Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Friday, January 21, 2011

Larry Page menjadi CEO Google gantikan Eric Schmidt


Larry Page yang dikenal sebagai pendiri perusahaan mesin pencari Google kini telah beralih tugas menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) menggantikan Erics Schmidt yang sebelumnya telah 10 tahun bertugas menjadi CEO untuk Google yang kini telah bermetamorfosis menjadi perusahaan multibisnis di dunia Internet.

Sebelumnya, Google memang telah dinahkodai oleh tiga serangkai yakni Larry Page, Eric Schmidt dan Sergey Brin yang ketiganya sangat berperan penting di Google, namun kondisi web saat ini telah mendorong Google untuk mengadakan restrukturisasi terutama pada pucuk pimpinan mereka.


Ini, tampaknya, merupakan bagian dari restrukturisasi di bagian paling atas di mana ‘tiga serangkai’ yang berkuasa di Google akan mendapatkan peran lebih jelas. Sedangkan Schmidt akan terus berada di Google untuk menjabat sebagai Executive Chairman dan akan fokus pada hubungan eksternal dan kemitraan.

“Seperti yang kita lihat bahwa Google telah tumbuh, mengelola bisnis ini menjadi lebih rumit Jadi Larry, Sergey dan Saya telah berbicara untuk waktu yang lama tentang cara terbaik untuk menyederhanakan struktur manajemen kami dan mempercepat proses pengambilan keputusan dan selama liburan kami memutuskan sekarang adalah saat yang tepat untuk membuat beberapa perubahan dengan cara struktur kita” demikian yang ditulis oleh Eric Schmidt saat dirinya masih menjabat sebagai CEO di Google.

“Larry sekarang akan memimpin pengembangan produk dan strategi teknologi, kekuatan yang terbesar, dan dimulai sejak tanggal 4 April nanti ia akan mengambil alih operasi kami sehari-hari sebagai Google Chief Executive Officer,” katanya.

Eric Schmidt menjadi CEO Google pada tahun 2001 ketika ia mengambil alih dari Larry Page, ini cukup menarik. Pada saat perusahaan tersebut berkembang pesat dan membutuhkan seorang eksekutif yang berpengalaman di bagian atas.

Tapi Page sekarang percaya ia siap untuk mengambil peran penguasa resmi Google untuk menangani bisnis sehari-hari. Namun walaupun begitu, semua keputusan penting masih akan diambil oleh tiga orang ini.
Sementara itu, Eric Schmidt akan terus sebagai Executive Chairman dan akan fokus pada urusan eksternal, hubungan dengan mitra, konsumen, pemerintah dan sebagainya.

Sementara untuk Sergey Brin akan mengundurkan diri sebagai presiden Google, peran yang akan datang masih tetap menduduki kekuasaan dibidang eksekutif, dan akan secara resmi tetap sebagai Co-founder. Dia akan fokus pada strategi jangka panjang, teknologi yang lebih maju dan produk baru.[Q]

(via: feedberry | foto: Reuters/Rick Wilking)

No comments: