Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Thursday, November 10, 2011

Keberadaan iOS dan Android ancam bisnis game konsol ?


Kita semua tahu bahwa teknologi ponsel saat ini telah begitu menggurita, tidak hanya memindahkan akses Internet dalam genggaman tapi saat ini sejumlah permainan (game) telah disematkan pada perangkat ponsel terutama ponsel dengan sistem operasi iOS dan Android.

Tampilan game pada iOS dan Android telah begitu menarik dengan adanya dukungan GPU yang mendukung tampilan garfis yang cantik menyerupai game konsol konvensional. Jelas bahwa pengguna saat ini lebih memiliki perangkat iOS dan Android karena selain mereka bisa memiliki konsol game portabel, mereka juga memiliki ponsel dan akses Internet di dalamnya, bandingkan dengan game konsol portable yang memiliki fungsi hanya sebagai konsol game.

Berdasarkan laporan yang baru-baru ini dilansir analis Flurry, baik iOS maupun Android ternyata telah menguasai pangsa pasar game dengan pendapatan 58% pada tahun 2011, dimana sebelumnya tepatnya pada dua tahun yang lalu pasar ini masih dikuasai oleh Nintendo dengan perolehan pangsa pasar 70%. Saat ini Nintendo memiliki 36% pangsa pasar sedangkan Sony hanya memperoleh 6% saja.

Di masa yang akan datang, perangkat iOS dan Android akan lebih menguasai pasar ini, terlebih ketika komponen chipset Tegra 3 telah diumumkan, komponen ini merupakan prosesor pendukung tampilan grafis yang rencananya akan disematkan pada perangkat Android mendatang.

Beberapa waktu lalu, Nintendo boleh bangga dengan keberadaan konsol game portable Nintendo DS, sementara Sony PlayStation Vita (sebuah konsol game portable baru yang akan dirilis SOny) sepertinya agak terlambat hadir karena nantinya semua mata akan tertuju pada peragkat iOS dan Android yang akan menjadikan konsol game portabel terlihat usang, bagaimana menurut Anda?

No comments: