Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Sunday, March 15, 2015

Berbagi Pengalaman Menggunakan Nexian Journey 1 (AndroidOne)


Don't Judge A Book By It's Cover, mungkin itulah kalimat yang tepat untuk menggambarkan smartphone Nexian Journey 1 ini, setalah beberapa waktu menggunakan smartphone hasil inisiasi Google ini, saya merasa sangat puas, terlebih karena beberapa fitur menarik dan harga yang ditawarkannya.

Smartphone AndroidOne Nexian Journey 1 warna merah yang (saat saya beli) ditawarkan dengan harga jauh dibawah harga Rp.1 juta itu ternyata memiliki banyak kemampuan jika dibanding dengan beberapa smartphone Android yang pernah saya miliki sebelumnya. Salah satu hal yang menarik adalah karena smartphone ini hadir dengan sistem operasi Android 5.1 Lollipop yang diyakini memiliki sejumlah keunggulan dalam memanajemen RAM serta lebih irit dalam penggunaan baterai dan kinerjanya yang stabil. Ternyata benar, walau hanya mengusung RAM 1GB, smartphone ini bisa berjalan tanpa lag, padahal saya memasang beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang yang diyakini banyak memakan RAM seperti; BBM, WhatsApp, Instagram, Facebook, Google Newstand, Google PlayBook, Google Talk, GMail, dan yang lainnya.

Hasil skor di AnTuTu Benchmark memang tidak terlalu tinggi (hanya mendapatkan skor 19ribu lebih sedikit, sorry saya lupa tidak mengcapturenya), namun secara umum kinerjanya boleh dibilang gegas, game Asphalt 8 dapat dimainkan tanpa tersendat bahkan tampilan grafisnya lebih dari cukup untuk sebuah smartphone berharga kurang dari 1 juta-an, padahal kecepatan prosesor quad-core-nya boleh dibilang masih rata-rata yang hanya bisa berlari hingga 1,2GHz clock-speed saja. Kendati baterainya memiliki kapasitas 1700 mAh, saya tidak merasa harus selalu memasangkan smartphone ini ke powerbank atau charger karena ternyata dengan kapasitas baterai sebesar itu, ia bisa memenuhi kebutuhan aktifitas saya selama lebih dari 12 jam.

Fungsi Android Camera yang menjadi aplikasi kamera bawaan pada smartphone ini telah memberikan keasyikan baru tersendiri buat saya, melalui fitur Photosphere dan Panorama sehingga saya bisa membuat foto 360 derajat dan foto panorama yang bisa dilihat dengan fitur gyroscopic sehingga memberikan pengalaman baru saat melihat foto panorama dan Photosphere di Android One Ini. Fitur ini juga selalu saya jadikan andalan ketika memperlihatkan demo smartphone ini pada rekan-rekan.
Silahkan klik untuk melihat contoh hasil kamera menggunakan Photosphere
Contoh hasil kamera menggunakan Panorama

Walaupun memiliki sejumlah keunggulan, bukan berarti smartphone ini tidak memiliki kekurangan, salah satu kekurangan yang cukup berarti buat saya hanyalah pada kecepatan kamera, ada jeda sekitar kurang lebih 2 detik saat saya menekan shutter hingga objek berhasil diambil,  walau begitu hasil kamera belakang ataupun depan cukup bagus. saya berharap, ppihak Google akan memberikan perbaikan ini pada update Android berikutnya, karena smartphone ini akan mendapat update langsung dari Google selama dua tahun kedepan.

Nexian Journey 1 ditawarkan dengan sejumlah bonus yang menyertainya, beberapa diantaranya adalah screen cover, SD Card 8GB, kartu perdana Telkomsel paket TAU, dan sejumlah kupon voucher belanja dari Tokopedia, Traveloka dan kode voucher yang dikirim melalui email langsung dari toko online tempat saya membeli smartphone ini yang bisa digunakan untuk memotong pembayaran sebanyak Rp.100 ribu jika kita berbelanja kembali di toko online tersebut minimal sejumlah Rp.500ribu. Menarik bukan?

*) Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.