Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Thursday, October 09, 2014

Toshiba Siapkan Kacamata Pintar Penantang Google Glass?


Salah satu perusahaan elektronik yang berbasis di Jepang, Toshiba, kini tengah berencana untuk merilis perangkat smart glasses atau kacamata pintar yang digadang-gadang akan menjadi penantang kacamata pintar Google Glass, saat ini baru ada sedikit vendor besar yang telah merilis wearable device dalam bentuk kacamata ke pasaran, beberapa diantaranya adalah Google dengan produknya bernama Google Glass dan Sony dengan produknya bernama SmartEyeGlasses.


Belum lama ini, Toshiba juga telah memamerkan produk prototype dari perangkat kacamata pintar mereka yang bernama Toshiba Glass di ajang Ceatec Tradeshow yang berlangsung di Jepang. Kacamata Toshiba Glass memiliki bentuk yang secara umum hampir sama dengan kacamata pintar Google Glass, lengkap dengan layar kecil yang berada pada bagian kanan mata pengguna dan dapat memproyeksikan objek dan informasi yang  ditampilkan oleh kecamata tersebut.

Namun begitu, pihak Toshiba mengatakan bahwa teknologi dan cara yang digunakan pada kacamata pintar besutannya itu sama sekali berbeda dengan apa yang ada pada kacamata Google Glass, prisma yang dibenamkan pada perangkat kacamata Toshiba Glass jauh lebih tipis dan dipasang secara vertikal sehingga keberadaan prisma tersebut sedikit lebih tersembunyi dibanding prisma yang terdapat pada kacamata pintar milik Google Glass, namun tetap dapat menampilkan infomasi yang sama baiknya untuk pengguna.

Berdasarkan informasi yang kami kutip dari PCWorld, kacamata pintar milik Toshiba itu memiliki bobot 42 gram, bobot ini hampir sama dengan bobot yang dimiliki oleh kacamata pintar Google Glass, namun Toshiba telah menyediakan tiga buah varian bentuk frame yang berbeda yakni Standard, Sporty dan Industrial.

Perbedaan lain yang dimiliki oleh kacamata pintar besutan Toshiba dibanding kacamata pintar Google Glass adalah bahwa perangkat prototype Toshiba Glass tidak dapat digunakan secara nirkabel layaknya Google Glass, namun kacamata prototype besutan Toshiba ini mengharuskan penggunanya untuk memasangkan kabel ke perangkat smartphone, kabel ini tidak hanya berfungsi untuk mengirimkan informasi namun juga berfungsi untuk memberikan catu daya yang diambil dari baterai perangkat smartphone yang digunakan.

Kami memperkirakan, harga Toshiba Glasses akan ditawarkan dengan harga yang jauh lebih murah dibanding harga kacamata pintar Google Glass yang kini ditawarkan dengan harga $1,500 USD per unitnya. Sayangnya, belum ada kabar kapan perangkat Toshiba Glass tersebut akan resmi dirilis ke pasaran.


 Sumber: PCWorld | Gambar Header: TechHive

No comments: