Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Sunday, February 19, 2012

Era baru OS desktop PC mengacu pada perangkat genggam?


Perkembangan personal komputer atau PC memang sempat berada dalam posisi stagnan, hal itu karena kini orang-orang ingin menggunakan perangkat komputer lebih "mobile" lebih fleksible dan intuitif, ya dengan fungsi layar sentuh dan interface menarik akan memberikan nuansa intuitif tadi.

Kita bisa melihat bagaimana perusahaan Apple telah mempengaruhi hampir semua produsen dengan memproduksi komputer tablet iPad sehingga setelah iPad hadir, produsen lain seakan berlomba untuk membuat perangkat serupa bahkan ada diantaranya yang mengklaim sebagai "iPad Killer" namun nyatanya tetap saja tidak mampu menyaingi Apple iPad.

Beberapa produsen dari kawasan Asia sebut saja Samsung, LG, dan ZTE juga ikut menikmati kue ini, dengan sistem operasi Android yang disematkannya, meeka juga telah mampu untuk menarik minat pengguna (bahkan hingga di luar Asia) dengan meproduksi perangkat tablet Android yang cukup fenomenal.

Dari perangkat-perangkat tersebut, apakah itu menggunakan sistem operasi iOS, Android, Windows Phone atau yang lainnya, jelaslah terlihat bahwa sistem operasi perangkat genggam lebih menawarkan kemudahan dengan tingkat user-friendly yang lebih mudah dipahami pengguna ketimbang sistem operasi desktop konvensional. Karena sesuai dengan tujuannya, perangkat komputasi tersebut, entah itu desktop, laptop atau tablet PC, memang dibuat untuk lebih memudahkan pengguna dan bukan sebaliknya.

Karena itu, sistem operasi PC juga kin telah dibuat dengan menggunakan analogi yang lebih user-friendly, walau sebelumnya Windows dan Linux juga telah dibuat dengan asa Graphic User Interface (GUI) namun tetap saja dianggap kurang intuitif karena penggunaannya yang masih konvensional (menggunakan keyboard dan mouse).

Microsoft baru-baru ini telah memperkenalkan sistem operasi Windows 8, sebuah sistem operasi yang diklaim mampu memberikan pengalaman pengguna lebih mudah dengan tampilan mirip dengan Windows Phones, sebuah sistem operasi yang kini disematkan pada beberapa ponsel termasuk Nokia Lumia. Dengan menggunakan mode Tile, Microsoft berencana untuk menyematkan sistem operasi Windows 8 ini pada perangkat tablet sehingga selain bisa digunakan dengan cara konvensional dengan keyboard dan mouse, OS ini juga ramah dengan jari (baca: layar sentuh).

Belum lama ini, Apple juga tengah mencoba untuk memasukkan unsur-unsur iOS pada sistem operasi desktop miliknya, dengan merilis OS X  10.8 Mountain Lion yang akan segera di-umumkan dalam waktu dekat ini Apple ingin mencoba memberikan pengalaman yang lebih baru bagi pengguna agar menggunakan sistem operasi desktop bisa lebih intuitif dan user friendly. Penggunaan akun Apple ID seakan menjadi fitur "all-in-one" dimana pengguna bisa mengakses Apple Store untuk aplikasi Mac desktop juga iOS.

Dengan munculnya tren baru ini, saya yakin bahwa dalam waktu dekat akan semakin banyak PC atau Netbook yang dikemas dengan sistem operasi Android atau bahkan iOS, bahkan keberadaan OS Android pada PC memang telah lama terdengar namun tahun ini akan menjadi debut baru bagi dunia PC untuk mengintegrasikan OS Android kedalamnya, bagaimana menurut Anda?

No comments: