Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Sunday, October 05, 2014

Beberapa fitur unggulan di Windows 10 tidak benar-benar baru


Setelah saya membaca artikel di CNet.com yang berjudul Get a closer look at the Windows 10 Technical Preview (pictures), saya melihat bahwa fitur unggulan di Windows 10 bukanlah fitur yang benar-benar baru, dari fitur-fitur tersebut saya justru melihat bahwa beberapa fitur tersebut serupa dengan fitur yan ada pada platform lain, seperti Linux dan Mac OS X.

Mari kita lihat fitur apa saja yang ada pada Windows 10 yang disinyalir memiliki kemiripan atau bahkan sama dengan fitur yang telah ada pada platform lain.



Tombol Start
Tombol Start jelas bukan lah hal baru, sejak Microsoft merilis Windows 95, tombol Start seolah telah menjadi ciri khas Windows dan ternyata hal itu sulit dihilangkan dari pengguna, sejak Microsoft mencoba menghilangkan tombol Start pada Windows 8, ternyata kebanyakan pengguna Windows merasa sangat kebingungan, dan karena alasan itulah kini Microsoft kembali menghadirkan tombol Start pada sistem operasi Windows 8.1 dan Windows 10. 

Start Menu yang bisa dikustomisasi
Fitur kustomisasi tombol Start telah ada pada versi Windows 98, yang membedakan pada Windows 10 adalah bahwa tampilan menu yang dihadirkan ditampilkan juga dalam bentuk Tile ala Windows 8, selebihnya fungsi dan fitur tersebut tak ubahnya sebagai tombol Start yang ada pada versi Windows sebelumnya.

 
Fitur Pencarian
Fitur Search atau Pencarian pada Windows 10 memiliki fungsi yang sama dari versi sebelumnya (Windows 7), dimana melalui kolom pencarian yang ada, pengguna bisa mencari aplikasi, file yang ada pada PC lokal ataupun pada web. Fitur pencarian ini juga mirip dengan apa yang ada pada Linux Mint, hanya saja kolompencarian yan ada pada Linux Mint ditempatkan dibagian atas menu sedangkan pada Windows ditempatkan di bagian bawah.


Virtual Desktop
Tampilan desktop vitual ini bukanlah hal baru, saya melihat fitur ini sudah lama ada pada platform Mac OS X dan juga Linux (Ubuntu, Zorin OS, Linux Mint dan sebagian besar distro Linux lainnya). Dimana dengan fitur ini akan memudahkan pengguna untuk bekerja dengan banyak aplikasi dan mengelempokkan beberapa aplikasi pada masing-masing layar desktop yang berbeda. Fitur virtual desktop di Windows sudah saya nantikan sejak lama mungkin sekitar tahun 2006 ketika saya menemukan aplikasi Virtue Desktop di Mac, namun baru hadir di Windows 10 yang baru akan dirilis pada tahun 2015 mendatang, ya.. sebuah penantian yang cukup panjang dan ketika fitur tersebut hadir di Windows 10, saya sudah menemukan tambatan hati ke Linux, maafkan saya Microsoft.


Windows Snap
Fitur ini mulai hadir pada Windows 7 dan kini kembali dihadirkan Microsoft pada Windows 10, saya sendiri sering menggunakan fitur ini di Linux Mint dan Zorin OS, dimana dengan fitur ini kita cukup menggeser jendela aplikasi ke samping kiri atau kanan atau sudut layar untuk selanjutnya dua buah (atau lebih) aplikasi akan ditampilkan secara simetris memenuhi seluruh layar. Fitur ini akan sangat bermanfaat ketika kita membuka lebih dari satu jendela aplikasi secara bersamaan pada monitor ukuran besar.

Windows Feedback

Ini adalah fitur lama dimana pengguna dapat memberikan masukan dan informasi balik kepada team pengembang sistem operasi Windows di Microsoft, fitur ini juga hadir pada Linux, Android dan Windows versi sebelumnya.

Namun begitu, Windows 10 tetap menjadi aplikasi yang menarik untuk digunakan, terlebih ketika Microsoft telah memberikan secara gratis sistem operasi ini dalam versi "Preview" bagi siapa saja yang ingin memberikan masukan mengenai perbaikan dan pembaharuan apa yang ingin ada pada Windows 10 ketika dirilis nanti. Saat tulisan ini dibuat, Windows 10 versi final belum dirilis, sehingga besar kemungkinan akan ada banyak fitur tambahan menarik lainnya yang akan muncul. Jadi mari kita tunggu saja.

No comments: