Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Tuesday, February 12, 2013

Bermain-main dengan Knoppix 7.0.4


Setelah sebelumnya saya asyik ngoprek Ubuntu, belakangan saya mulai mencoba untuk mengunduh distro Linux lain dalam bentuk file .iso untuk selanjutnya saya jalankan melalui USB Flashdisk saya, ternyata saya menemukan distro Knoppix v7.0.4 yang kini memiliki tampilan lebih menarik.



Sebelumnya, saya mengenal Knoppix ini ketika ada seorang pembeli komputer yang memberikan CD Knoppix ini beberapa tahun lalu, saat itu Linux memang tengah beranjak dan karena itu tampilan Knoppix masih sangat sederhana tanpa animasi dan plug-in menarik, namun kini bertahun-tahun telah berlalu Knoppix hadir dengan tampilan lebih menarik.

Melalui situs DistroWatch saya mencoba untuk mengunduh file .iso Knoppix 7.0.4 dan berhasil menginstalnya pada USB Flashdisk dengan bantuan aplikasi Universal USB Installer yang berjalan di bawah Windows, namun begitu ada aplikasi lain yang bisa digunakan seperti UnetBootin.

Setelah berhasil dimasukan ke USB Flashdisk, tidak lupa saya mengarahkan BIOS di PC agar melakukan booting dari Flashdisk, dan hasilnya sangat menarik, ternyata Knoppix versi baru ini telah dijejali dengan aplikasi Compiz sehingga kita lansung disuguhi dengan tampian 3D dan animasi yang menarik.

Akhirnya saya memutuskan untuk memasang Knoppix di harddisk saya secara permanen, saya juga memasang beberapa aplikasi lain yang dibutuhkan seperti aplikasi untuk mengconvert file multimedia ke berbagai format, o iya, hal lain yang menarik dari Knoppix adalah bahwa browsernya langsung dapat membuka situs Youtube dan memainkan film tanpa harus mengunduh plug-in lagi. Saya juga langsung mengubah tampilan Knoppix menjadi mirip MacOS X lengkap dengan aplikasi dock dengan menginstal cairo-dock untuk Linux.


No comments: