Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Tuesday, November 22, 2011

Apa sih kelebihan BlackBerry OS 7 ?


Belakangan kita semua tahu bahwa RIM telah meluncurkan smartphone BlackBerry Bold 9900 dan 9930 dan yang barusaja diumumkan adalah keberadaan BlackBerry Bold 9790 dan BlackBerry Curve 9380, semua perangkat tersebut telah mengadopsi sistem operasi terbaru yakni BlackBerry OS 7.

Mungkin sebagian dari kita ada yang bertanya-tanya memangnya apa sih kelebihan OS tersebut dibanding OS versi sebelumnya?. Pertanyaan itu juga menyeruak dibanyak kalangan dan untuk itu saya mencoba untuk mendapatkan jawabannya.

Dari apa yang saya temukan pada perangkat BlackBerry dengan OS 7 adalah bahwa RIM telah menjejalkan fitur pencarian universal yang sebenarnya ini bukanlah hal baru, karena pada BlackBerry OS 6 RIM telah memasukkan fitur ini, namun yang menjadi menarik adalah bahwa fitur pencarian ini telah diintegrasikan dengan fitur pencarian dengan menggunakan suara atau yang dikenal dengan sitilah Voice Activated Universal Search, namun kami menemukan bahwa fitur ini belum sebaik yang dimiliki oleh Android.

Selain itu saya juga menemukan bahwa ada peningkatan kecepatan yang lebih baik untuk browser dimana akselerasi akses Internet bisa mencapai hingga 3 kali lebih cepat dari browser yang dimiliki oleh OS 6. Pengalaman browser juga telah disempurnakan sejak RIM merilis BlackBerry OS 6 sehingga membuka browser di BlackBerry tidak lagi "kaku" seperti pada ponsel-ponsel jaman dulu karena versi ini juga telah mendukung format HTML 5, selain itu fitur tab juga telah disertakan sejak RIM merilis browser pada BlackBerry OS 6.

Untuk fitur Video, BlackBerry OS 7 telah mendukung perekaman video dengan format High Definition 720p dimana secara teori gambar akan ditampilkan lebih jernih dan tajam, ini sangat menarik bagi para pengguna yang ingin merekam video dari perangkat BlackBerry untuk selanjutnya disimpan di komputer atau situs jejaring sosial ataupun YouTube.

Apa yang menarik bagi saya secara pribadi ketika melihat OS 7 adalah keberadaan aplikasi Wikitude yang merupakan penggunaan dari teknologi Augment Reality(AR), dengan fitur ini kita bisa terhubung dengan teman-teman baru yang juga terhubung ke jaringan yang sama seperti BBM, situs jejaring sosial (seperti facebook dan Twitter) serta kanal-kanal sosial lainnya. Saat ini adala lebih dari 1600 point of interest yang ada pada aplikasi ini dan itu akan terus ditambahkan.

Satu kelebihan BlackBerry OS 7 yang belum bisa saya gunakan adalah fitur NFC (Near Field Communication), setidaknya untuk saat ini di Indonesia saya belum menemukan aplikasi yang dapat memanfaatkan fitur ini.

Pada perangkat BlackBerry OS 7, saya juga menemukan adanya aplikasi Document ToGo yang telah tersedia dalam versi penuh (Premium), sehingga pengguna bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat dan mengedit dokumen seperti Word, Excel dan PowerPoint. Sebagai tambahan informasi, aplikasi ini juga hadir pada perangkat BlackBerry PlayBook yang menggunakan sistem operasi QNX, aplikasi ini hadir karena sebelumnya RIM telah membeli perusahaan DataViz sebagai pembuat aplikasi Documents ToGo sehinga kini para pengguna perangkat BlackBerry tidak harus membeli aplikasi ini secara terpisah.

BlackBerry OS 7 telah mendukung fitur Liquid Grafis, ini adalah fitur dimana gambar akan ditampilkan lebih jernih dan layar lebih ramah sentuhan jari, kita juga dapat menggunakan dua jari untuk memperbesar dan memperkecil gambar seperti halnya pada perangkat Android dan iOS, tampilan animasi gambar juga terlihat lebih halus dan lancar ketika menampilkan album gambar yang tersimpan pada media storage yang ada.

Dari semua kelebihan diatas, bukan berarti BlackBerry OS 7 tidak ada kekurangan, "tidak ada gading yang tak retak" mungkin adalah sebuah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan BlackBerry OS yang memang tidak sepenuhnya sempurna, dari temua saya selama kami menggunakan BlackBerry OS 7 adalah bahwa baterai terasa lebih boros, untuk sementara saya melihat bahwa hal ini mungkin karena BlackBerry OS 7 mengharuskan prosesor dengan kecepatan lebih tingggi, pada perangkat yang saya gunakan (BlackBerry Bold 9790 Bellagio) prosesor yang digunakan memiliki kecepatan 1 GHz itu artinya bahwa system akan me-request penggunaan sumber daya yang lebih memadai untuk melakukan proses komputasi pada perangkat tersebut.

Mungkin inilah sekilas temuan saya dari apa yang didapat dari BlackBerry OS 7, jika anda memiliki masukan atau tambahan informasi, silahkan untuk memberitahukan kepada saya.

No comments: