Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Tuesday, July 28, 2009

Fennec, Browser Mozilla untuk perangkat mobile

Bererapa waktu yang lalu saya sempat menulis dalam sebuah status di halaman Facebook saya, bahwa saya menginginkan browser Mozilla untuk perangkat ponsel. Tidak lama berselang ternyata Mozilla telah merilis browser yang diberi nama Fennec, yakni browser Mozilla Firefox versi mobile untuk dipasang pada perangkat genggam, seperti ponsel, PDA dan smartphone.

Browser Fennec mendukung penggunaan fitur layar sentuh sehingga proses navigasi pada perangkat yang mendukung fungsi ini menjadi lebih mudah dan informatif. Tampilan Fennec juga sangat sederhana, jika pada Mozilla Firefox tombol navigasi biasa kita temukan di bagian atas layar, pada Fennec, tombol navigasi ini tersembunyi dibagian samping kanan layar dan untuk memunculkannya kita cukup men-drag layar ke sebelah kiri. Pada bagian kanan layar Fennec ini terdapat tombol Forward dan Back, serta tombol Option. Sementara pada bagian kiri layar terdapat tombol 'plus' untuk membuka Tab baru, sedangkan halaman tab yang sedang terbuka akan ditampilkan pada bagian ini.

Sayangnya, saat tulisan ini dibuat, Fennec hanya tersedia untuk perangkat smartphone yang menggunakan sistem operasi Windows Mobile dan Nokia tablet, namun ternyata pihak developer Fennec menyadari bahwa banyak orang yang ingin mencoba browser Fennec ini di komputernya. Akhirnya pihak pengembang Fennec menyediakan apliaksi Fennec yang bisa dijalankan di komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows, Mac OS X dan juga Linux.



Saya sendiri mencoba aplikasi ini dengan terlebih dahulu mendownload Fennec untuk sistem operasi Windows yang dikemas dalam file .zip berukuran 8.986MB. Saya langsung mencoba menggunakan Fennec dan masuk ke beberapa situs favorit saya. Semua situs dapat ditampilkan dengan baik termasuk situs yang memiliki animasi file flash seperti Youtube.com misalnya.

Setelah muncul browser Fennec buatan Mozilla ini, pengguna akan memiliki banyak pilihan untuk memilih browser mana yang cocok untuk digunakan melalui perangkat genggamnya. Saat ini Opera Mini menjadi browser mobile yang paling populer dikalangan pengguna ponsel, diikuti oleh browser Safari Mobile pada perangkat Apple iPhone, dan Symbian browser yang biasa terpasang pada ponsel Nokia.[Q]

No comments: