Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Monday, June 08, 2009

Palm Pre: SmartPhone terbaru dari Palm

Palm Inc. kembali memproduksi smartphone terbarunya, kali ini dijejali dengan sistem operasi yang sama sekali baru yakni Palm WebOS, sistem operasi ini merupakan revolusi dari sistem operasi Palm OS yang sudah lama vacum sejak divisi perusahaan asal California ini memutuskan untuk menggunakan sistem operasi Windows Mobile pada September 2005 lalu.

Produk smartphone baru ini dinamai Palm Pre dan mulai diperkenalkan kepada publik pada perhelatan Consumer Electronic Show (CES) pada Januari 2009 lalu di Amerika, pada acara itu Palm Pre dipresentasikan langsung oleh Jon Rubinstein, orang yang mengepalai pembuatan Palm Pre ini, namun Palm Pre ini secara resmi mulai dipasarkan pada bulan Juni 2009.

Disain dan System
Disain body Palm Pre diproduksi oleh perusahaan asal Taiwan HTC, karena itu jika dilihat secara sepintas smartphone ini memiliki bentuk muka yang hampir mirip dengan HTC Touch. Memiliki kibor QWERTY yang disembunyikan dengan cara digeser (slider). Namun kemampuan touch-screennya cukup memukau para pengunjung CES yang menghadiri acara presentasi tersebut.

Pada produk ini, Palm benar-benar mengubah kesan kaku dan menjadikan Palm Pre terlihat jauh lebih elegan ditambah dengan sentuhan teknologi Touch Screen membuat Palm Pre benar-benar menjadi sebuah perangkat multimedia yang futuristik. Terlebih dengan dijejalkannya sistem operasi baru yang bernama Palm WebOS sepertinya Palm ingin kembali merebut hati para pengguna perangkat mobile dengan antar muka yang lebih menggoda. Bodynya terbuat dari plastik mengkilat dengan sudut-sudut yang dibuat bundar.

Bagian depan permukaan Palm Pre dibuat minimalis, berbeda dengan produk Palm sebelumnya yang selalu menyertakan tombol navigasi dan shortcut untuk aplikasi tertentu, pada Pre dibagian depan hanya terdapat satu tombol, hal ini karena Pre dioperasikan dengan menggunakan sentuhan jari. Pada bagian bawah layar terdapat bar notifikasi. Pesan pendek, catatan appointment akan tampil di sini sebagai informasi kilas, supaya kita tidak perlu masuk ke menu appointment dan tetap tidak terganggu ketika sedang mengakses aplikasi lainnya.

Di bagian kanan bawah layar terdapat permukaan yang di sebut Gesture Area ini merupakan fungsi untuk melakukan navigasi secara intuitif melalui sentuhan. Layar Pre sendiri memiliki ukuran 3.1 inchi dengan resolusi 320X480 piksel, sebuah ukuran layar yang cukup besar bagi dibanding dengan ukuran layar produk smartphone Palm sebelumnya.

Bagian belakang dari Palm Pre terdapat camera dengan resolusi 3 Megapixel yang mampu menangkap foto atau gambar bergerak, disamping kanan lensa kamera juga terdapat lubang speaker untuk mengeluarkan suara ringtone atau speakerphone.

Diotaki dengan prosesor TI OMAP merupakan prosesor buatan Texas Istrument yang sudah lama malang melintang di duniaperangkat mobile, OMAP sendiri merupakan kependekan dari Open Multimedia Application Platform yang memang prosesor ini didedikasikan untuk perangkat multimedia yang hemat daya, namun memiliki dukungan terhadap kegiatan konektifitas seperti bluetooth dan koneksi Internet.

Fitur
Dijejali dengan sistem operasi yang benar-benar baru yakni Palm WebOS yang berbasis Linux, setelah sebelumnya Palm tidak mengembangkan sistem operasi Palm OS Garnet yang seakan terhenti di tengah jalan, kini Palm muncul dengan WebOS yang didisain untuk penggunaan antar muka layar sentuh serta aplikasi PIM (Personal Information Manager) khas Palm, namun Palm megklaim bahwa pada sistem operasi terbaruniya ini menggunakan teknologi yang biasa ditemukan pada dunia web seperti XHTML, JavaScript dan CSS.

Dengan adanya Palm WebOS ini, Palm mencoba meghadirkan nuansa baru dalam berkomputasi yakni Cloud Computing sebuah konsep berkomputer dengan mengandalkan Internet sehingga kita tidak harus melulu menyimpan semua data penting ke komputer, nantinya komputer hanyalah sekedar akses dan data sebenarnya berada di Internet. Beberapa tahun mendatang kita tak akan lagi membutuhkan komputer atau laptop untuk menyimpan data, karena semua data akan berada di "awan" dan bisa diakses kapan saja, di mana saja, tanpa kita memiliki sebuah komputer pribadi sekalipun.

