Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Thursday, January 07, 2010

200 juta penduduk Indonesia belum melek Internet

Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) memperkirakan saat ini masih terdapat lebih dari 200 juta penduduk di Indonesia yang belum melek internet.

"Oleh karena itu kami targetkan agar hingga tahun 2015 nanti jumlah pengguna internet harus sudah separuh penduduk atau sekitar 117 juta orang," kata Direktur Pemberdayaan Telematika Ditjen Aplikasi Telematika Depkominfo Azkar Badri di Palangkaraya, sesuai yang kami kutip dari Antara News Kamis, 7 Januari 2010.

Azkar Badri mengatakan, kondisi saat ini dari seluruh penduduk Indonesia yang berjumlah sekitar 230 juta orang, baru 20 juta orang diantaranya yang telah mendapat akses internet.

Sementara sekitar 200 juta hingga 210 juta penduduk lain masih belum dapat menikmati akses internet karena kendala wilayah maupun pengetahuan yang terbatas.

Sehingga untuk menuntaskan target lima tahun mendatang itu, setiap tahun setidaknya diperlukan perluasan akses internet agar mampu menjangkau lebih 20 juta penduduk.

"Ini perjalanan panjang, dan sekarang ini pemerintah sudah mencoba membangunkan Palapa Ring yang bisa mencakup Papua sampai Aceh. Selain itu, ada juga program desa berdering, desa pintar punya internet, dan program lain," jelasnya.

Depkominfo juga meminta komitmen dan "political will" dari pemerintah daerah untuk mendukung perluasan akses internet itu mengingat pemda lebih mengetahui kondisi warga di wilayah masing-masing.

Selain itu juga dukungan dari pihak swasta dan para pengembang operator sangat diperlukan untuk mensukseskan target jangkauan akses internet hingga 50 persen penduduk Indonesia.

Azkar juga berharap, pencapaian target 50 persen akses internet itu tidak dicapai dengan kondisi timpang antardaerah, misalnya hanya memprioritaskan wilayah padat penduduk.

"Misalnya di Kalteng yang pedalaman juga harus mampu mencapai target 50 persen warganya," tambahnya.[]

[antaranews]

No comments: