Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Saturday, February 19, 2011

Yang Tersisa Dari Mobile World Congress 2011


Perhelatan Mobile World Congress 2011 yang di adakan di Bercelona Spanyol pada tanggal 14 hingga 17 Februari kemarin merupakan acara yang sangat berkesan, karena ini merupakan acara yang paling padat dari acara Mobile World Congress yang pernah diadakan sebelumnya.

Tahun ini kita bisa melihat beberapa produk Android termasuk perangkat tablet yang seakan menjadi perangkat primadona pada acara tersebut. Dan berikut adalah temuan yang menurut kami menarik selama berlangsungnya Mobile World Congress 2011.


Ada beberapa perusahaan yang hadir di ajang MWC 2011 dan telah menjadi buah bibir, diantaranya adalah :

Sony Ericsson
Sebelum MWC diselenggarakan kita sudah melihat bahwa Sony Ericsson telah mengumumkan keberadaan perangkat Xperia Play, ini adalah perangkat ponsel yang dijejali dengan fitur konsol game dengan bentuk yang menarik mirip dengan konsol game Play Station Portable. Ponsel in juga mengusung sistem operasi Android Gingerbread, dan di MWC ini kita bisa melihat dan mencoba ponsel tersebut yang memiliki tampilan sangat memuaskan.
 
Selain ponsel Xperia Play, Sony Ericsson juga memanfaatkan ajang MWC ini sebagai moment untuk mengumumkan keberadaan ponsel Sony Ericsson Xperia Pro dan Neo, padahal sebelum itu Sony Ericsson juga telah memperkenalkan Xperia Arc.

LG
Pada MWC kali ini LG hanya menyajikan dua buah perangkat, namun ini cukup menjadi perhatian kita karena apa yang ditawarkan LG cukup mengesankan, sebuah perangkat LG Optimus 3D, yakni sebuah ponsel dengan kemampuan untuk menampilkan tampilan 3D tanpa diharuskan untuk menggunakan kacamata khusus. Sedangkan perangkat lainnya adalah tablet LG Optimus Pad yang sebelumnya juga dikenal sebagai LG G-Slate. Kedua perangkat LG ini bisa menghadirkan koneksi Internet yang cukup memukau dan mampu menjalankan video melalui koneksi 3G yang dimilikinya.

HTC

Dalam upaya untuk menjadi berbeda dengan memiliki jargon “simply brilliant,” HTC telah mengungkapkan produk baru mereka pada hari kedua perhelatan MWC. Yang sebelumnya menjadi rumor ternyata kini telah dibuktikan HTC dengan membuat sebuah ponsel Facebook dengan menghadirkan ponsel Salsa dan Chacha yang memiliki tombol yang didedikasikan untuk mengakses Facebook.

HTC juga memperkenalkan perangkat tablet Flyer dan smartphone HTC Desire S, Wildfire S dan Incredible S. HTC Flyer memiliki beberapa fitur baru yang menarik dan salah satunya adalah aplikasi HTC Scribe sedangkan ketiga ponsel baru itu merupakan update dari produk sebelumnya namun ini tentu bukan peragkat yang buruk.

Samsung
Samsung juga menggebrak MWC dengan konferensi pers Minggu malam dan melakukan yang terbaik untuk menghibur pengunjungnya. Dengan menghadirkan perangkat Galaxy Tab 10.1 dan Galaxy S II. Kedua perangkat memiliki prosesor dual-core.

Android
Dilihat dari stand Google sendiri sepertinya ini menjadi booth yang paling ramai dikunjungi, karena dari 24 ponsel baru yang diperkenalkan di MWC telah dijalankan dengan sistem operasi Android dan Sony Ericsson tidak malu untuk mengungkapkan keinginannya agar dapat menjadi nomor satu dalam ruang Android.

Tablet
Sama seperti yang mereka lakukan di CES, tablet juga menjadi perangkat primadona. Tujuh tablet baru telah memulai debut mereka dan bukan hanya nama-nama produsen yang disebutkan di atas, tetapi juga ada Huawei dan ViewSonic juga ikut meramaikan ranah tablet pada acara MWC ini.

Selain perusahaan yang terlihat mencolok dan menggebrak ajang MWC, ada juga perusahaan yang terkesan biasa-biasa saja atau kurang memunculkan gereget-nya, padahal saya yakin bahwa kebanyakan dari pengunjung MWC mengharapkan lebih dari sekedar hal itu. Beberapa dari perusahaan itu adalah:

Motorola
Di ajang MWC Motorola memiliki booth yang cukup besar namun perusahaan yang berbasis di Amerika ini hanya menampilkan Motoro Droid Pro dan perangkat tablet Motorola XOOM, walaupun secara produknya mereka menawarkan gadget yang cukup menarik namun apa yang diusung oleh Motorola pada ajang MWC kali ini tidak terlalu meriah seperti halnya pada CES bulan lalu.

RIM
Research In Motion juga sepertinya masih malu-malu untuk menunjukkan semua varian perangkat tablet PlayBook mereka, padahal seperti kita tahu bersama bahwa RIM memiliki dua buah varian perangkat tablet BlackBerry PlayBook. Apakah semua ini karena RIM terlalu tahu diri dengan kehadiran Android yang semakin merajalela? atau mereka sengaja menunggu hingga acara CTIA Wireless nanti?, kita lihat saja.

Selain kedua golongan diatas, kami memiliki pandangan bahwa di MWC 2011 ada perusahaan yang megalami keduanya, memiliki hal menarik namun mereka juga memiliki sisi lain yang cukup membuat kita sedikit terganggu. Diantara perusahaan-perusahaan itu adalah :

Nokia
Nokia hadir di MWC dengan banyak gosip yang menyertainya, terlebih karena perusahaan yang berbasis di Finlandia ini masih belum menunjukkan perangkat MeeGo lainnya. Dan kemitraannya dengan Microsoft telah menjadi pertanyaan besar sementara sebagian orang masih belum bisa menerima mengenai rencana dibalik keinginan Nokia untuk menjadikan Windows Phone 7 sebagai sistem operasi utama pada produk Nokia di masa depan.

ZTE
Sebuah pabrikan ponsel yang berbasis di China ini memang cukup memiliki nama di negerinya, namun sepertinya pasar Amerika dan Eropa masih harus menunggu untuk melihat beberapa produk yang dihadirkan ZTE untuk masa-masa mendatang. Kehadiran tiga perangkat ZTE Skate, Amigo dan Blade sepertinya tidak membuat terkesan. Namun usahanya untuk bisa masuk ke pasar Amerika dan Eropa tidak bisa dipandang sebelah mata. salut untuk ZTE.

Huawei
Salam seperti ZTE sepertinya Huawei juga mengalami nasib yang tidak jauh berbeda, perusahaan yang berasal dari China ini juga merupakan pesaing utama ZTE . Namun Huawei telah cukup berani untuk menampilkan perangkat Ideos X3 dan Ideos Slim S7 dan ini merupakan produk yang cukup layak sejauh ini.

tulisan ini juga pernah dimuat di situs FeedBerry.com

2 comments:

Hari PJ said...

mantep kang tulisannya....kapan kopdar lagi nih...

domaindirectory said...

More information here...
http://imobile.com
Get the latest update and more all here....