Yang paling menarik adalah sinergi yang ditawarkan Palm Pre. Jika kita biasanya memiliki beberapa daftar kontak, buku alamat, dan jadwal pertemuan yang tersebar di media atau situs yang berbeda, inilah jawaban Pre. Ia mengintegrasikan beberapa akun seperti Exchange Active Sync, Gmail dan Google Calendar dalam satu tampilan.

Jadi jika anda memiliki akun di Outlook, Google dan Facebook, tidak perlu lagi membukanya satu per satu untuk melihat jadwal, email atau kontak, karena Pre menyediakan satu akses dan menampilkan semuanya di satu layar dalam format urutan yang padu.

Kelebihan lain dari Palm Pre ini adalah adanya fungsi GPS (Global Positioning Systems), Microsoft Dricet Push Mail, juga mendukung terhadap POP3 dan IMAP seperti yang dimiliki Gmail, AOL dan Yahoo serta fitur yang selama ini dirindukan oleh para pengguna Palm yakni kemampuan untuk mengakses WiFi (Wireless Fidelity) 802.11 b/g dengan sekuriti WPA, WPA2. Palm Pre juga memiliki kemampuan untuk dijadikan sebagai media penyimpan data melalui kabel USB, karena secara defacto Palm Pre memiliki RAM sebesar 8 GB dimana 7,4GB memorynya dapat dipakai untuk menyimpan data dan memasang aplikasi kedalamnya.

Hal menarik lain dari Pal Pre ini adalah chargernya yang memiliki disain dan teknologi berbeda dari charger Palm sebelumnya, dengan teknologi yang disebut wireless charger, perangkat Palm Pre tidak harus bersentuhan langsung dengan kabel penghubung yang biasa kita temukan antara adaptor dan perangkat smartphone Palm Pre, namun cukup ditempelkan saja dengan alat pengisi baterai yang disebut dengan Touchstone.

Fungsi Telepon
Palm Pre merupakan SmartPhone (telepon pintar) versi terbaru yang dibuat oleh Palm, karena itu Pre memiliki semua fitur yang dimiliki oleh perangkat SmartPhone pada umumnya, seperti Telepon, SMS, MMS dan Instant Messaging. Pre berjalan pada jaringan CDMA dengan teknologi EV-DO Rev. A sehingga akses data lebih cepat dan stabil.

Konsep sinergi yang paling menyenangkan penggunanya adalah yang dipasang di messaging. Semua rekaman percakapan dengan satu orang dikumpulkan di satu tampilan chat. Hal ini lebih memudahkan bagi mereka yang sering melakukan percapakan penting melalui messaging dan ingin melihat kembali dilain waktu.

Berikut adalah spesifikasi dan fitur yang dimiliki Palm Pre :
  • High-speed wireless (EV-DO Rev. A or HSDPA, tergantung versi)
  • 802.11b / g WiFi
  • GPS terintegrasi
  • 3.1-inchi 24-bit color 480 x 320 display
  • Dedicated gesture area di bagian bawah layar
  • Slide-out portrait kibor QWERTY
  • Dukungan terhadap Exchange Email sertaPOP dan IMAP
  • Istant Messaging, MMS, dan SMS messaging
  • Browser
  • 3-megapixel camera dengan LED flash dan "extended depth of field"
  • 3.5mm port jack untuk headphone
  • Bluetooth 2.1 + EDR dengan dukungan A2DP
  • 8GB Memory Internal
  • Mode penyimpanan data melalui USB
  • Koneksi MicroUSB dengan USB 2.0
  • Proximity sensor untuk mendeteksi ponsel jika didekatkan dengan wajahkita
  • Sensor cahaya yang bisa mengatur kecerahan layar secara otomatis
  • Memiliki tombol fungsi untuk mematikan ringtone (Mute)
  • Baterai rechargeable yang dapat di ganti.
  • 59.57 x 100.53 x 16.95mm (ditutup)
  • Berat 4.76 ons.
Dengan kemunculan Palm Pre, diharapkan dapat mengobati kerinduan para pengguna fanatik Palm yang sebelumnya vacum mengingat sejak kemunculan OS Garnet, Palm tidak melanjutkan lagi proyek sistem operasi tersebut dan malah bekerja sama dengan Microsoft untuk berkolaborasi membuat Palm Treo dengan sistem operasi Windows Mobile.[Q]

No comments: