Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Saturday, April 28, 2012

Apa yang baru di Ubuntu Linux 12.04 "Precise Pangolin" ?


Canonical telah merilis Ubuntu Linux 12.04 "Precise Pangolin", ini adalah versi Long Term Support (LTS) dari versi Ubuntu yang ada, dukungan jangka panjang ini biasanya berlangsung selama lima tahun. Fitur baru apa saja yang ditawarkan oleh Ubuntu 12.04 ini?

Beberapa fitur yang telah kami ketahui dari Ubuntu 12.04 ini adalah pencarian cepat yang disebut HUD (Head-up Display), seting privacy model baru, dan beberapa peningkatan dari fungsi Unity yang ada serta beberapa tambahan lainnya.

Fitur HUD, mempercepat pencarian
Dengan fungsi HUD (Head-Up Display), kita dapat mencari aplikasi secara spesifik berdsarkan nama aplikasi yang telah kita ketahui, kita tinggal menekan tombol 'Alt' maka pada layar akan muncul search bar yang siap kita isi dengan nama aplikasi atau teks yang ingin kita cari. Aplikasi alan mengingat hasil pencarian sebelumnya dan menyimpannya untuk proses pencarian kita selanjutnya agar lebih cepat dan akurat.

Fitur Privacy Options lebih baru
Salah satu hal yang menarik yang ada pada Dashboard Unity adalah hadirnya fitur dimana kita bisa mendapatkan  secara cepat hasil pencarian sebelumnya untuk file, folder, an aplikasi dengan mudah. namun ada kalanya kita tidak ingin bahwa file-file atau program penting kita mudah ditemukan atau diketahui oleh orang lain, dengan ssistem provacy baru ini kita bisa mengaturnya melalui System Settings > Privacy, kita dapat memberikan pengeculian untuk type file tertentu, menyembunyikan aktivitas folder tertentu, atau menyembunyikan aktivitas dari aplikasi tertentu. Kita bahkan dapat mematikan fitur aktivitas ini  sama sekali sehingga orang lain tidak akan mengetahui apa saja yang telah kita lakukan dengan komputer kita. Ini sangat menarik dimana Canonical selaku distributor Ubuntu Precise Pangolin ini telah mengedepankan isu privasi pada versi ini.

Peningkatan fungsi lain pada Interface Unity
Suka atau tidak bahwa Unity adalah antar muka baru yang ada pada Ubuntu, dan versi baru ini telah menghadirkan beberapa peningkatan tampilan serta fitur yang ada pada Unity. Daftar teratas dari fitur yang  kami temukan adalah adanya Video lens yang ada pada Dash, dimana aplikasi ini akan menemukan semua file video tidak hanya yang ada dalam komputer kita namun juga menemukan video secara online.Sayangnya aplikasi ini tidak mencari dari situs YouTube.

Pada versi ini juga kita bisa menemukan aplikasi Nautilus (aplikasi File Manager di Ubuntu) dengan tampilan yang warnanya telah disesuaikan dengan tema yang ada, namun begitu kita masih bisa mengubah tapilan dan menjadikan aplikasi ini tersembunyi secara otomatis ketika tidak digunakan.

Touchpad dengan tombol terintegrasi dapat bekerja lebih maksimal
Jika kita memiliki laptop dengan touchpad yang terintegrasi dengan tombol (seperti pada MacBook), kini Ubuntu 12.04 dapat mendukung sepenuhnya, dalam versi sebelumnya fitur touchpad dengan kemampuan tombol terintegrasi tidak bisa digunakan ketika pengguna menggunakan dua jari namun pada versi ini fungsi tersebut telah diperbaiki. Namun begitu, fungsi pada touchpad ini masih belum sempurna dan Canonical harus melakukan beberapa perbaikan terhadap fungsi ini.

Aplikasi Rhytmbox kembali menjadi aplikasi pemutar musik
Pada versi 11.10 yang kami coba, Ubuntu menggunakan aplikasi Banshee sebagai pemutar musik default dan ini sedikit merepotkan saya ketika ingin memutar musik, namun ternyata kesulitan itu dipahami oleh Canonical dan karena itu medreka kembali menawarkan aplikasi Rhytmbox untuk memutar musik namun dengan tambahan fitur dimana pengguna dapat membeli musik melalui Ubunru One Music Store yang  dapat diakses melalui Rhytmbox. Namun begitu pengguna bisa menambahkan aplikasi pemutar musik lain untuk memutar musik di Ubuntu 12.04.

Ubuntu One memiliki beberapa opsi tambahan
Ubuntu One adalah salah satu media bagi pengguna untuk mengunduh konten untuk komputer mereka dan tampilan dari Ubuntu One telah berubah dan sedikit mirip dengan apa yang ditawarkan oleh Windows, dan kita bisa menentukan folder mana yang bisa di sinkronisasi.

Tentu daftar diatas adalah beberapa perubahan kecil yang kami bahas pada Ubuntu 12.04 ini, karena secara teknis ada banyak perubahan yang ditawarkan oleh Ubuntu 12.04 Precise Pangolin ini, jika anda tertarik untuk melihat daftar yang lebih lengkap silahkan untuk melihatnya pada halaman berikut ini. Atau silahkan untuk langsung mengunduh Ubuntu 12.04 untuk komputer anda melalui tautan berikut ini.

No comments: