Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Tuesday, August 18, 2009

Perlukah kita menggunakan aplikasi GPS pada iPhone?


Seperti yang kita ketahui baru-baru ini koleksi aplikasi pada halaman App Store milik Apple telah bertambah dengan adanya aplikasi GPS yang dibuat oleh TomTom Navigator, salah satu perusahaan pembuat aplikasi GPS dan kini aplikasi GPS tersebut telah ada untuk perangkat Apple iPhone.

Dengan aplikasi ini, perangkat iPhone bisa disulap menjadi perangkat GPS (Global Positioning System) sehingga dapat menunjukkan arah dan memberitahukan posisi dimana kita berada layaknya sebuah GPS. Namun perlukah kita menggunakan aplikasi tersebut dalam iPhone kita?.

Keberadaan perangkat konverjensi memang sangat memudahkan kita, dimana kita hanya tinggal membawa satu perangkat saja ketimbang membawa berabagi alat, dalam hal ini adalah sebuah GPS. Dengan Aplikasi TomTom Navigator pada iPhone kitatentu tidak direpotkan untuk membawa ponsel dan GPS secara terpisah, namun perlu kita perhatikan juga bahwa aplikasi Tomtom Navigator ini berharga US$ 100, jika kita akan menggunakan iPhone sebagai perangkat GPS pada kendaraan kita, kita memerlukan paling tidak tiga perangkat tambahan, diantaranya; dudukan (mounting) untuk menahan iPhone, charger tambahan dan antena external.

Dudukan (mounting) berfungsi untuk menyimpan ponsel kita di atas dashboard mobil, sehingga dengan adanya mounting ini, kita lebih mudah untuk melihat layar iPhone. Saat ini ada berbagai macam type dan merek mounting untuk iPhone, namun hingga sa'at ini harga termurah masih diatas Rp. 500 ribu.

Car charger(charger mobil), dengan memfungsikan iPhone sebagai alat GPS, ini akan lebih menguras baterai dan kita memerlukan charger mobile untuk iPhone kita, harga termurah untuk perangkat ini adalah Rp. 150 ribu, untuk lebih hemat kita bisa menggantinya dengan adapter yang bisa menjadi sambungan untuk charger bawaan iPhone ke pematik rokok elektronik dalam mobil. Adapter ini seharusnya bisa berharga lebih murah dari harga charger mobil itu sendiri.

Antena eksternal, ini berfugsi untuk memperkuat sinyal GPS agar iPhone dapat menerima sinyal GPS lebih kuat untuk menjaga akurasi dari satelit GPS terhadap iPhone kita, saat ini harga antena GPS eksternal termurah berkisar antara Rp. 200ribu-an lebih.

Ada satu hal yang harus kita ingat, bahwa aplikasi Tomtom Navigator pada iPhone masih memerlukan software peta tambahan yang harus kita pasang, harga peta ini bervariasai menurut lokasi dan negara yang bersangkutan, untuk peta Jawa-Bali saja memiliki harga Rp 750 ribu. Belum peta untuk kota atau negara lain, jika memang kita membutuhkan peta lain dalam iPhone kita.

Selain itu, kita harus harus menerima kenyataan bahwa iPhone adalah sebuah ponsel sebagai alat komunikasi kita baik suara maupun SMS, jadi bersiap-siaplah terganggu dengan panggilan telepon, SMS atau e-mail yang masuk ketika kita sedang menjadikannya sebagai perangkat GPS, dan itu berarti akan terjadi interupsi ketika iPhone sedang kita gunakan sebagai GPS.

Tentu akan lebih mudah rasanya jika kita menggunakan perangkat GPS secara mandiri, dengan harga kurang dari Rp. 2 juta-an kita sudah mendapati satu paket GPS Garmin Nuvi yang siap digunakan lengkap dengan mount, antena eksternal dan peta. GPS ini bahkan memiliki fitur voice guidance (pesan penujuk arah berupa suara) yang lebih memudahkan kita disaat kita menyetir, sehingga padangan kita tidak harus lepas dari jalanan. Terlebih ketika beberapa negara bagian Amerika saat ini melarang penggunaan ponsel saat menyetir mobil, rasanya GPS yang 'benar-benar GPS' adalah solusi yang murah dan cerdas ketimbang menggunakan iphone sebagai perangkat GPS. [Q]

Catatan:
Tulisan ini merupakan opini penulis, penulis tidak memiliki hubungan apapun dengan TomTom Navigator, iPhone dan Garmin GPS. Jika ada diantara pembaca yang tidak setuju dengan tulisan ini atau memiliki solusi lain mengenai penggunaan GPS pada iPhone atau perangkat bergerak, silahkan kirimkan komentar Anda.

No comments: