Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Tuesday, October 10, 2006

Peralihan dari Clie NR70 ke Tungsten W

Akhirnya saya bisa memiliki Tungsten W sepenuhnya (TW), jika sebelumnya saya hanya dipinjami TW untuk waktu yang lama, sekarang saya bisa memiliki TW tersebut secara utuh, pasalnya, teman saya yang tempo hari membeli TW menjualnya kepada saya dengan harga super miring, padahal TW nya masih dalam keadaan mulus, lengkap dengan batre yang masih prima begitu juga dengan systemnya.



Jika dibandingkan dengan Sony Clie NR70V, spesifikasi TW masih sangat jauh, terutama karena TW masih tergolong PDA yang lelet, karena masih menggunakan processor Dragon Ball 33 MHz, sementara Clie saya sebelumnya menggunakan prosesor Dragon Ball 66MHz yang dual kali lebih cepat dibanding TW, namun saya merasa TW memiliki sedikit keunggulan karena dilengkapi dengan fungsi GSM/GPRS dan built-in keyboard yang lebih nyaman digunakan dibanding Clie NR70V. Karena itu beberapa minggu setelah saya mendapatkan TW ini saya menjual Palm Wireless Keyboard saya ke teman saya namun belakangan saa menyesal karena mengetik tulisan panjang dengan Palm Wireless Keyboard jauh lebih nyaman dan lebih cepat ketimbang mengetik dengan thumb keyboard built-in di TW.

Saya menjejalkan Memory Card type MMC berkapasitas 256MB, yang didalamnya telah terpasang beberapa aplikasi favorit saya seperti BackUp Buddy VFS, MegaClock, FunSMS, iSilo eBook Reader, Game Bejeweled, Battery Graph, Grafitti Anywhere, Palm Reader, Resco Viewer, dan Resco Explorer. sementara pada memory internalnya saya memasang DocToGo, VeriChat, Snapper Mail, driver Keyboard dan WebPro selain beberapa aplikasi bawaan TW yang telah terpasang secara default.

Kemampuan penangan multimedia pada TW memang jauh dibawah Clie NR70V, itu karena kemampuan audio yang dimiliki TW tidak sesempurna Clie, namun layar TW masih jauh lebih bagus dibanding Treo 600, sehingga memainkan file Movie dengan Kinoma Player masih lebih bagus dan halus dibanding Treo 600. Adanya kemampuan GSM/GPRS yang ditanam pada TW membuat saya lebih leluasa untuk melakukan chatting, memeriksa email atau browsing tanpa harus melakukan pairing dengan ponsel seperti halnya pada Clie, sehingga saya bisa memeriksa e-mail sambil bersepeda pulang ke rumah kontrakan saya yang sempit sambil terus terhubung dengan rekan-rekan messenger saya yang melihat saya online padahal saya sedang mengayuh sepeda ke rumah.

Mengakses situs web dan situs wap dengan Web Pro memang tidak senyaman mengakses pada PC, namun hal ini cukup memenuhi kebutuhan saya yang hanya membutuhkan akses ke account Bloglines saya dan melihat ada berita terbaru apa yang muncul hari ini. Mengakses situs Klik BCA juga masih terbilang nyaman karena WebPro menghilangkan tampilan framenya, sehingga kita tidak harus menggulung laar kekiri dan ke kanan seperti halnya menggunakan browser Blazer.

Sedikit kekurangan pada TW bagi saya adalah sound yang dimilikinya masih terbilang standar dan bukan pilfonik, hal ini mungkin karena TW merupakan PDA Phone pertama dan polifonik ringtone belum menjadi trend saat itu. Untungnya TW memiliki fungsi getar yang cukup keras sehingga kita bisa merasakan adanya panggilan masuk atau SMS jika berada pada lingkungan yang berisik. Melakukan panggilan atau menerima panggilan harus selalu menggunakan handsfree, namun karena saya hanya menggunakan TW untuk melakukan chatting dan cek e-mail saja jadi kekurangan tadi tidak begitu berpengaruh buat saya.

Belakangan saya juga beruntung bisa mendapatkan kembali Palm Wireless Keyboard, alat yang sangat saya butuhkan, terlebih karena saat ini saya menjadi penulis lepas untuk beberapa tabloid, bukan hanya itu, kibor portable ini juga membantu agar built-in keyboard pada TW yang saya gunakan tidak cepat aus dan rusak. PWK ini saya dapatkan dari salah seorang teman milis yang sebelumnya pernah membeli Ultra Thin keyboard pada saya beberapa tahun lalu... he he he Halo Pak Ayub... [Q}

2 comments:

jokoustik said...

Mas, saya juga tertarik dengan Tungsten W. Apa masih punya stock, karena susah sekali mencarinya.

Terima kasih.

Joko Prasetio.

diamondcut said...

wah...LUAR BIASA !!
selama ini saya memakai Palm TW merasa klo PDA ini ga ada apa-apanya. Soalnya saya orang yang mobile dan perlu aplikasi yang berhubungan dengan Office dan koneksi internet.
TAPI begitu baca artikelnya wah.. ternyata banyak aplikasi yg saya tidak tau.
bagi donk aplikasinya...

BackUp Buddy VFS,
MegaClock,
FunSMS,
iSilo eBook Reader,
Battery Graph,
Grafitti Anywhere,
Palm Reader,
Resco Viewer,
VeriChat,
Snapper Mail,
WebPro V.
dan juga Kinoma Player (wah...Palm TW bisa putar file movie)
Maaf merepotkan sebelumnya...
terima kasih... artikel anda memberi saya pencerahan,he...he.
sekali lagi terima kasih banyak Mas
( daniel.maryanto@yahoo.com )