Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Wednesday, December 17, 2014

Coba Saingi Amazon, Google Tambahkan Tombol ‘Buy’ di Google Shopping


Toko online atau online shopping telah menjadi sebuah tren yang marak belakangan ini di Indonesia, padahal tren berbalanja online ini telah lama merambah para pengguna Internet di luar sana, sehingga jauh sebelumnya Google pun  telah ikut merilis layanan toko online yang dinamakan Google Shopping.


Sementara itu, toko online Amazon yang pada masa awal kemunculannya dikenal sebagai toko buku online itupun tekah lama menjelma menjadi sebuah toko online yang meraksasa, perusahaan ini memiliki fitur layanan yang bernama Amazon’s 1-Click dimana ini merupakan fitur yang menawarkan kemudahan berbelanja hanya dengan satu kali klik saja. Dan kini, Google telah merilis fitur serupa yang disebut “Buy Now” dimana melalui fitur ini para pengguna hanya membutuhkan sebuah klik saja untuk bisa berbelanja, dengan begitu akan memudahkan konsumen untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan tanpa menghabiskan banyak waktu.
 
Seperti informasi yang kami kutip dari WSJ via AndroidCentral, jika sebelumnya para pengguna Google hanya diberikan tautan referansi ke sebuah toko online dari hasil pencarian Google, dengan layanan baru ini nantinya hasil pencarian akan mengarahkan ke layanan toko online milik Google sendiri, walaupun nanti dalam prakteknya barang yang dibeli oleh pengguna tidak langsung dikirim oleh Google namun setidaknya layanan baru ini akan mengurangi jumlah  berpindahnya pengguna Google ke toko online yang kini menjadi pesaingnya yakni Amazon.

google-shopping-new-format
Dengan hadirnya layanan baru dari Google ini, nantinya setiap hasil pencarian akan merujuk pengguna untuk bisa langsung mengklik tombol “buy” bagi pengguna yang ingin membeli barang yang ditampilkan dari hasil pencarian Google. Dengan infrastruktur pembayaran yang telah dimiliki Google yakni Google Wallet dan layanan pengiriman Google Express, pihak Google mengharapkan bahwa kehadiran tombol Buy ini akan mampu meningkatkan arus pemasukan kas mereka lewat toko oline yang dimilikinya.

Menurut sumber yang sama, kini Google tengah gencar mempromosikan layanan tombol “buy” sebagai fitur baru yang ada pada hasil pencarian mereka, pihak Google juga menjanjikan pengiriman barang secepat yang mereka bisa untuk dapat menyaingi layanan Amazon Prime yang dikenal sebagai layanan antar cepat dari toko online Amazon bagi para pelanggan tetap yang telah mendaftar sebagai anggotanya.

Akankah kehadiran tombol “buy” yang baru saja dirilis Google akan mampu mendongkrak penghasilan mesin pencari raksasa itu? Tentu terlalu awal untuk kita simpulkan mengingat fitur tersebut masih baru dan sebagian pengguna mungkin belum terbiasa dengan kehadiran tombol ini.

Sumber: AndroidCentral | Gambar Header: GadgetsAlert

No comments: