Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Saturday, January 31, 2009

Fitur Offline pada GMail


GMail memang tidak pernah mati ide untuk terus berinovasi, baru-baru ini para ahli program di Gmail telah menambahkan fitur baru di jajaran aplikasi GMail Labs, yakni fungsi Offline Mode sehingga para pengguna Gmail bisa mengakses, membaca dan menulis surat walau kita sedang tidak terkoneksi ke Internet.

Sejak awal-awal kemunculan web-based mail (e-mail berbasis web, bisa diakses hanya dengan menggunakan browser) banyak orang membandingkannya dengan POP3 e-mail yang bisa diakses dengan aplikasi e-mail client (program khusus pembaca e-mail), banyak orang yang membandingkan diantara kedua jenis email ini, salah satu kekurangan web-based mail adalah adanya keharusan kita untuk selalu tetap terhubung dengan Internet sehingga proses menulis dan membaca e-mail hanya bisa dilakukan jika komputer kita terhubung dengan Internet dan ini artinya ada pemborosan pulsa jika kita melakukan akses dengan model time-based dimana biaya akan dihitung berdasarkan durasi kita mengakses Internet. Berbeda halnya dengan POP3 e-mail, dimana kegiatan membaca dan menulis e-mail dapat dilakukan secara offline (tanpa terhubung ke Internet).

Dengan adanya fitur offline pada Gmail, kita dapat mengakses GMail yang berbasis web ini dalam keadaan offline (tanpa terhubung ke Internet), dan ini merupakan sebuah nuansa baru bagi pengguna GMail berbasis web, walau sebenarnya sejak kemunculannya Gmail sudah mendukung fitur POP3. Saya sendiri lebih sering mengakses Gmail dari aplikasi Mozilla Thunderbird portable, namun iseng-iseng saya mencoba mengaktifkan fitur ini dan ternyata proses mengakses inbox di web terasa lebih cepat, mungkin karena sebagian email sudah di sinkronisasi kedalam komputer kita.

Karena saya menggunakan akses GPRS, proses instalasi GMail offline terasa agak lambat, terlebih karena Gmail mengharuskan kita memasang aplikasi Google Gear, sebuah aplikasi kecil yang nantinya akan menghubungkan data email di inbox Gmail dengan komputer kita. lalu Gmail akan memberikan pilihan apakah kita akan menyimpan shortcut di Desktop, Taskbar atau Launchbar, saya sendiri memilih opsi agar icon tersebut disimpan di taskbar, dan sesaat di taskbar saya muncul ikon logo Gmail amplop berwarna merah (mirip ikon Gmail amplop merah pada BlackBerry).

Hingga Saat ini fitur Gmail Offline masih dalam pengembangan, namun dipastikan di waktu yang tidak lama lagi fitur ini akan banyak diminati seiring dengan perbaikan dan penyempurnaan dari pihak Gmail Labs, kita tunggu saja...

No comments: