Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Friday, December 30, 2011

Opini: BlackBerry, Android dan iOS


Sejak Android dan Apple iPhone mulai banyak digunakan oleh para pengguna di Indonesia, beberapa teman saya bertanya hal yang sama "Apa sih bedanya BlackBerry, Apple dan Android?", "mana sih yang lebih bagus?". Mungkin pertanyaan serupa juga pernah terlontar di pikiran anda atau nda pernah mendapatkan pertanyaan serupa dari teman anda.


Bagi saya secara pribadi, tentu tidak mudah untuk membandingkan sistem operasi tersebut satu sama lain secara head-to-head, karena secara umum mereka memang berbeda, dibuat oleh perusahaan yang berbeda dan ditujukan untuk pengguna dengan kebutuhan berbeda.

Saya sendiri saat ini menggunakan Android dan BlackBerry, setelah sebelumnya menggunakan Palm dan juga Windows Mobile (bukan Windows Phone ya...). Kenapa saya nggak pakai Apple ioS? jawaban saya simple saja "mahal", jadi bukan karena saya menilai bahwa iOS jelek. Jadi sementara saat saya menulis tulisan ini saya belum menggunakan iOS.

BlackBerry bagi saya lebih sebagai "tukang pos" pribadi selain bisa mengirimkan e-mail secara otomatis (push mail), dia juga berlaku sebagai perangkat messaging yang handal, bayangkan saja, saya bisa terkait dengan Yahoo Messenger, Google Talk dan BlackBerry Messenger (BBM) sekaligus tanpa koneksi terputus, saya masih ingat ketika saya masih menggunakan Palm OS dan Symbian, dimana koneksi sangat tidak stabil saat saya menjalankan aplikasi messenger terus menerus.

Sedangkan Android bagi saya lebih sebagai perangkat untuk online dan entertainment (hiburan), lho bukannya BlackBerry juga bisa online dan jalanin musik?, betul sekali, BlackBerry memang sebuah perangkat yang selalu online namu jika dibandingkan dengan Android, jelaslah bahwa pilihan aplikasi di Android lebih banyak, sebut saja aplikasi untuk photo editor, Android memiliki lusinan aplikasi yang bisa kita pilih dan yang lebih menarik adalah bahwa kebanyakan aplikasi tersebut adalah gratis. Jujur aja, saya memang suka yang gratisan dan saya yakin 100% Anda juga.

Game di Android sangat variatif, mulai game yang sederhana hingga game yang mendukung tampilan 3D serta melibatkan fitur gyroscopic, itu lho yang dimainkan dengan menggerakan perangkat ke kiri dan ke kanan untuk menjalankan game tersebut, asyik bukan?

Apple iOS baik itu iPhone, iPad dan iPod Touch merupakan perangkat yang memulai debutnya dengan sentuhan yang berbeda, perangkat yang keluar dari otak brilian almarhum Steve Jobs itu telah mewarnai perangkat genggam kebanyakan, hingga saat ini hampir semua produsen menghadirkan perangkat yang "serupa" dengan iPhone dan tablet iPad.

Maraknya ponsel layar sentuh dimulai ketika Apple merilis iPhone dan hingga saat ini maraknya perangkat tablet dimulai saat Apple merilis iPad. Sistem operasi iOS yang disematkan pada iPhone, iPad, dan iPod Touch telah menyihir pengguna hingga mereka merasa berada pada era baru teknologi komunikasi yang begitu intuitif dan moderen.

Ada satu sistem operasi mobile yang saat ini tengah menjadi pembicaraan hangat walau sebenarnya ini bukanlah sistem operasi yang benar-benar baru, yakni Windows Phone yang dirilis oleh Microsoft, saat ini Microsoft telah bekerja sama dengan Nokia untuk merilis ponsel dengan OS ini dan dijejalkan pada ponsel seri Lumia. Saat tulisan ini dibuat, hanya penyebaran ponsel Lumia masih belum marak karena Nokia baru akan mengumumkan ponsel ini pada perhelatan Consumer Electronic Show (CES) atau Mobile World Congress (MWC) pada kuartal pertama tahun 2012 nanti.

Selain empat buah sistem operasi mobile yang saya bahas di atas ada beberapa os lain yang hadir di apsaran seperti Palm WebOS , MeeGo, Bada OS dan Symbian namun saat ini sepertinya BlackBerry, Android dan Apple iOS telah lebih menarik perhatian kita.

Jadi mana yang akan kita pilih?, BlackBerry, Android atau Apple iOS? Selanjutnya terserah anda karena anda sendiri yang akan menggunakan perangkat sesuai kebutuhan masing-masing. Selamat tahun baru 2012.

2 comments:

aisha said...

Hi, cool post. I have been thinking about this topic,so thanks for sharing. I will probably be subscribing to your blog. Keep up great writing!!!
Buick LeSabre AC Compressor

yanmaneee said...

retro jordans
yeezy supply
pandora
canada goose
adidsas yeezy
longchamp
golden goose
kobe sneakers
off white jordan 1
yeezys