Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Saturday, May 19, 2007

Hilal dan MegaClock 1.9 di Palm

Setiap menjelang Ramadhan berakhir, terkadang muncul perbedaan pendapat diantara kaum muslimin mengenai datangnya hilal (kemunculan Bulan saat pergantian dari bulan Ramadhan ke Syawal) dan dengan munculnya bulan (Hilal) tersebut atinya kaum mulimin bisa mengakhiri puasa dan melaksanakan Idul Fitri.

Seperti yang terjadi pada Ramadhan tahun lalu, bahwa pada Minggu 22 Oktober 2006, selepas maghrib Pemerintah mengumumkan bahwa Idul Fitri dilaksanakan tetap pada tanggal 24 Oktober setelah melihat hasil dari para ahli hilal, bahwa pada saat itu tidak melihat adanya hilal. Namun bagi kaum Muhammadiyah, lebaran tetap dilaksanakan pada hari Senin 23 Oktober 2006. Saya tidak akan menanggapi perbedaan tersebut.

Namun pada aplikasi MegaClock di Palm, saya melihat adanya aplikasi yang bernama Moon Phases, disana digambarkan fase-fase bulan selama sebulan penuh. Ribut-ribut mengenai hilal saya melihat pada aplikasi Moon Phase di MegaClock pada Minggu siang dan melihat bahwa bulan benar-benar tidak tampak. Pada Aplikasi tersebut tertulis nama fase: New Moon dengan visible 0%, sementara umur bulan pada tanggal 22 Oktober 2006 jam 1:13:45pm adalah 0 hari 0jam 57menit, sementara jarak dari bumi adalah 403179 km.


Sebaliknya pada hari Senin tanggal 23 Oktober 2006 jam 1:38:28pm penampakan bulan sudah mencapai 1%, fase ini dinamakan waxing crescent, dengan umur 1 hari 1jam 22menit dan jarak dari bumi adalah. 401013 km.
Terlepas dari semua itu, pada intinya semua ini tergantung dari keyakinan kita masing-masing, dimana perbedaan pendapat mengenai pelaksanaan Idul Fitri bagi kaum muslim adalah sebuah khasanah yang harus kita terima.[]

No comments: