Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Saturday, May 19, 2007

Trik sederhana memantau koneksi server

Ketika saya ditugaskan untuk mengelola jaringan di tempat kerja, saya mulai belajar untuk menggunakan Aplikasi Linux Console mode karena memang server nya menggunakan Linux turunan Knoppix, setelah itu saya mulai teringat ketika beberapa tahun lalu saya pernah membaca di sebuah artikel bahwa sebuah server sebenarnya bisa dioperasikan secara remote. Alih-alih mengoperasikan server secara remote, mengoperasikan console Linux-pun saya masih tergagap-gagap dan masih harus ditemani oleh "buku primbon" yang beberapa tahun lalu saya beli dan mulai terasa manfaat buku tersebut ketika saya mendapat tugas ini.

Namun jika hanya sekedar untuk memeriksa jaringan koneksi lancar atau tidak, saya cukup menggunakan aplikasi messenger yang saya instal pada server, karena Linux yang saya gunakan adalah Depdiknux (distro turunan Knoppix yang dibuat khusus oleh Depdiknas bagi sekolah-sekolah yang tergabung dalam Jardiknas dan dikelola oleh ICT Center di kota masing-masing), maka aplikasi messenger yang saya gunakan tentu harus berbasis text user interface.

Dengan aplikasi CenterICQ (yang belakangan namanya berubah menjadi CenterIM), selain saya bisa melakukan instant messaging dengan para pengguna Yahoo Messenger, ICQ, AOL dan juga MSN, saya juga bisa memeriksa koneksi jaringan koneksi server yang saya kelola, kok bisa?, ya sederhana saja, dengan mengaktifkan dua buah account Yahoo Messenger (YM), yang salah satunya dijalankan di server dan satu lagi saya jalankan di PDA, sehingga jika saya sedang berada jauh dari kantor saya bisa memeriksa melalui PDA, jika account YM yang dipasang pada server tampil di PDA berarti jaringan memang sedang bagus dan sebaliknya jika account YM yang dipasang diserver tidak tampil pada layar PDA berarti telah terjadi sesuatu dengan koneksi server di kantor saya. Sayangnya saya belum bisa melakukan perbaikan secara remote terhadap server tersebut.

Jika ada rekan-rekan pembaca yang mengetahui bagaimana cara melakukan remote ke server, mohon untuk menghubungi saya secara japri di rosgani(at)gmail(dot)com, terima kasih yaaa []

3 comments:

susiloharjo said...

kalo ngga salah sih pak, ini kalo ngga salah lho :), di servernya aplikasi telnetnya diaktifkan jadi nanti bisa diremote lewat putty r apalah yang biasa digunakan buat ngeremote :)

Dudidam said...

yup seperti itu. atau daftarin di dyndns kalo gak punya IP public. trus aktifkan SSH server. jangan yang telnet. gak aman.

rosgani said...

Wow terima kash Mas Susilo dan Mas Dudi atas sarannya, setelah saya tanyakan ke provider saya, ternyata memang gak bisa, karena memang gak pake IP Public selain itu ini khan jaringan Jardiknas yang pake Firewall, mereka menutup akses SSH dari luar kecuali kalo memang dari Jaringan sendiri. Eniwaei Thanks for masukkannya..Ssalam