Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Tuesday, February 26, 2013

BloggerSubang ajak karyawan PT Dahana untuk Go-Blog!


PT Dahana adalah salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang industri strategis yang menawarkan layanan pembuatan bahan peledak yang terpadu untuk sektor Migas, Pertambangan Umum, Kuari dan Konstruksi. Perusahaan yang berlokasi di Kota Subang ini menempati lahan sekitar 600 hektar dan memiliki kantor yang  sangat asri dengan konsep ramah lingkungan sebagai pusat pengembangan bahan berenergi tinggi pertama di Indonesia yang biasa dikenal dengan Energetic Material Center (EMC).




Senin 25 Februari 2013 kemarin, saya berkesempatan untuk berkunjung ke kantor tersebut dan ternyata itu memberikan pengalaman yang sangat menarik bagi saya, memasuki kantor PT Dahana di Subang memberikan atmosfir yang berbeda sehingga saya dan teman-teman nyaris tidak menyadari bahwa ini berada di kota saya sendiri yang jaraknya hanya beberapa kilometer saja dari pusat kota Subang.

Nuansa kantor yang asri dan ramah lingkungan sangat kental, karena bangunan di area tersebut memang memiliki  konsep Green Building, konsep green building atau bangunan hijau merupakan salah satu bentuk respon masyarakat dunia akan perubahan iklim. Hal ini berkaitan dengan perbaikan perilaku dan teknologi terhadap sebuah bangunan dapat berkontribusi bagi pengurangan pemanasan global, dan ini telah dilakukan oleh PT Dahana untuk memenuhi konsep green building tersebut.

Selanjutnya kami langsung dipersilahkan untuk masuk ke Kampus PT Dahana, jangan salah ini bukanlah kampus tempat para mahasiswa menuntut ilmu, namun Kampus ini adalah sebuah singkatan dari Kantor Manajemen Pusat PT Dahana yang merupakan bangunan utama yang ada di area tersebut. Ruang lobby-nya terlihat elegan, bersih dan nyaman. Kedatangan kami langsung disambut oleh Bapak Juli selaku, Public Relation dari PT Dahana dan kamipun dipersilahkan untuk masuk ke ruang meeting yang tak kalah nyaman dan elegan. Di ruang meeting tersebut, Pak Juli memaparkan mengenai latar belakang, visi dan misi PT Dahana serta bisnis yang saat ini dikelola oleh PT Dahana.

Saya yang saat itu datang bersama rekan-rekan dari BloggerSubang selanjutnya diajak berkeliling di kantor dan area pabrik, yang menjadi menarik perhatian saya, kantor dan bangunan dari pabrik PT Dahana memiliki bentuk dan pola penempatan yang sedikit berbeda mengingat ini merupakan perusahaan pembuat bahan peledak. Di sekitar gudang atau beberapa bangunan tertentu terdapat sebuah gundukan tanah yang cukup tinggi yang mengelilingi sebagian bangunan tersebut, hal ini dimaksudkan untuk mengurangi efek kerusakan dan penyebaran ledakan bilamana terjadi ledakan yang  tidak diinginkan.

Selepas berkekeliling kamipun bertemu dengan Bapak Harry selaku Direktur Utama PT Dahana, menariknya Bapak Harry membuka pembicaraan dengan obrolan ringan soal gadget, sehingga beberapa diantara undangan terlibat obrolan yang cukup dinamis namun santai, hingga beberapa saat kemudian mulailah Bapak Harry memaparkan maksud dan tujuan yang sebenarnya, dimana PT Dahana, sengaja mengundang para blogger untuk memberikan pengalaman atau sharing mengenai teknik menulis di blog untuk para karyawan PT Dahana.
Acara sharing-nya sendiri diadakan di mushola dan dihadiri oleh staff dan karyawan PT Dahana, saya sendiri mengulas sedikit mengenai penggunaan ponsel BlackBerry dan Android sebagai alat utuk nge-blog sementara rekan blogger yang lain menjelaskan secara singkat mengenai apa itu blog, dan mengapa kita harus menulis blog.

Acara yang dihadiri oleh lebih kurang 60-an staff PT Dahana itu juga sekaligus merupakan acara perayaan ulang tahun D-File yang ke-8, D-File itu sendiri awalnya merupakan media informasi bagi kalangan internal PT Dahana yang awalnya berbentuk majalah dinding, dan kini D-File telah berevolusi menjadi majalah internal perusahaan dan kini tengah bersiap utuk memasuki ranah Internet dalam bentuk blog. Semua yang hadir terlihat antusias mengikuti pemaparan dari rekan-rekan blogger dan mudah-mudahan kehadiran rekan-rekan blogger ke perusahaan tersebut  memberikan efek positif terutama agar para karyawan PT Dahana untuk mau mulai nge-blog.

No comments: