Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Tuesday, August 10, 2010

Access Point TP-LINK WR542G + Laptop Acer Aspire 3003NLCi

Beberapa hari lalu salah satu tetangga saya mengalami masalah dengan perangkat Access point (WiFi Router) yang baru saja dia beli. Karena setiap kali dia mencoba menghubungkan laptopnya pada akses point tersebut selalu gagal dan tidak ter-deteksi adanya sinyal WiFi. Padahal pada ponsel Nokia E71 dan BlackBerry 8320 terbaca adanya sinyal WiFi.


Padahal sebelumnya saya pernah berhasil menghubungkan perangkat WiFi router tersebut dengan laptopnya, namun belakangan sering gagal terhubung ke laptop-nya. Adapun WiFi Router yang digunakan adalah TP-LINK TL-WR542G sedangkan Laptopnya adalah Acer Aspire 3003NLCi yang masih menggunakan Broadcom sebagai chipset WiFi dan utility-nya, dan telah mendukung WiFi 802.11 b/g.

Tapi saya merasa yakin bahwa diantara kedua perangkat tersebut tidak ada masalah sama sekali, namun pemiliknya memaksa saya untuk mencobanya dirumah saya. Dan akhirnya saya bawa seperangkat WiFi dan laptop tersebut ke rumah saya.

Saya mencoba untuk menghubungkan kembali perangkat tersebut, dan lagi-lagi BlackBerry 8320 yang saya gunakan bisa mengenali dan terhubung dengan akses point tersebut sedangkan si Acer belum bisa terhubung. Setelah mencari masalahnya beberapa jam akhirnya ketemu juga, bahwa masalahnya berada pada Broadcom Utility yang ada pada laptop tersebut dimana tool ini harus dijadikan program utama yang memanajemen WiFi pada laptop ini dan bukan menggunakan tool bawaan Windows XP seperti biasanya.[]