Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Sunday, January 25, 2015

Fitur Apa Saja Yang Ditawarkan Windows 10?



Sejak saya menggunakan Linux, sudah lama saya tidak pernah membahas Windows di blog ini, padahal sudah banyak update yang digulirkan oleh raksasa software yang berbasis di Redmond, California itu. ya setidaknya saya nyaris melewatkan keberadaan Windows 8 dan 8.1 karena dalam beberapa bulan terakhir ini hanya satu tulisan saya yang membahas fitur unggulan di Windows 10 yang ternyata tidak benar-benar baru.


Sebagai pengguna komputer yang sehari-hari menghabiskan lebih dari 8 jam di depan PC, saya tentu berharap bahwa Windows 10 akan memberikan perubahan yang cukup signifikan, terutama dalam menangani virus, malware dan program jahat lainnya. Dan hingga hari ini saya masih memiliki keyakinan bahwa "di dunia ini sebenarnya tidak ada virus komputer, yang ada hanya virus Windows" karena kebanyakan virus komputer menyerang sistem operasi Windows ketimbang platform lain.

Lantas apa saja yang yang ditawarkan oleh Windows 10 ini? Berikut yang saya rangkum dari berbagai sumber:


Kembalinya Tombol Start. -- Pada Windows 8, Microsoft telah dianggap melakukan 'dosa besar' dengan menghilangkan tombol Start yang telah hadir sejak Windows XP digulirkan, sehingga Microsoft akhirnya memutuskan untuk kembali menghadirkan tombol Start pada Windows 10 ini. Menariknya, Windows 10 juga menawarkan opsi dimana pengguna bisa mengatur tampilan dengan mengatur menu Live Tiles yang bisa disembunyikan atau dimunculkan pada saat pengguna menekan tombol Start.


Fitur Cortana -- Kini kita bisa menikmati layanan dari asisten pribadi digital di Windows 10, pengguna bisa mengucapkan pertanyaan dengan bahasa sehari-hari dan mendapatkan jawabanya seperti layaknya sedang bercakap-cakap dengan komputer dalam bahasa verbal. Fitur yang sebelumnya hanya ada di perangkat smrtphone Windows Phone ini telah dihadirkan pada platform PC, sayangnya, saya belum mencoba apakah fitur Cortana juga dapat digunakan secara maksimal di Indonesia, apakah Cortana di Windows 10 juga mendukung bahasa lain selain bahasa Inggris, Bahasa Indonesia misalnya ?.


Aplikasi Dengan Tampilan Windows Metro -- tampilan Windows Metro kembali hadir di Windows 10 dengan beberapa pembaharuan, terutama dari segi tampilan dimana aplikasi akan terbuka dalam bentuk jendela kecil tanpa menutup seluruh layar. Sebelumnya, di Windows 8, tampilan Metro ini banyak dicerca pengguna, namun sepertinya pihak Microsoft telah mendengar keinginan pengguna sehingga kini aplikasi Metro di Windows 10 juga lebih ramah penggunaan tetikus (baca: mouse).



Continuum untuk perangkat Hybrid -- Microsoft telah menghadirkan fitur Continuum pada perangkat komputer yang memiliki fitur layar sentuh atau perangkat tablet, sehingga pengguna bisa mengakses menu Charm Bar yang sebelumnya menu ini ngumpet ketika dijalankan pada perangkat non-layar sentuh. Continuum adalah jembatan antara mode desktop dan mode tablet, penghubung antara keyboard + mouse agar lebih ramah untuk pengguna agar para pengguna perangkat tablet maupun perangkat pc desktop bisa lebih mudah menggunakan Windows 10 ini.



Action Center, notifikasi di Windows 10 -- Microsoft telah menyematkan tampilan notifikasi baru di Windows 10 yang mereka sebut sebagai action center, notifikasi ini akan munculsebagai pop-up yang tidak tumpang tindih untuk menginformasikan semua notifikasi yang muncul untuk pengguna.




Terhubung dengn layanan Xbox -- Para pengguna yang suka bermain game telah diberikan kemudahan dengan hadirnya fitur Xbox App yang akan memberikan feed terbaru seputar informasi dan layanan Xbox One milik Microsoft, tidak hanya menawarkan berita secara searah, layanan Xbox ini juga memugkinkan bagi pengguna Windows 10 untuk bisa beriteraksi satu sama lain bahkan hadir pada event-event Xbox yang diadakan,selain bisa juga saling pamer kemampuan dan skor dari hasil permainan yang ada. Aplikasi ini juga bisa melakukan streaming game Xbox ke perangkat tablet atau PC.



Pengaturan Setting dalam satu tempat -- Di Windows 8, tampilan pengaturan setting tampilan desktop dan Metro berada dalam tempat terpisah, nah di Windows 10, tampilan setting ini berada dalam satu tempat yang sama. Sehingga pengguna tidak harus masuk ke halaman Seting berbeda untuk mengatur semuanya.

 
Tampilan Baru File Explorer -- Windows 10 telah membuat tampilan File Explorer terlihat baru dengan bentuk ikon yang lebih flat, ketika File Explorer dibuka, pengguna akan diarahkan pada tampilan folder yang sering diakses pengguna, walaupun perubahan ini terlihat biasa namun sangat memudahkan bagi pengguna yang sering mengakses file tanpa harus bolak-balik masuk ke drive dan folder.



Hadirnya Virtual Desktop -- Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuka lebihdari satu desktop diman masing-masing desktop tengah membuka aplikasi berbeda, fitur ini dinamakan dengan virtual desktop, fitur yang sudah lama hadir pada Mac OS dan Linux,  untuk beralih ke desktop lainnya di Windows 10, pengguna tinggal menekan tombol Windows + Ctrl + tombol panah kiri atau kanan.

Upgrade Gratis bagi pengguna Windows sebelumnya -- Jika Anda pengguna Windows 7, Windows 8 dan Windows 8.1, Microsoft memberikan uprade gratis ke Windows 10 setelah sistem operasi Windows 10 beredar di pasaran selama satu tahun. Hal ini memberikan keleluasaan bagi pengguna WIndows versi lama karena upgrade diberikan secara cuma-cuma, asal Windows versi sebelumnya itu dibeli secara resmi dan bukan merupakan versi bajakan.

 
Browsing dengan Projet Spartan -- Microsoft 10 hadir dengan browser versi baru yang dibuat dari nol, dimana browser ini disebut sebagai project Spartan, memberikan kecepatan, kemudahan browsing dan memberikan pengalaman baru bagi para pengguna web saat berselancar di Internet. Project Spartan juga kompatibel dengan fitur Cortana ntuk situs-situs tertentu.



Fitur Windows Holographic -- Windows 10 hadir dengan salah satu fitur baru yang disebut sebagai Windows Holographic, fitur ini membutuhkan aksesoris tambahan yang disebut sebagai Microsoft HoloLens. alih-alih membawa pengguna ke alam virtual, HoloLens justru memboyong tampilan maya ke dalam dunia nyata dan bukan sebaliknya, teknologi ini disebut sebagai Augmented Reality (AR). Informasi detail mengenai pernagkat ini bisa dibaca melalui tautan berikut ini.



No comments: