Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Friday, January 23, 2015

Selamat Tinggal Perangkat Android Google Play Edition



Beberapa vendor smartphone Android telah memproduksi perangkat mereka dengan tampilan antarmuka Android-nya sendiri, sebut saja seperti Samsung dengan TouchWiz UI-nya, HTC dengan Sense UI-nya, Xiaomi dengan MIUI-nya dan begitupun dengan beberapa vendor lain yang mengusung antarmukanya masing-masing.

Namun begitu, beberapa diantara vendor tersebut telah juga membuat perangkat smartphone yang dijejali dengan stock Android tanpa tambahan antarmuka bawaannya sehingga yang berjalan pada perangkat tersebut merupakan sistem operasi Android murni, produk-produk tersebut dibubuhi dengan sebutan Google Play Edition (GPE).

Beberapa vendor yang merilis produk smartphone dengan embel-embel GPE ke pasaran diantaranya adalah Sony, Samsung, HTC, Motorola dn juga LG. Namun baru-baru ini perangkat HTC One M8 edisi Google Play tidak lagi dijual mengikuti hal serupa yang dilakukan vendor lain sebelumnya. Beberapa produk lain yang pernah merilis perangkat dengan embel-embel Google Play Edition itu adalah LG G-Pad 8.3, Sony Z Ultra, Samsung Galaxy S4, Motorola Moto G dan HTC One M8


Sementara pihak Samsung sebelumnya dikabarkan tengah bersiap untuk merilis smartphone Samsung Galaxy S5 Google Play Edition namun ternyata perangkat tersebut tidak pernah meluncur ke pasaran, pihak Motorola bahkan telah menghentikan produk Motorola Moto G Google Play Edition karena produk ini sempat membuat bingung konsumen mengingat spesifikasi dari smartphone Moto G versi standar dan versi GPE terlihat sama, sedangkan HTC One M8 Google Play Edition adalah smartphone terakhir yang berada di jajaran produk versi GPE yang kini penjualannya juga telah dihentikan.

Dengan begitu, tidak akan ada lagi produk smartphone dengan label 'Google Play Edition' dan bagi pihak Google sendiri proyek ini telah dianggap cukup sehingga bagi mereka yang menginginkan perangkat dengan stock Android murni tanpa antarmuka tambahan dapat membeli perangkat berlabel Nexus yang dibesut Google.

Sumber dan Gambar Header: AndroidPolice