player
- Voice memo/dial
- Predictive text input

Baterai      : Non-removable Li-Ion 2500 mAh
Harga        : Rp. 2,200,000 (harga per Mei 2014)

foto

Kemasan:
BlackBerry Z3 memiliki kemasan yang sangat simple berukuran kecil, sepertinya model kemasan ini mengikuti disain kemasan jajaran BlackBerry 10 lainnya, di dalamnya terdapat buku petunjuk singkat, kabel data, charger, dan headset stereo dimana khusus untuk aksesoris headset tersebut tertulis “made in Indonesia” sedangkan untuk chargernya tertulis “made in India” sedangkan kabel USB nya tertulis “made in China”. Disain dari kemasan Z3 terlihat sangat elegan dengan paduan warna hitam dan biru langit dimana ini menjadi warna khas untuk kemasan jajaran ponsel BlackBerry 10.

Hardware
Seperti yang telah kami tulis pada bagian awal artikel ini, BlackBerry Z3 menggunakan casing berbahan plastik, dimana ini menjadikan ponsel BlackBerry Z3 memiliki bobot yang relatif ringan dengan hanya 164 gram saja, perlu kita ketahui bahwa perangkat BlackBerry Z3 merupakan perangkat BlackBerry yang dibuat oleh pabrikan Foxconn, dimana ini adalah pabrikan yang sama yang membuat manufaktur untuk komponen produk-produk Apple seperti iPad, dan iPhone dan produk Apple lainnya, selain itu ponsel BlackBerry juga memiliki konstruksi yang cukup kokoh, sayangnya ponsel ini menggunakan baterai yang tidak bisa dilepas, sehingga pengguna tidak bisa mengganti baterai sendiri.

Pada bagian depan ponsel ini tidak memiliki tombol sama sekali, bagian depan ponsel ini didominasi dengan layar yang begitu lebar, proses navigasi pada BlackBerry Z3 hampir sama dengan BlackBerry PlayBook tablet, pengguna cukup mengusap layar dari bawah ke atas untuk menutup aplikasi, menggeser jari dari atas ke bawah untuk membuka menu, atau mengeser latar dari kanan atau kekiri untuk berpindah aplikasi, beberapa gerakan gestur lainnya bisa dilakukan saat pengguna berada pada menu BlackBerry Hub, “mencubit” layar pada tampilan Hub akan menampilkan semua pesan yang belum dibuka, dan membuka cubitan layar di layar Hub akan mengembalikan layar pada tampilan semua pesan, gerakan “mencubit” layar ini juga bisa dilakukan saat pengguna menampilkan gambar di Gallery atau merubah tampilan zoom saat pengguna berada di layar Internet browser. Pada bagian depan atas ponsel ini terdapat speaker untuk bertelepon yang diapit dengan kamera depan dibagian kiri dan lampu indikator dibagian kanannya.


Pada bagian belakang, ponsel ini dibalut dengan casing plastik yang memiliki pola, sehingga akan sangat nyaman digenggam, dibagian sudut kiri atas bagian belakang ponsel ini terdapat kamera 5 megapiksel serta lampu kilat LED (bagian kamera akan kami ulas kemudian). Di bagian tengah terdapat logo BlackBerry berwarna chrome dan merupakan perpaduan yang menunjukan kesan bahwa BlackBerry Z3 terlihat begitu elegan dan gagah. Sedangkan pada bagian bawah di belakang ponsel ini terdapat speaker phone yang diletakan agak ke samping, speaker ini juga sangat keras dan sangat lembut ketika digunakan untuk mendengar musik tanpa perangkat headset.

Tidak ada yang istimewa pada bagian atas ponsel ini, hanya sebuah slot audio jack berukuran 3,4mm untuk memasang headset, sedangkan dibagian bawahnya juga hanya memiliki satu buah port mini USB yang digunakan untuk mengisi ulang baterai dan mentransfer data ke PC.

Ponsel BlackBerry Z3 tidak memiliki baterai yang bisa dilepas, karena itu pihak disainer BlackBerry menempatkan slot microSD dan mini-SIM card berada dibagian samping kanan ponsel ini, kedua port tersebut diletakan berdekatan dan ditutup dengan karet penutup untuk mencegah masuknya debu atau cipratan air.

Sedangkan pada bagian sisi kiri ponsel ini terdapat tombol power yang berfungsi juga sebagai pengunci layar dan tombol volume, penempatan tombol ini berbeda dengan BlackBerry Z10 dimana tombol power dan volume diletakan berada pada sisi kanan BlackBerry Z10.

Secara keseluruhan, body BlackBerry Z3 memiliki disain yang sedikit kaku dengan model kotak, berbeda dengan ponsel BlackBerry Z10 dan Z30 yang memiliki sudut yang agak membulat, namun bentuk kotak ini yang memberikan kesan kokoh dan gagah sehingga BlackBerry Z3 terlihat seperti ponsel yang memang dikhususkan untuk kaum adam terlebih dengan balutan warna hitam yang sangat menguatkan kesan elegan.\

Ponsel BlackBerry Z3 diotaki dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 400, dual-core Cortex A7 yang berlari pada kecepatan 1,2GHz, sehingga untuk menjalankan aplikasi harian ponsel ini terbilang cukup tegas, dengan dukungan grafis Adreno 305 ponsel ini juga mampu menampilkan gambar yang sangat indah, kami mencoba untuk memainkan beberapa game yang memiliki tampilan cukup kompleks seperti Angry Birds Go, hasilnya game tersebut bisa dimainkan secara smooth dan sangat responsif.

Sistem Operasi
IMG_20140623_142411

Hal yang menarik dari perangkat BlackBerry Z3 adalah penggunaan sistem operasi BlackBerry OS 10.2, dimana sistem ini juga akan langsung memeriksa update terbaru ketika perangkat pertama kali diaktifkan, kami mendapati adanya update ke BlackBerry OS 10.2.12941 ketika pertama kali perangkat ini diaktifkan. Yang menjadi menarik adalah bahwa BlackBery Z3 ini telah sepenuhnya mendukung aplikasi Android yang ber-ekstensi .APK sehingga ketika kami mencoba memasukkan file .APK, file tersebut langsung diinstal sebagai aplikasi yang bisa langsung dijalankan.

Walaupun ada beberapa aplikasi yang tidak bisa berjalan dengan baik (khususnya beberapa aplikasi layanan Google yang mengharuskan pengguna memasukan akun Google sebelum menggunakan aplikasi tersebut), pada umumnya aplikasi Android dapat dijalankan dengan baik, beberapa aplikasi Android yang kami coba adalah Instagram, Cymera, InstaWeather, Juice SSH, WordPress Mobile dan Pocket.

IMG_20140623_100319IMG_20140623_100615

Aplikasi
BlackBerry OS 10 telah menawarkan tampilan dan aplikasi yang menarik, saat pertama kali booting, logo animasi terlihat lebih menarik dengan Logo BlackBerry warna biru dimana ketika logo tersebut disentuh, maka tampilan akan berubah menjadi angka persentase yang menunjukan proses booting tersebut. BlackBerry telah melakukan banyak perubahan pada sistem operasi yang menggunakan core QNX ini, sebelumnya perangkat tablet BlackBerry (yang juga sama-sama menggunakan QNX sebagai core aplikasinya) memiliki waktu booting yang lebih lama, namun pada BlackBerry OS 10, proses booting menjadi sangat singkat dan informatif.

Beberapa aplikasi menarik telah dihadirkan sebagai aplikasi default, salah satu aplikasi yang menurut kami paling menarik adalah Storu Maker, dimana pengguna bisa membuat video klip dari kumpulan foto atau video yang diambil dengan ponsel ini. Penggunaan aplikasi ini juga sangat mudah sehingga kami memastikan bahwa siapa saja bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat video klip keren.

BlackBery OS 10 juga telah dilengkapi dengan aplikasi DocToGo, Drop Box dan Evernote yang telahtersedia untuk pengguna, yang menarik adalah aplikasi DocToGo dimana aplikasi ini telah tersedia secara penuh sehingga pengguna bisa membuat file baru seperti dokumen, lembar kerja dan juga presentasi yang semuanya kompatible dengan program Microsoft Office, sehingga kita bisa memindahkan file-file tersebut dari ponsel ke komputer ataupun juga sebaliknya.

Keyboard
Tampilan on screen keyboard dari BlackBerry OS 10 ini cukup nyaman terlebih karena jarak antara hurup dibuat agak berjauhan, sehingga proses pegetikan terasa lebih mudah, dalam beberapa menit saja jari kami langsung bisa menyesuaikan dengan keyboard yang ada. Ketika ponsel dibalik maka otomatis layar pun akan secara otomatis melakukan rotasi (fitur ini dapat dimatikan melalui pengaturan), sehingga tampilan keyboard juga akan menyesuaikan dan lebih lebar. Satu hal yang menurut kami sedikit mengganggu adalah bahwa keyboard ini selalumenampilkan hurufkapital dna tidak ada perubahan huruf yang terjadi ketika pengguna menekan tombol Shift. Semoga fitur ini diperbaiki pada update OS mendatang.
IMG_20140623_153403
IMG_20140623_153539
IMG_20140623_101056IMG_20140623_101102
IMG_20140623_100328IMG_20140623_101519
IMG_20140623_101335IMG_20140623_100448

BlackBerry Messenger
Aplikasi chatting BlackBerry Messenger atau yang sering kita sebut dengan BBM adalah salah satu aplikasi messaging (pesan instant) unggulan yang dimiliki oleh BlackBerry, karena itu sejak beberapa waktu lalu, aplikasi ini tersedia juga untuk platform Android dan iOS sehingga penetrasi pengguna BBM kini semakin meningkat. BBM kini telah menjadi trend bagi para pengguna ponsel, trerlebih dengan hadirnya beberapa layanan yang ditambahkan pada aplikasi ini seperti BBM Money dan BBM Channel, keduanya merupakan layanan yang diberikan oleh BlackBerry dimana BBM Money adalah merupakan layanan finansial yang memungkinkan pengguna bisa mengirimkan uang dan bertransaksi melalui platform BBM, adapun untuk BBM Channel merupakan sebuah layanan informasi yang bisa diakses melalui BBM, perusahaan besar maupun individu dapat menggunakan BBM Channel ini untuk sarana promosi mereka dengan sentuhan yang lebih terkesan personal.

