Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Monday, August 09, 2010

Layanan Blog mana yang kamu gunakan?

Tulisan ini terinspirasi dari banyaknya pertanyaan yang terlontar dari teman, siswa dan rekan-rekan lain yang sering bertanya mengenai layanan blog mana yang saya gunakan.

Jujur saja, saya bukan orang yang menguasai program CMS dan PHP sehingga saya lebih banyak menggunakan layanan blog gratisan ketimbang membuat dengan disain sendiri. Jadi jika ada diantara kamu yang mau tanya soal cara bikin web dan nge-disain web saya pasti gak bisa jawab.

Dari sekian layanan blog gratisan yang tersedia di Internet, ada beberapa layanan blog yang cukup menarik bagi saya. Daftar yang saya buat berikut ini tidak diurutkan berdasarkan kriteria tertentu, jadi ini tidak mengacu pada sebuah rangking apapun.


Blogger.com
Ini mungkin layanan blog yang pertama kali saya miliki sehubungan dengan kepemilikan akun GMail saya. Blogger kini menjadi lebih menarik karena menawarkan fitur baru dengan menghadirkan pilihan disain template dan kemudahan untuk mengirim tulisan melalui e-mail. Blog yang sedang kamu baca sekarang ini dihosting di Blogger.com namun saya telah membuat domain sendiri dengan nama mobile-article.com ketimbang nama rosgani.blogspot.com

WordPress.com
Layanan blog gratisan besutan Matt Mulenweg ini juga memiliki aplikasi CMS yang dapat kita instal pada komputer kita sehingga kita bisa merancang sebuah blog secara offline di komputer lokal kita. Tapi seperti yang saya tulis diawal tulisan ini, saya tidak menggunakan aplikasi CMS pada komputer karena itu saya lebih memilih layanan WordPress secara online. Saat ini mungkin WordPress merupakan blog yang banyak digemari oleh sebagian besar pengguna karena kemudahannya untuk menyisipkan widget dan saat menedir sebuah tulisan. Bagi mereka yang belum punya akun di WordPress, tidak ada salahnya untuk membuat sebuah akun sehingga nanti kamu akan memiliki blog seperti contoh http://rosgani.wordpress.com

Posterous.com
Ini merupakan sebuah blog yang sangat menarik, karena adanya kemudahan untuk memposting tulisan melalui e-mail. Walapun disain dari tampilan blog ini sangat sederhana, namun kemudahannya telah menarik saya untuk memindahkan semua konten dari blog yang sebelumnya saya miliki ke alamat http://rosgani.posterous.com. Untuk memposting foto kita tinggal menuliskan sebuah e-mail dimana subjek kita isi dengan judul artikel dan body e-mail diisi dengan tulisan sedangkan attachment foto bisa disertakan dalam e-mail tersebut. Salah satu blog profesional yang dibuat dengan posterous ini adalah http://www.gajeto.com

BlogDetik.com
Ini adalah layanan blog yang dirilis situs detik.com, saya ikut-ikutan bikin akun disini karena konon banyak artis dan orang terkenal yang bikin akun di blogdetik.com, maksudnya biar saya juga ikutan terkenal dan bisa narsis gitu hehehe, kalo mau lihat coret-coretan saya di blog tersebut bisa masuk ke http://rosgani.blogdetik.com. Walau sebenarny blog ini menggunakan WordPress sebagai base-nya namun cukup menarik untuk bisa eksis di dunia maya dengan embel-bel blogdetik.com

EduBlogs.org
Saya membuat akun di EduBlogs.org ini tadinya untuk menyiapkan konten dari materi pelajaran KKPI untuk siswa Mutimedia, namun kini akun saya di http://rosgani.edublos.org tidak saya urus lagi, namun dalam waktu kedepan mungkin saya akan mengaktifkan kembali untuk menulis di blog ini. Base yang dipakai masih menggunakan WordPress.

CNet Asia
Lho.. Kok CNet Asia?, bukankah itu sebuah portal berita teknologi? Ya, kamu benar, tapi situs yang beralamat di http://asia.cnet.com ini juga menyediakan pembuatan tulisan bagi pengunjungnya dan memberikan sejumlah ruang virtual bagi kita untuk membuat posting tulisan layaknya blog. Sayangnya, saat tulisan ini dibuat fitur-fitur yang menyertai layanan ini bersifat standar namun karena ini layanan gratisan, tidak ada salahnya untuk kita coba.

MyOpera
Pengguna Opera kini semakin bertambah banyak terlebih dengan dirilisnya aplikasi OperaMini sebagai browser alternatif untuk pengguna ponsel. Opera juga menyediakan layanan untuk memposting tulisan melalui MyOpera yang juga bisa digunakan sebagai situs jejaring sosial diantara pemilik aku MyOpera. Lagi-lagi layanan ini masih bersifat sederhana, sehingga kita tidak dapat menemukan fitur lengkap layaknya pada Facebook. Tapi sekali lagi, layanan gratis ini cukup layak untuk dicoba.

Facebook.com
Disadari atau tidak, Facebook sebenarnya memiliki ruang bagi penggunanya untuk nge-bg. Memlalui fasilitas Notes, para pemilik akun Facebook bisa memposting apapun dan segera dapat dibaca oleh teman-teman yang terkait dengan kita di Facebook. Cukup menarik karena kita mungkin akan mendapatkan respon yang bervariasi dari teman-teman kita terhadap tulisan yang kita posting di Notes Facebook.

Jadi, kini sebuah web bisa mengubah Anda menjadi seorang yang bisa lebih dikenal walaupun hanya melalui Blog. Kuncinya, jangan takut mencoba dan jangan berfikir kalao yang membaca blog kita itu selalu lebih pintar dari kita. Sorry... Kata-kata terakhir memang tidak dimaksudkan untuk kamu yang sedang membaca blog ini, namun sekedar untuk memberikan motivasi bagi para calon blogger yang masih merasa ragu untuk memulai nge-blog... So tunggu apa lagi, buat akun blog-mu sekarang juga..!!!

No comments: