Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Sunday, November 16, 2008

Form Factor Pada Ponsel

Bentuk dan model ponsel kian dipercantik dengan adanya beragam disain body, dalam dunia selular disain body ini sering disebut dengan istilah "form factor". Untuk saat ini ada empat jenis form factor yang mendominasi di pasaran, yakni :

Candybar, ini adalah bentuk ponsel dengan tombol terbuka dan berjejer, model ponsel konvensional seperti ini sangat simple karena penggunanya bisa langsung mengakses tombol jika ingin menerima atau melakukan panggilan. Sayangnya, jika kita menaruhnya di dalam tas bersama benda lain, kadang tombolnya tertekan dan akan melakukan panggilan tanpa sengaja secara diam-diam, untuk mnghindari hal tersebut disarankan untuk selalu mengaktifkan fitur "keypad lock" setiap kali akan menyimpan ponsel model ini di dalam tas atau saku.

Clamshell, model ponsel berbentuk "cangkang kerang" atau sering juga kita sebut dengan istilah "flip", ponsel dengan bentuk seperti ini tombolnya akan terhindar dari tertekan tanpa sengaja dan mencegah ponsel untuk melakukan panggilan secara diam-diam, namun bentuk seperti ini akan sedikit menyulitkan bagi mereka yang ingin mengakses ponsel dengan cepat karena kita diharuskan untuk membuka ponsel terlebih dahulu ketika akan melakukan dan menerima panggilan, namun fitur untuk model ponsel seperti ini kian diperbaiki sehingga menerima dan melihat panggilan bisa juga dilakukan tanpa harus membuka ponsel terlebih dahulu. Sayangnya kadang produsen kurang memperhatikan ketahan fungsi engsel pada flipnya karena untuk pengguna hard user seringkali flip ini mengalami masalah yang disebabkan seringnya ponsel dibuka dan ditutup.

Sliding/Model Geser, bentuk ponsel model geser ini membuat penampilan ponsel jadi begitu elegan, fungsi sliding ini selain berfungsi untuk melindungi tombol juga memberikan kesan bentuk ponsel menjadi lebih kecil dan simple. Namun lagi-lagi faktor ketahanan hardware atau tepatnya kabel penghubung ke konektor pada ponsel jenis ini sering kali mengalami masalah, sehingga bagi sebagian pengguna ponsel jenis ini kurang begitu diminati.

Touchscreen/Layar Sentuh, ini merupakan model terbaru dari ketiga form factor diatas, saat ini beberapa produsen ponsel telah memproduksi ponsel pintar dengan kemampuan layar sentuh yang nyaris tidak memiliki tombol, diawali oleh Apple iPhone, 80% bagian depan ponsel iPhone adalah layar sensitif, tombol dial-pad dan papan ketik dapat muncul secara virtual pada layarnya, tidak hanya itu, iPhone memiliki kemampuan multitouch dimana untuk melakukan proses tertentu dapat dilakukan dengan dua jari sekaligus, contohnya untuk membesarkan (zoom in) pada gambar yang sedang ditampilkan dapat dilakukan dengan jari telunjuk dan ibu jari yang direnggangkan pada permukaan layarnya atau sebaliknya untuk mengecilkan gambar (zoom out) dapat dilakukan dengan cara "mencubit" pada permukaan layarnya.

Kehadiran iPhone mengilhami beberapa produsen lain untuk menciptakan form factor sejenis, bahkan sistem operasi Windows Mobile versi terbaru juga telah menjejalkan fungsi ini kedalamnya, beberapa produsen lain yang membuat model seperti ini adalah LG-KE850, HTC Touch dan juga BlackBerry dengan seri terbarunya BlackBerry Storm, Sony Ericsson XPeria juga memiliki fitur serupa dan tentu ada lusinan produk lain yang memiliki fitur ini. Dengan form factor seperti ini, ponsel terkesan lebih futuristik namun tentu penggunaan ponsel model seperti ini dibutuhkan keapikan tersendiri, kita tentu tidak mau mengotori layar sensitifnya oleh jari kita yang penuh minyak karena kita baru saja memakan bakwan dan pisang goreng.

Dari kesemua form factor diatas, mana yang Anda sukai? Apa alasan Anda menggunakan model tersebut? dan mungkin Anda pernah punya pengalaman menarik atau mengecewakan soal form factor ini?, silahkan kirim cerita anda. :)