Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Wednesday, August 19, 2009

Mengenal Teknologi USB


Beberapa hari belakangan ini saya mendapati pertanyaan dari salah seorang teman saya yang menanyakan "Apakah USB Wireless sama dengan USB 3.0 ?". Sejujurnya saya sendiri saat itu belum memahami secara utuh mengenai teknologi USB wireless, sementara untuk USB 3.0 merupakan teknologi baru dari sistem USB yang sebelumnya ada, dimana dengan USB 3.0 kita dapat mentransfer data lebih cepat dibanding dengan USB 1.0 dan USB 2.0

Untuk USB Wireless itu sendiri merupakan penghubung tanpa kabel seperti jalur Bluetooth atau inframerah, dengan USB wireless ini kita dapat mengirimkan data ke perangkat lain secara nirkabel selama perangkat lawan memiliki koneksi yang sama dan terjangkau oleh perangkat kita.

Kecepatan pengiriman data melalui jalur Bluetooth ini bisa mencapai hingga 480 megabit per second, dimana kecepatan itu juga dipengaruhi oleh jarak antar perankat yang digunakan, kebanyakan Bluetooth memiliki kemampuan komunikasi nirkabel hingga 10 meter, semakin dekat jarak perangkat tersebut 'berkomunikasi' maka semakin cepat juga proses pengiriman data, dan sebaliknya semakin jauh perangkat tersebut disimpan maka semakin lambat pula data tersebut ditransfer.

Saat ini beberapa produsen komputer telah menjejalkan fitur USB wireless ini pada produknya, sebut saja seperti Lenovo yang telah mejejalkan fitur ini pada jajaran laptop seri Thinkpad-nya. Lalu Kensington juga telah memproduksi perangkat USB docking station nirkabel sejak satu tahun lalu, bahkan pada perhelatan Consumer Electronic Show pada bulan januari 2009 lalu, terdapat lebih dari 100 perangkat yang dipamerkan yang memiliki fitur USB wireless ini.

Sementara itu USB 3.0 merupakan standar USB terbaru yang akan dirilis tahun depan, karena itu hingga saat ini USB 3.0 belum di produksi secara massal. Dengan kemampuan transfer data hingga 4.8 gigabit per second, USB 3.0 jauh lebih cepat dibanding USB 1.0 dan 2.0 karena itu USB 3.0 memiliki sebutan SuperSpeed USB. Walaupun begitu, USB 3.0 memiliki slot yang sama dengan USB 1.0 dan 2.0.

Informasi detail mengenai produk ini bisa kita temukan pada situs http://www.everythingusb.com/superspeed-usb.html di situs ini pula terdapat daftar pertanyaan yang sering ditanyakan (F.A.Q) seputar USB 3.0 ini. [Q]

No comments: