Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Thursday, June 11, 2009

Nokia N97, kini hadir di Indonesia

Apa sih keunggulan Nokia N97?, salah satu tamu undangan yang menghadiri acara peluncuran Nokia N97 di Jakarta pada Selasa 9 Juni lalu bertanya kepada salah seorang pejabat Nokia Indonesia yang malam itu hadir mempresentasikan Nokia N97.

Diwakili oleh Pak Trisnawan Tjipto selaku Marketing Manager Nokia Indonesia, menjawab pertanyaan dari salah seorang penanya tadi. "Nokia N97 memiliki form-factor yang unik, dimana ponsel ini memiliki kemampuan layar sentuh dan juga sliding QWERTY keyboard, dengan layar yang bisa di tilt hingga kemiringan 35 derajat, sehingga pada saat dibuka, ponsel ini lebih mirip sebuah laptop", ujarnya.

Tidak hanya itu, nokia N97 merupakan ponsel pertama dari Nokia yang menawarkan layar utama yang dapat disesuaikan dan diatur dengan selera penggunanya melalui widgets, yakni sebuah aplikasi kecil yang tampil pada layar utama dan bisa langsung menampilkan informasi berita, situs jejaring sosial, forex, informasi cuaca dan pesan notifikasi serta shortcut pada aplikasi lainnya, sehingga penggunanya bisa dapat mengetahui semua informasi tersebut tanpa harus membuka aplikasi dan bahkan tanpa harus menekan tombol apapun.

Pada sebagian produk Nokia, termasuk juga pada Nokia N97 ini, system Auto-update juga sudah terintegrasi sehingga jika ada upgrade atau perbaikan patch dari Nokia, maka pesan notifikasi akan dikirim kepada penggunanya dan kita tinggal menentukan apakah kita ingin melakukan update atau tidak, auto-update itu bukan hanya untuk sistem operasi namun juga mencakup kepada semua aplikasi layanan yang diberikan oleh Nokia, seperti konten informasi yang disesuaikan dengan regional tiap negara dan juga Nokia Map. Terlebih ketika N97 ini memiliki aplikasi yang bernama Ovi Store.

Ovi Store adalah sebuah one-stop shopping bagi para pengguna Nokia untuk dapat membeli aplikasi, games, podcast, video, aplikasi produktifitas, dan layanan berbasis web lainnya sehingga para pengguna Nokia bisa mendapatkan kebutuhannya secara langsung dalam sebuah tempat yang bernama Ovi Store ini, jangan keburu skeptis dengan kalimat "Store", dalam aplikasi Ovi Store banyak juga aplikasi yang siap didownload secara gratis. Ovi Store merupakan aplikasi yang terus berkembang karena didalamnya sudah tergabung ribuan pengembang aplikasi dan penyedia konten yang mendistribusikan produknya.

Ponsel Nokia N97 ini didedikasikan bagi siapa saja yang membutuhkan perangkat konverjensi yang handal, karena sudah dijejali dengan 48 GB memory dimana 32 GB memory sudah tertanam secara on-board dan 16 GB bisa ditambahkan pada slot memory eksternalnya, memory sebesar itu bisa menyimpan ratusan koleksi lagu dan video serta file-file dokumen penting yang siap kita bawa kemanapun.

Dilengkapi juga dengan kamera 5 Mega piksel dengan lensa Carl Zeiss Tessar yang bisa menghasilkan foto berukuran maksimal 2584 x 1938 piksel dengan 16.7 juta warna atau setara dengan 24-bit warna, selain itu kamera ini dapat menangkap video dengan format MPEG-4 30 frame persecond berukuran 640 X 480.

Untuk konektifitas, Nokia N97 memiliki akses Internet yang bisa terkait dengan jaringan HSDPA berkecapatan tinggi, koneksi Wi-Fi, Bluetooth dan juga sudah dijejali dengan GPS (global positionong system), selain itu pada paket penjualannya sudah disertakan kabel TV VGA-Out karena N97 ini memiliki kemampuan untuk menapilkan tampilan ke layar televisi yang lebih besar. Pada kesempatanitu saya sempat mencoba browsing dengan N97, proses rendering untuk web blog yang saya miliki terbilang cukup cepat dan browsernya mendukung script yang dibuat untuk menapilkan LiveBlogging yang sedang saya lakukan saat itu, sehingga browser standarnya bisa menampilkan update-an terbaru dari setiap tulisan yang saya buat selama Live Blogging layaknya tampilan pada PC desktop.

Berikut adalah spesifikasi lengkap dari Nokia N97 :

GENERAL
2G Network : GSM 850 / 900 / 1800 / 1900

3G Network : HSDPA 900 / 1900 / 2100

HSDPA 850 / 1900 / 2100 - American version

SIZE
Dimensions : 117.2 x 55.3 x 15.9 mm, 88 cc

Weight : 150 g

DISPLAY
Type : TFT resistive touchscreen, 16M colors

Size : 360 x 640 pixels, 3.5 inches

- Proximity sensor for auto turn-off
- Accelerometer sensor for auto-rotate
- Full QWERTY keyboard
- Handwriting recognition

SOUND
Alert types : Vibration; MP3 ringtones

Speakerphone : Yes, with stereo speakers
- 3.5 mm audio jack

MEMORY
Phonebook : Practically unlimited entries and fields, Photocall

Call records
Detailed, max 30 days

Internal : 32 GB storage, 128 MB RAM

Card slot : microSD (TransFlash), up to 16GB

DATA
GPRS : Class 32
HSCSD : Yes
EDGE : Class 32
3G : HSDPA, 3.6 Mbps

WLAN : Wi-Fi 802.11 b/g, UPnP technology

Bluetooth : Yes, v2.0 with A2DP

Infrared port : No

USB : Yes, v2.0 microUSB

CAMERA
Primary : 5 MP, 2592x1944 pixels, Carl Zeiss optics, autofocus, LED flash, video light

Video : Yes, VGA@30fps

Secondary : Yes, VGA@15fps

FEATURES
OS : Symbian OS v9.4, Series 60 rel. 5

CPU : ARM 11 434 MHz processor

Messaging : SMS, MMS, Email, Push Email, IM

Browser : WAP 2.0/xHTML, HTML, RSS feeds

Radio : Stereo FM radio with RDS, Visual radio; FM transmitter

Games : Yes + downloadable

Colors : White, Brown

GPS : Yes, with A-GPS support; Nokia Maps

Java : Yes, MIDP 2.1

- Digital compass
- MP3/WMA/WAV/eAAC+/MP4/M4V player
- MPEG4/WMV/3gp/Flash video player
- TV-out
- Voice command/dial
- Pocket Office (Word, Excel, PowerPoint, PDF viewer)
- Video and photo editor
- Flash Lite 3
- T9

BATTERY : Standard battery, Li-Ion 1500 mAh (BP-4L)
Stand-by : Up to 432 h (2G) / 408 h (3G)
Talk time : Up to 9 h 30 min (2G) / Up to 6 h (3G)
Music play : Up to 40 h

No comments: