Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Wednesday, June 10, 2009

Laporan Pandangan Mata: Launching Nokia N97

Selasa 9 Juni 2009 lalu saya mendapat undangan dari Nokia untuk menghadiri acara Launching Nokia N97, salah satu produk masterpiece Nokia seri N dari Nokia. Acara yang bertajuk "Nokia N97 Exclusive Review for Blogger&Media" itu diadakan di Poste Cafe & Resto, East Building, Jl. Lingkar Mega Kuningan. Acara yang menurut jadwal dimulai pukul 17:30 itu ternyata sedikit mundur satu jam, padahal saya sudah berada di lokasi mulai pukul 16:00. Acara ini memang dikhususkan bagi para blogger karena sehari sebelumnya Nokia juga sudah mengadakan event serupa khusus untuk rekan-rekan media.

Sebelum acara dimulai, saya sempat bertemu dengan beberapa kenalan baru, mereka adalah para blogger senior yang memang sudah memiliki reputasi masing-masing, diantaranya adalah Mas Fahmi (http://mfahmia2705.blogspot.com) salah satu anggota Asian Blogging Network, beliau juga yang meminjamkan saya ponsel kamera N70-nya sehingga LiveBlogging saya tidak terlalu garing dan lebih bercerita, ada juga Mas Amril Taufik Gobel, beliau adalah blogger yang datang dari Cikarang, dengannya saya sempat membicarakan mengenai keberadaan komunitas blogger di daerah kami masing-masing karena itu saya mengundang Mas Amril untuk melakukan sharing seputar komunitas blogger. Adapula Mas Amir Karimuddin (http://amir.karimuddin.com), beliau adalah editor di 3GWeek.net salah satu blog gadget yang dibuat oleh Mas Budi Putra (http://www.budiputra.com), Mas Budi Putra sendiri menjadi perwakilan dari semua blogger yang hadir disitu untuk memberikan testimoni terhadap produk Nokia N97.

Salah satu blogger yang menarik perhatian saya di event tersebut adalah Mas Fajar Jasmin (http://www.fajarjasmin.com), beliau adalah blogger yang mengidap HIV Positif namun dengan penyakit yang dideritanya beliau justru ingin memberikan yang terbaik dengan sisa hidupnya, Mas Fajar juga seorang yang gemar membaca, selain terlihat di blognya berisi review buku-buku yang pernah dia baca, beliau juga kerap membawa Kindle eBook reader, sebuah perangkat pembaca buku elektronik buatan Amazon.com.

Yang tidak saya sangka adalah kemunculan Pak HSW aka Herry SW, kolomnis khusus ponsel asal Surabaya ini ternyata diundang juga oleh pihak Nokia, beliau adalah salah seorang penulis gadget senior yang juga member berpengaruh di milis Gadtorade, ini merupakan perjumpaan ke tiga kali saya dengan Pak HSW, sebelumnya kami pernah bertemu pada acara gathering Gadtorade di Bandung dan Jakarta beberapa waktu lalu.

Acara dibuka oleh seorang MC, Mas Andi Hoo dari Surabaya yang sengaja datang khusus untuk memandu event ini, Mas Andi Hoo juga seorang blogger gadget, blognya yang beralamat di http://www.andihoo.com dia tunjukkan kepada saya menjelang acara berlangsung.

Bapak Eka Anwar selaku Marketing Manager - Messaging, Convergence & Social Location dari Nokia memaparkan Nokia N97 sebagai produk masterpiece di jajaran Nokia seri N saat ini yang memiliki fitur-fitur yang berbeda dari produk Nokia seri sebelumnya. Lalu Diselingi oleh Mas Budi Putra yang sengaja di undang untuk berbicara kedepan sebagai perwakilan dari blogger yang menjelaskan kelebihan dari fitur-fitur N97 yang bermanfaat bagi para blogger.

Disusul oleh Bapak Trisnawan selaku Marketing Manager PT Nokia Indonesia memberikan presentasi live demo mengenai fitur dan kelebihan dari widget yang dimiliki Nokia N97. Pada Sesi ini Pak Trisnawan menjelaskan tentang widget yang terdapat pada Nokia N97 dan mendemokan secara teknis bagaimana sebuah widget bisa disesuaikan dengan selera masing-masing pengguna.

Ibu Haryati Lawidjaja selaku service Marketing Manager memberikan presentasi seputar Ovi Store dari Nokia sebagai one-stop shop untuk pengguna Nokia membeli berbagai macam konten mulai dari aplikasi, game, podcast, video, layanan berbasis web dan lokasi, aplikasi produktifitas dan masih banyak lagi. Ovi juga menyediakan SDK (software development kit) bagi para pengembang yang ingin ikut berpartisipasi dalam mengembangkan aplikasi untuk Nokia.

Setelah sesi presentasi diadakan sesi tanya jawab, dan saya sendiri memberikan pertanyaan seputar kompatibilitas PC Suite yang digunakan oleh Nokia N97 dengan sistem operasi Macintosh, Pak Trisnawan menjawab pertanyaan saya bahwa untuk saat ini Nokia PC Suite hanya kompatible dengan Windows XP, namun bagi para pengguna Macintosh dapat mengunduh aplikasi iSync, yakni sebuah aplikasi sinkronisasi untuk Nokia di situs http://www.apple.com/iSync.



Setelah sesi tanya jawab, para tamu undangan dipersilahkan untuk mencoba produk Nokia N97 yang sudah disiapkan, beberapa produk Nokia N97 sudah siap dicoba dan kesemuanya telah dipasangkan dengan TV layar datar sehingga tampilan N97 bisa terlihat lebih besar dan jelas. Secara default, Nokia N97 sudah memiliki kemampuan VGA-out karena itu dalam setiap paket penjualannya sudah disertakan kabel TV VGA-OUT.

Saat itu saya mencoba membuka situs blog saya yang sedang menampilkan Live Blogging acara Launching Nokia N97 tersebut dan Pak Trisnawan dari Nokia yang saat itu menemani saya sempat terkagum-kagum dengan hasil Live Blogging yang saya lakukan.

Acara ditutup dengan makan malam bersama yang diselingi dengan pengundian hadiah untuk mendapatkan sebuah Nokia N97 secara gratis, kontan semua tamu undangan sesaat merasa tegang. Mas Rendy Maulana merupakan seorang blogger yang beruntung malam itu karena bisa mendapatkan sebuah Nokia N97 secara gratis.
Sebelum meninggalkan lokasi, para tamu undangan yang kebanyakan adalah blogger sempat berfoto bersama dengan para petinggi Nokia Indonesia. Semua tamu undangan juga mendapatkan merchandise dari Nokia berupa TShirt, Tas Laptop, USB Flash drive dan beberapa hardcopy yang berisi product knowledge dari Nokia.[Q]

1 comment:

Catatan Dari Hati said...

Hai Mas Rosgani,
Alhamdulillah, bisa kenalan dan berbincang dengan Mas di acara launching Nokia N97 kemarin. Semoga silatturahmi yang baik ini bisa berjalan terus.