Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Monday, February 02, 2009

Tips & Trick Blackberry : Memilah E-mail

Untuk pengguna-mail Client di PC, seperti Outloook Express misalnya, proses memilah-milah email dengan memasukkan kedalam folder tertentu sangatlah mudah, hal ini dimaksudkan untuk membedakan e-mail berdasarkan prioritas atau kategori tertentu.

Sayangnya pada perangkat BlackBerry fungsi pembuatan folder seperti ini tidak ada, sehingga para pengguna e-mail client yang biasa dipakai di PC mungkin awalnya akan sedikit kecewa dengan tidak adanya fitur ini. Namun jangan keburu kecewa, karena sebenarnya RIM telah membuat sebuah fungsi untuk memilah e-mail. Bahkan kita dapat melakukannya melalui Shortcut yang dibuat sendiri. Caranya dengan memanfaatkan fasilitas Search yang ada pada fungsi Message.

Masuklah kedalam Inbox tekan menu lalu pilih Search, maka akan terlihat layar sebagai berikut :klik menu lalu pilih Save, maka akan muncul pada layar berikut :
  • Pada bagian Title, ketiklah nama untuk Judul pencarian ini, contohnya gadget, bagian ini tidak boleh kosong.
  • Pada Shortcutkey tentukan huruf yang akan dibuat Shortcut, misalnya huruf G (atau apa saja sesuai pilihan yang tersedia), pastikan bahwa pemilihan huruf untuk Shortcut disini tidak bentrok dengan shortcut yang sudah ada sebelumnya. Untuk melihat daftar shortcut yang sudah ada bisa melihatnya pada menu Search lalu pilih Recall.
  • Bagian Subjek diisi dengan Subject yang sesuai, misalnya mencari Subjek e-mail yang berisi nama milis yang kita ikuti, misalnya “gadtorade” atau misal “dijual” hanya untuk e-mail yang berisi penjualan barang.
  • Begitu juga dengan kolom Message, jika ada kata atau kalimat tertentu yang dicari pada isi pesan, hendaknya kolom ini diisi sesuai kata atau kalimat yang kita maksud.
  • Simpanlah settingan ini, dengan menekan menu lalu pilih Save.

Untuk selanjutnya jika kita akan kembali mencari e-mail dengan kriteria seperti contoh di atas tinggal tekan Alt + G. Atau buatlah Shortcut yang lain untuk kriteria yang berlainan.

Jika kita ingin merubah kriteria yang ada bisa mengedit opsi yang telah kita buat diatas dengan memilih menu Search lalu pilih Recall nanti akan muncul pilihan dari Shortcut yang telah kita buat sebagai berikut :
Pilihlah kriteria pencarian yang ingin kita edit, lalu nanti kita akan masuk kembali ke layar seperti pada gambar 1 diatas, lalu lakukanlah perubahan sesuai kriteria yang diinginkan.

3 comments:

Irpus said...

bos...izin copas ke web saya ya (www.irpus.net), thanks sharingnya.

Oki said...

Silahkan Mas... terima kasih

Cak Uding said...

Boss,

di blackberry khan hanya mirroring, jadi pemilahan model folder menurut saya kurang pas. Juga icon email itu hanya bayangan saja, karena icon sebenarnya hanya di folder main message.

kalau email yang di push hanya kerjaan sih menurut saya ndak perlu di pilah pilah ya.

Menurut saya sih paling pas ya memisahkan antara email kerjaan, email pribadi dan email for fun.. :-)