Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Thursday, October 16, 2014

Google perkenalkan tiga perangkat Nexus teranyar dengan Sistem Android 5.0 Lollipop


Setelah kita menunggu kehadiran rilis resmi sistem operasi Android L, akhirnya Google telah merilis sistem operasi teranyarnya itu ke publik. Platform yang juga disebut sebagai Android 5.0 itu akhirnya mendapatkan nama resmi sebagai 'Lollipop'.


Tidak hanya itu, Google juga telah merils perangkat smartphone Nexus 6 hasil kolaborasi dengan Motorola, smartphone ini masuk kedalam kategori phablet (smartphone dan tablet) karena memiliki ukuran layar 6 inci, sedangkan perangkat tablet Nexus 9 juga resmi diumumkan sebagai hasil kolaborasi dengan vendor smartphone asal Taiwan yakni HTC.


Dilihat dari namanya, Nexus 6 memiliki bentang layar 6 inci dengan kualitas gambar QHD dengan resolusi 2560 x 1440 piksel yang dibalut dengan layar berbahan Gorilla Glass 3, didukung dengan media penyimpanan internal yang tersedia dalam dua opsi yakni 32GB dan 64GB. Perangkat phablet ini juga hadir dengan kamera utama 13 megapiksel dibagian belakang yang dilengkapi dengan dua buah lampu kilat LED yang mengitari lensa kamera, serta kamera 2 megapiksel dibagian depan yang mampu merekam video dengan kualitas 720p.

Seperti yang dirumorkam sebelumnya, Nexus 6 diotaki dengan prosesor Quad-core Snapdragon 805 yang berjalan pada clock-speed 2.7GHz serta dukungan RAM 3GB, Nexus 6 jelas memiliki performa lebih baik dari Nexus 5 yang hanya diotaki dengan prosesor Snapdragon 800 serta dukungan RAM 2GB saja, sedangkan modul grafis yand dimiliki Nexus 6 menggunakan chipset Adreno 420 GPU, dimana modul grafis ini memiliki kemampuan 40% lebih cepat dibanding Adreno 330 yang ada pada perangkat Nexus 5.

Perangkat phablet Nexus 6 ditenagai dengan baterai dengan kapasitas 3220 mAh yang diklaim mampu digunakan selama 24 jam terus menrus dan memiliki waktu siaga hingga 300 jam. Menariknya, perangkat phablet ini juga memiliki fitur pengisian ulang secara nirkabel (wireless charging) yang dilengkapi dengan fitur Qualcomm Quick Charge 2.0 yang mampu mengisi ulang baterai secara singkat. Pihak Google mengklaim bahwa perangkat Nexus phablet terbarunya itu hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit pengisian baterai untuk dapat digunakan selama 6 jam.

Nexus 6 ditawarkan tanpa kontrak dengan harga $649 untuk versi perangkat dengan kapasitas memory 32GB sedangkan versi 64GB ditawarkan dengan harga $699 per unitnya.


Sementara itu, Google juga telah merilis resmi perangkat tablet Nexus 9 yang hadir dengan bentang layar 9-inci (pihak Google mengklaim bahwa ukuran tepatnya adalah 8.9 inci) yang hadir dengan resolusi 2048 x 1536 piksel, diotaki dengan prosesor 64-bit Nvidia K1 yang berjalan pada clock-speed 2.3GHz serta dukungan modul grafis Kepler dan RAM sebesar 2GB.

Sesuai dengan rumor yang tersebar sebelumnya dimana perangkat tablet Nexus teranyar ini dibuat oleh HTC. Perangkat tablet Nexus 9 dibalut dengan disain menawan khas HTC, penambahan bahan metal dibagian sisinya menambah kesan elegan. Menariknya, perangkat tablet Nexus 9 ini dapat digunakan dalam berbagai posisi dan memiliki aksesoris keyboard yang bisa dipasangkan secara magnetis mirip dengan aksesoris keyboard yang terdapat pada perangkat tablet Microsoft Surface.

Perangkat tablet Nexus 9 memiliki kamera utama 8 megapiksel di bagian belakangnya yang dilengkapi dengan lampu kilat LED, pihak Google mengklaim bahwa kameranya mampu menangkap gambar dengan jelas walau berada dalam lingkungan dengan kondisi pencahayaan yang rendah. Dibagian depan terdapat kamera 1.6 megapiksel.


Selain mengumumkan kehadiran dua buah perangkat Nexus terbaru, Google juga mengumumkan perangkat Nexus Player, ini adalah sebuah perangkat media streaming yang berjalan dengan platform Android 5.0 Lollipop. Selain dapat digunakan sebagai perangkat media streaming, Nexus Player juga dapat menghubungkan tampilan smartphone ke pesawat televisi ketika pengguna menjalankan aplikasi game pada smartphone mereka. Karena itu, perangkat yang dibanderol dengan harga $99 itu juga memiliki aksesoris kotroler tambahan untuk bermain game seharga $40 USD.

Rencananya, perangkat-perangkat ini akan tersedia dipasaran pada tanggal 3 November 2014 mendatang, kecuali untuk tablet Nexus 9 versi LTE yang baru akan hadir pada akhir tahun 2014 nanti. Sayangnya, belum ada kabar pasti mengenai kapan perangkat-perangkat ini akan masuk kepasaran Indonesia secara resmi.

No comments: