Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Monday, January 03, 2011

Akankah 4G LTE segera hadir di Indonesia?


Mungkin pertanyaan pada judul di atas juga muncul di fikiran sebagian pembaca lain, terutama bagi mereka yang sering menggunakan akses mobile Internet untuk bekerja atau sekedar surfing di Internet melalui gadget kesayangan mereka.


Di Indonesia sendiri saat ini memang ada operator selular yang telah melakukan uji coba untuk layanan 4G LTE ini, namun sepertinya penggunaan dan penerapan aplikasi LTE di Indonesia masih jauh dari realisasi, pasalnya operator tentu membutuhkan biaya yang  tidak sedikit untuk mengupgrade infrastrktur yang ada.


Sementara, sedikit keluar dari pembahasan soal 4G LTE, saat ini tidak semua operator selular menyediakan jaringan 3G secara merata, sebagian besar operator hanya menyediakan jaringan 3G di kota-kota besar saja. Hal itu memang masuk di akal karena pengguna jaringan 3G yang ada kebanyakan memang di kota-kota besar. Walaupun begitu bukan berarti para pengguna 3G di pelosok tidak ada.

Saya sendiri tinggal di daerah yang tidak terlalu jauh dengan kota yang sering mendapat julukan Paris Van Java (baca: Bandung), dengan hanya berjarak kurang lebih 60 KM dari Utara Bandung, di kota saya saat ini hanya ada dua operator saja yang menyediakan akses 3G, itupun salah satunya masih terlihat malu-malu sehingga jaringannya lebih sering menampilkan GPRS/EDGE saja.

Jadi bagaimana dengan jaringan LTE?, jika membaca paragraf diatas sepertinya harapan untuk bisa mendapatkan jaringan mobile Internet supercepat itu seakan terasa semakin jauh?. Tapi tunggu dulu, saya justru malah optimis bahwa kemungkinan besar LTE bisa hadir di Indonesia lebih cepat. Karena tidak ada aturan dimana operator harus menyediakan akses 3G terlebih dahulu sebelum 4G. Bukankah begitu?

Operator bisa saja langsung “naik kelas” ke 4G jika memang pasar penggunanya telah lebih memungkinkan untuk 4G, ketimbang operator tersebut harus mengeluarkan biaya untuk jaringan 3G yang sudah mulai ditinggalkan, tidak menutup kemungkinan mereka langsung membangun jaringan 4G di Indonesia. Iya khan?

Anehnya, saya kok merasa optimis dengan kehadiran 4G ini, karena para pengguna di Indonesia saat ini sudah semakin paham dengan koneksi mobile Internet, terlebih dengan kehadiran layanan di ponsel mereka seperti Facebook Mobile, BlackBerry Messenger, instant messenger dan Opera Mini, sepertinya masyarakat kita memang tidak terlalu ketinggalan dengan keberadaan teknologi mobile ini, terutama mereka yang berada pada rentang usia antara 7 hingga 40 tahun.

Selain itum, keberadaan perangkat ponsel yang dibuat oleh para produsen seperti halnya HTC, BlackBerry, Apple, Samsung dan yang lainnya juga akan memicu perkembangan hadirnya LTE di Indonesia. Sebut saja seperti iPad 2, GalaxyS2 dan Tab 2, perangkat ini disinyalir akan lebih membutuhkan koneksi Internet dengan infrastruktur lebih tinggi. Dari kubu HTC kita bisa melihat ponsel HTC Thunderbolt yang telah melengkapinya dengan koneksi LTE, belakangan Motorola juga telah menyiapkan tablet Droid XOOM yang juga menggunakan jaringan LTE sebagai koneksi data ke Internet.

Tentu ini masih belum bisa di prediksikan secara dini karena operator memerlukan evaluasi dan dana bear untuk menerapkan teknologi ini, namun keberadaan perangkat-peragkat ponsel atau gadget yang mendukung LTE akan lebih mempercepat penetrasi LTE di Indonesia, semoga…[Q]

Artikel ini merupakan sebuah opini pribadi, silahkan kirim komentar, kritik atau saran Anda untuk tulisan ini.

2 comments:

joe said...

salam kenal, kunjungan perdana

Gayuh Nugroho said...

Semoga LTE segera datang ke INDONESIA