Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Thursday, September 27, 2012

Ngoprek Android lagi...


Akhirnya saya kembali "ngandroid" setelah sebelumnya pernah menggunakan ZTE Blade, baru-baru ini saya kembali menggunakan ponsel Android dengan meminang sebuah HTC Desire Bravo. Ya ini model HTC lama yang dirilis sekitar September 2010, kenapa memilih ponsel ini? alasannya sederhana "budget" :)

Namun salah satu alasan terbesar saya untuk menggunakan Android adalah karena; pertama Instagram dan kedua adalah belajar bagaimana me-root perangkat Android, ya, mungkin telat untuk saya karena baru kali ini saya bisa ngoprek Android lagi (baca=ngandroid).



Sebelumnya, saya memang telah menggunakan ZTE Blade yang pernah saya root menggunakan aplikasi Z4Root dan saat itu sepertinya tidak terlalu banyak kendala, namun di HTC ini ada hal baru, yang ternyata nge-root di HTC tidak semudah nge-root di ZTE Blade. Aplikasi root yang saya gunakan adalah unrevoked3 yang bisa diunduh di http://unrevoked.com/recovery/. Proses rootingnya cukup mudah, kita hanya dalam hitungan waktu kurang dari 2 menit HTC Desire saya sudah ter-root.

Kesulitannya adalah ketika saya akan melakukan S-OFF pada HTC, S-OFF adalah security Off atau menghilangkan fungsi security agar kita bisa dengan meudah memodifikasi file-file yang ada jadi pada intinya jika kita melakukan S-Off, perangkat Android kita bisa benar-benar full rooting, sehingga kita bisa memodifikasi boot animasi, menganti versi recovery, menghapus file system yang tidak kita inginkan dan sebagainya, sehingga perangkat Android kita sepenuhnya ada dalam kontrol kita.

Cukup lama saya mencoba melakukan S-Off bukan karena saya tidak menemukan cara-carfanya, namun terlebih karena saya tidak memiliki keberanian untuk melakukan S-OFF terhadap perangkat Android yang baru saya beli beberapa mingu lalu, alasannya karena takut nge-brick hehehe, soalnya gak bisa beli lagi.

Namun karena rasa penasaran yang mendominasi akhirnya saya mencoba melakukan S-OFF dengan aplikasi AlphaRev yang bisa diunduh di http://alpharev.nl/, dengan terlebih dulu meminta bantuan referensi Om Google dan YouTube akhirnya saya berhasil melakukan S-OFF.

Saat ini, saya telah berhasil melakukan upgrade Android 2.2 Froyo ke Android 2.3 GingerBread, dengan menyematkan Curtom ROM LeeDroid yang ternyata cukup stabil juga, namun belakangan saya tergoda ingin mencona beberapa ROM lainnya, yaitu Runny ROM dan ICS for Desire.

1 comment:

HeQris said...

benarnya juga pengen utak-atik Android lagi, setelah baca tulisan agan, tapi udah gak ada waktu, cuma buat hiburan main game aja Androidku sekarang,,hehe,,

btw tanks sudah berbagi informasi gan..semoga bermanfaat :)