Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Saturday, May 05, 2012

NFC akan menjadi teknologi standar untuk perangkat BlackBerry mendatang

BlackBerry Music Gateway, memanfaatkan fitur NFC

Sepanjang acara BlackBerry World 2012, saya melihat ada dua hal yang dibahas oleh RIM dimana ini telah disebut-sebut pada awal presentasi dan juga dihadirkan di stan-stan yang ada, yakni BlackBerry 10 dan NFC (Near Field Communication) yang akan disematkan pada setiap teknologi yang mereka miliki.


Menurut RIM, teknologi NFC adalah hubungan antara antara dunia fisik dan virtual. Dari orang-orang yang ada di perhelatan tersebut kami mendapati informasi bahwa NFC akan menjadi pencapaian terbesar berikutnya dari teknologi mobile sejak kelahiran komunikasi data.

Beberapa stan yang ada telah menunjukkan demonstrasi dari Solusi Blackberry dengan memanfaatkan fitur NFC. Salah satu contohnya di booth Blackberry Music Gateway, menunjukan demo model gateway baru mengambil keuntungan dari teknologi NFC untuk terhubung langsung ke perangkat ponsel Blackberry.

RIM juga memiliki stan yang menampilkan setup Blackberry Office (yang terdiri dari PlayBook, ponsel Blackberry ponsel, layar dan peripheral nirkabel), dan kantor inin menggunakan teknologi NFC untuk berkomunikasi antara berbagai perangkat yang ada.

Selain fitur NFC juga pernah saya bahas dimana ini bisa digunakan untuk melakukan pembayaran secara mobile pada kios-kios terntentu dimana kita hanya memerlukan ponsel untuk melakukan transaksi finansial dengan hanya mendekatkan ponsel kita dengan peragkat yang tersedia di kios-kios tersebut.

Pada perkembangannya, kita dapat mengaplikasikan teknologi NFC ini dengan fungsi-fugsi lain seperti kunci untuk masuk ke ruang tertentu atau menjalankan mesin tertentu dimana hanya anda yang memiliki hak akses ke mesin tersebut dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ada banyak keuntungan yang dapat diambil dari fitur NFC, dan saya berharap bahwa RIM bisa memanfaatkan fitur NFC ini secara maksimal dan bisa diimplementasikan pada perangkat BlackBerry 10 mendatang.