Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Tuesday, January 08, 2013

Mencoba aplikasi Alpine, e-mail klien berbasis text di Linux



Iseng-iseng saya mencoba untuk menggunakan aplikas-aplikasi berbasis teks di Linux (text user interface) setelah sekian lama saya menggunakan aplikasi berbasis gambar (GUI=graphical user interface). Setelah mencoba beberapa aplikasi ternyata cukup mengasyikan juga.



Beberapa aplikasi yang saya coba adalah Elinks, ini adalah browser Internet berbsis teks yang dijalankan dari mode Terminal di Linux, tidak ada gambar atau animasi gambar bergerak apalagi iklan dalam bentuk flash, semuanya ditampilkan dalam bentuk huruf, ya nggak seru memang tapi disitulah letak keasyikannya :).

Lalu saya teringat saat awal-awal saya mengenal Internet, dimana ada aplikasi bernama Pine, itu adalah aplikasi e-mail klient berbasis teks dan ternyata Pine telah mengalami perubahan dan pada tahun 2007 aplikasi Pine telah memiliki varian baru bernama Alpine, sebenarnya ini merupakan singkatan dari Alternatively Licensed Program for Internet News and Email. Untuk lebih jelasnya mengenai aplikasi Alpine bisa anda baca di halaman Wikipedia.

Saya mencoba untuk mengunduh aplikasi Alpine di Ubuntu Linux yang saya gunakan dengan memasukkan perintah:

$ sudo apt-get install alpine

Sesaat, sistem langsung meninstall aplikasi Alpine dan kita tinggal mengetikkan "Alpine" pada jendela terminal. Bagian seru lainnya muncul ketika saya mencoba untuk memasukkan setting e-mail GMail, dan dengan bantuan situs ini, saya akhirnya berhasil menautkan akun GMail saya ke aplikasi Alpine dan mencoba mengirimkan e-mail dan menggunakan beberapa fitur yang ada didalamnya, seperti mengirimkan email dengan attachment dan juga membuat signature ke dalam e-mail.

Berbeda dengan aplikasi e-mail yang kita kenal, aplikasi Alpine semuanya menggunakan perintah keyboard, beberapa perintah bisa kita lakukan dengan menuliskan satu huruf saja, dan perintah lainnya dilakukan dengan menekan tombol Ctrl+huruf tertentu. Jika kita telah terbiasa dengan mengklik dan menggeser mouse, menggunakan aplikasi berbasis teks ini mungkin akan membuat anda "kram otak", anda mau mencoba aplikasi Alpine? silahkan untuk mengunduhnya di sini atau jika ingin melihat RPM sourcenya, silahkan masuk ke halaman ini.