Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Tuesday, January 22, 2013

10 alasan bahwa BlackBerry 10 akan "menyelamatkan" RIM


Di Indonesia mungkin BlackBerry menjadi perangkat yang paling populer, banyak orang menggunakan ponsel Blackberry untuk berbagai keperluan mereka, tak terkecuali anak-anak dan para ABG yang memang gemar berinteraksi melalui layanan BBM (BlackBerry Messenger) maupun layanan jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter yang diakses menggunakan perangkat BlackBerry.

Namun dalam beberapa tahun belakangan ini pamor Research In Motion (RIM) BlackBerry di beberapa negara sudah mulai meredup, hal itu dialami juga oleh platform lain seperti Nokia dengan OS Symbian dan juga Palm WebOS yang suah gugur lebih dulu di kancah peperangan perangkat ponsel pintar (smartphone.)

Namun, pada tanggal 30 Januari 2013 ini RIM akan menggelar peluncuran dari produk terbaru mereka yang dijagokan dan telah menjadi masterpiece dari produk-produk RIm sebelumnya, produk tersebut adalah smartphone BlackBerry 10 yang rencananya akan tersedia dalam dua varian faktor bentuk yang berbeda yakni layar sentuh dan tombol fisk QWERTY, dimana belakangan kita tahu bahwa untuk BlackBerry layar sentuh akan memiliki nama BlackBerry Z10 dan perangkat dengan tombol QWERTY akan memililki nama BlackBerry X10.

Berikut adalah 10 alasan mengapa BlackBerry 10 akan sukses dan akan menyelamatkan RIM dari keterpurukannya.

1. 80 juta pengguna - RIM sebelumnya telah memiliki pengguna layanan BlackBerry dimana ada beberapa diantara mereka yang kecewa karena kurangnya inovasi yang dimiliki oleh BlackBerry beberapa waktu lalu, namun saat ini setidaknya masih ada 80 juta pengguna setia yang tetap menggunakan perangkat BlackBerry dan dimana mereka telah siap untuk melakukan upgrade terhadap perangkat BlackBerry mereka ketika BlackBerry 10 telah tersedia di pasaran.

2. E-mail yang aman - RIM telah lama menjadi penyelenggara layanan e-mail terbaik yang memiliki server e-mail paling aman saat ini, kehandalan RIM dalam menjaga e-mail penggunanya tidak diragukan lagi, bahkan Badan pertahanan AS telah memilih BlackBerry sebagai perangkat operasional mereka karena alasan ini, platform Apple iOS, ANdroid ataupun WIndows Phone tidak memiliki sistem keamanan e-mail seperti yang dimiliki oleh RIM.

3. Dual Profile (Profil Ganda) untuk kebutuhan bisnis atau personal - Perangkat BlackBerry 10 akan memiliki fitur Dual Profile atau Profil ganda dimana pengguna dapat menentukan profil mana yang akan digunakan pada ponsel Blackberry mereka, untuk kebutuhan pekerjaan atau kebutuhan personal. Kedua profil ini berjalan terpisah dan tidak bisa diakses satu sama lain serta memiliki tingkat keamanan yang tinggi saat pengguna akan beralih dari profil satu ke profil yang lain.

4. Rilis BlackBerry 10 pertama akan ditujukan bagi para "influencer" - RIM telah menyiapkan perangkat BlackBerry 10 untuk dipasarkan pada pengguna potensial yang mampu untuk mempengaruhi pengguna lain di lingkungannya agar orang lain tertarik untuk menggunakan BlackBerry 10 ini, pasar potensial yang dimaksud adalah orang-orang yang bekerja di perusahaan atau organisasi yang memiliki orang-orang lebih banyak untuk dipengaruhi agar menggunakan perangkat BlackBerry.

5. Sistem Operasi yang lebih inovatif - BlackBerry 10 akan memiliki sistem operasi yang benar-benar baru yang memiliki tampilan serta cara kerja yang lebih inovatif dari sistem operasi BlackBerry sebelumnya. Ada beberapa hal menarik yang ditawarkan oleh sistem operasi blackBerry 10 beberapa diantaranya adalah fitur keyboard virtual yang akan mengerti bahasa apa yang tengah anda tulis untuk selanjutnya akan menyesuaikan ejaan dan kata yang kita ketika untuk mengurangi kesalahan ketik. RIm juga memahami bahwa pengguna ponsel kadang tidak selalu mengetik menggunakan kedua tangan mereka seperti menulis dengan komputer, karena itu menulis dengan satu tangan sangat dimungkinkan dan hal ini juga akan dipahami oleh perangkat BlackBerry 10 terbaru walaupun mengetik dengan dua tangan juga sangat dimungkinkan. Opsi penulisan dengan satu tangan atau dua tangan yang disematkan pada BlackBerry 10 ini telah memberikan pendekatan yang lebih humanis.

6. Fitur Multitasking yang lebih baik - Fitur ini merupakan lanjutan dari inovasi sistem operasi yang lebih dinamis dimana kebanyakan pengguna akan menggunakan eprangkat BlackBerry mereka untuk lebih dari dua atau tiga aplikasi sekaligus, dan BlackBerry 10 telah menawarkan kemudahan bagi pengguna yang ingin melihat aplikasi apa saja yang tenagh berjalan di latar belakang, atau melihat siapa yag memberikan komentar pada status Facebook kita ketika kita tengah mengedit e-mail atau dokumen. Selain itu, OS BlackBerry 10 akan dapat melihat dan saling berbagi dengan layanan media jejaring sosial yang ada seperti Facebook dan Twitter saat membuka sebuah aplikasi atau membaca sebuah halaman web.

7. Dukungan NFC atau Dompet Elektronil - VISA adalah salah satu perusahaan finansial yang telah menerima dan memverifikasi layanan NFC (Near Field Communication) yang akan disematkan pada perangkat BlackBerry 10, dimana dengan layanan ini pengguna bisa melakukan transaksi secara elektronik, membayar tiket atau membeli minuman ringan dengan hanya mendekatkan perangkat BlackBerry mereka pada kios-kios yang juga menyediakan layanan NFC ini.

8. Target untuk pengguna bisnis dan pemerintahan - Perangkat BlackBerry 10 akan ditargetkan untuk pengguna bisnis dan pemerintahan dimana pengguna ini merupakan pengguna potensial yang akan memanfaatkan semua fitur yang ada pada perangkat BlackBerry 10 mendatang, dimana beberapa elemen penting yang harus disematkan pada sebuah "corporate device" atau "goverment device" adalah keamanan, kemudahan penggunaan, fungsionalistas, dan fleksibilitas untuk dapat 'berkomunikasi' dengan perangkat lain. Dan ini semuanya telah tersedia pada perangkat BlackBerry 10. Dimana beberapa elemen tersebut tidak seluruhnya dimiliki oleh platform lain.

9. Memiliki kemampuan untuk mengenal aplikasi iOS dan Android - BlackBerry 10 adalah perangkat dengan core system QNX yang telah dimodifikasi dimana peragkat ini akan dapat mengenal aplikasi yang dikembangkan untuk platform iOS dan Android, hal ini akan menguntungkan pengguna BlackBerry 10 dimana nantinya mereka akan memiliki pilihan aplikasi yang lebih banyak, dengan kemampuan ini RIM berharap akan mengubah paradigma pengguna yang sebelumnya berfikir bahwa "BlackBerry kurang berinovasi".

10. BlackBerry 10 juga akan tersedia dengan model tombol keyboard QWERTY fisik - Pada awal-awal kemunculan BlackBerry, perangkat ini identik dengan perangkat dengan tombol fisik QWERTY yang berjejer dibawah layar, dimana tombol inilah yang mengilhami RIM untuk memberikan nama "BlackBerry" karena tombol tersebut mirip dengan pola yang dimiliki oleh buah blackberry. Namun belakangan RIM sepertinya tengah giat memproduksi perangkat BlackBerry 10 dengan faktor bentuk touchscreen atau layar sentuh melalui produk Dev Alpha A dan Dev Alpha B jelas terlihat bahwa perangkat yang akan dirilis RIM adalah perangkat layar sentuh dan belakangan perangkat finalnya terungkap dengan nama BlackBerry Z10 yang memiliki form factor layar sentuh penuh tanpa keyboard. Bagi sebagian besar pengguna, mengetik dengan tombol fisik jauh lebih cepat dan akurat dibanding dengan tombol virtual pada layar sentuh dan karena itu RIM juga merilis BlackBerry X10 sebagai perangkat BlackBerry 10 dengan tombol fisik layar sentuh.

Pada akhirnya, RIM akan menjadi pemenang melalui produk BlackBerry 10 dimana salah satu alasan terkuat adalah bahwa RIM memiliki pengguna yang sangat loyal dan fanatik yang siap untuk mengupgrade perangkat Blackberry mereka, fitur yang ditawarkan oleh BlackBerry 10 akan banyak menarik perhatian pengguna, tak terkecuali pengguna bisnis dan perusahaan yang memang lebih mengutamakan keamanan sekaligus kemudahan dalam menggunakan perangkat mereka sehari-hari dan point terpenting dari semua ini adalah bahwa kemampuan utama yang dimiliki BlackBerry tidak dimiliki oleh platform lain terutama tingkat keamanan dan tingkat kompresi yang tinggi, terlebih dengan adanya verifikasi fitur NFC yang diberikan oleh VISA yang akan memperkuat kepercayaan pengguna terhadap perangkat BlackBerry 10 mendatang.

Pada akhirnya, RIM telah keluar dengan segudang kejutan yang mencengangkan!


1 comment:

epulkatama said...

keren infonya kang oki,,, sayang saya blm pnya BB hehe