Kami membandingkan aplikasi BBM yang ada pada perangkat BlackBerry dengan BBM untuk Android, dan ternyata ada banyak perbedaan pada bagian BB Setting di masing-masing versi, kami melihat bahwa pengguna ponsel BlackBerry memiliki opsi yang lebih banyak untuk mengatur aplikasi BBM dibanding dengan aplikasi BBM di Android. salah satu contohnya adalah adanya menu ‘Delete Chat History’ yang ada pada perangkat BlackBerry dimana tombol ini berfungsi untuk menutup semua obrolan yang telah dibuka, fitur tersebut tidak ada pada aplikasi BBM untuk Android.
BBM Setting BlackBerry
BBM Setting Android
BBM Setting Android
Baterai
BlackBerry Z3 menggunakan kapasitas baterai 2500 mAh ini, kapasitas ini lebih besar dari ponsel BlackBerry Z10 yang hanya memiliki kapasitas 1800 mAh saja, dari pengalaman kami, penggunaan ponsel yang terbilang intensif tidak banyak menurunkan baterai dalam waktu cepat, ponsel dapat digunakan seharian penuh dengan penggunaan akses data menggunakan jaringan selular maupun WiFi bergantian untuk berinteraksi melalui jaringan sosial media seperti Facebook dan Twitter serta sesekali melakukan browsing, lebih sering melakukan chatting menggunakan BBM dan menerima beberapa e-mail, ponsel BlackBerry Z3 mampu bertahan dari pukul 8 pagi hingga pukul 10 malam.

Kamera
Aplikasi Kamera pada ponsel BlackBerry Z3 sama sengan fitur kamera yang ada pada perangkat BlackBerry 10 lainnya, namun fitur ini jelas sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan fitur kamera pada BlackBerry OS sebelumnya, pada BlackBery OS 10, pengguna ditawarkan dengan menu Edit dimana kita dapat mengedit foto mulai dari melakukan Crop, merubah Filter, mengatur Brightness atau menambahkan efek lainnya.

IMG_20140623_100211

BlackBerry memiliki kamera dengan kemampuan 5 megapixel dengan autofokus, keberadaan lampu kilat juga cukup membantu ketika mengambil gambar dalam kondisi gelap, kenapa kami menulisnya dengan kata “cukup”, ya karena fitur LED kamera BlackBerry Z3 tidak dapat menghasilkan gambar yang terlalu bagus ketika mengambil gambar dalam keadaan gelap, dengan bantuan lapu kilat, gambar yang dihasilkan memuculkan efek kenuningan.

Kamera depan dari ponsel BlackBerry Z3 walaupun memiliki resolusi 1,1 megapixel, namun sudah lebih dari cukup untuk mengambil foto selfie ataupun digunakan melakukan obrolan video menggunakan BBM Video.
Berikut adalah beberapa foto yang diambil dengan kamera BlackBerry Z3:
IMG_20140622_170038
IMG_20140623_092923
IMG_20140623_092839

IMG_20140622_194213

Aksesoris tambahan (optional), BlackBerry Z3 memiliki fitur Bluetooth 4.0 sehingga ponsel ini bisa dipasangkan dengan aksesoris Bluetooth lain seperti headset Bluetooth, Jam tangan pintar Pebble (untuk terhubung ke Pebbel, membutuhkan aplikasi pihakketiga bernama pBBl Apps), mouse dan Keyboard Bluetooth. Kami mencoba untuk memadukan BlackBerry Z3 ini dengan Palm Wireless Keyboard menggunakan koneksi Bluetooth dan ternyata keduanya bisa berkomunikasi dengan baik tanpa membutuhkan driver.

Z3-10

Kesimpulan:
Perangkat BlackBerry Z3 merupakan ponsel BlackBerry 10 yang sangat pas bagi semua pengguna, terlebih karena harganya yang relatif terjangkau, pada awal peluncurannya ponsel ini ditawarkan dengan harga Rp. 2,2 juta namun saat kami menulis artikel ini, harganya mulai menaik hingga menyentuh harga 2,6 juta. Body plastik dan disain kotak mengesankan bahwa ponsel ini begitu elegan, sayangnya BlackBerry Z3 hanya tersedia dalam warna hitam sehingga lebih terkesan bahwa ponsel ini memang ditujukan untuk kaum Adam. Ukuran layar yang besar cukup nyaman bagi pengguna untuk mengetik maupun browsing, fitur layar sentuhnya cukup responsif dan prosesornya cukup gegas, baterai yang besar membuat ponsel BlackBerry Z3 pantas untuk kita pilih.

Kelebihan
+ Harga relatif  murah
+ Kualitas body kokoh
+ Mendukung aplikasi Android file .APK

Kekurangan
- Baterai tidak bisa dilepas
- Tidak ada indikator Shift/caps Lock pad keyboard

No comments: