Free Bitcoin

Get Free Bitcoin Here

Friday, July 24, 2009

Sistem Operasi Android siap masuki perlatan rumah tangga

Bersiaplah untuk lebih banyak menggunakan produk Google dalam kehidupan kita. Dalam lima bulan kedepan, kita akan banyak menemukan perangkat rumah tangga yang dijejali dengan sistem operasi Android, sebuah laporan yang baru-baru ini kami lansir dari PC World mengatakan bahwa sistem operasi Android itu diantaranya akan hadir pada perangkat remote kontrol berteknologi tinggi.

Berita tersebut datang dari salasatu produsen remote kontrol canggih yang menggunakan teknologi layar sentuh, perusahaan itu bernama Touch Revolution pada ajang Consumer Electronic Show pada January lalu, memperkenalkan perangkat konsep telepon-meja NIMble yang berbasis Android. telepon NIMble memiliki layar sentuh berukuran 7 inci, peroduk ini mengeas sebuah smartphone (telepon pintar) kedalam bentuk telepon meja, yang membolehkan penggunanya untuk mengakses kontak, kalender dan email melalui tampilan yang informatif.

Perangkat baru, yang juga dijelaskan oleh Forbes, akan menghadirkan model dasar dimana perangkat tersebut akan menghadirkan teknologi telepon bergerak kedalam perangkat tidak-bergerak sebagai peralatan rumah tangga biasa. Touch Revolution sebagai produsen perangkat tersebut akan memproduksi perangkat-perangkat yang menggunakan kemampuan layar sentuh ini dan menjualnya kepasaran sebelum akhir tahun ini.

Berikut adalah produk yang akan muncul:

Home control Gadgets, merupakan remote kontrol utama yang memiliki kemampuan untuk memberi perintah kepada seluruh isi rumah, termasuk menyalakan lampu, mengunci pintu dan menghidupkan AC. Alat yang dilengkapi dengan layar sentuh berukuran 4.3 – 10 inci ini memiliki kemampuan untuk terhubung dengan Internet melalui jaringan Wi-Fi yang terpasang dirumah.

Media Control Device, alat ini merupakan remote kontrol yang menggantikan remote kontrol konvensional seperti yang kita temukan pada pemutar DVD, TV. Dengan alat ini, kita bisa mengatur semua peralatan elektronik melalui seperti mengatur volume, memilih channel TV, dan melihat acara TV. Remote kontrol canggih serba guna yang berbentuk menyerupai tablet-PC ini pun dilengkapi dengan akses Internet.

Home Smartphone, seperti yang telah dijelaskan di awal tulisan ini, telepon ini merupakan sebuah telepon pintar yang dibentuk menyerupai telepon rumah biasa dan dijejali dengan sistem operasi Android. Perangkat ini bukan hanya membantu kita dalam berkomunikasi, selain memiliki fungsi-fungsi telepon pada umumnya, perangkat yang rencananya akan dibandrol dengan harga mulai dari $300 ini memiliki kemampuan untuk terhubung dengan jaringan internet untuk komunikasi VoIP, mengakses Internet dan dapat menjalan aplikasi-aplikasi yang berjalan pada lingkungan sistem operasi Android. Perangkat ini juga dapat digunakan sebagai foto album digital dan dapat digunakan sebahai konsol game.

Touch Revolution mengatakan kepada Forbes bahwa perangkat-perangkat itu akan tersedia dengan berbagai bentuk dan ukuran, akan dipasarkan di Amerika dan beberapa negara lain, namun saat ini belum ada informasi mengenai negara mana saja yang akan menjadi pasar perangkat ini.

Android ternyata tidak hanya cocok untuk ponsel dan netbook saja, melalui produk yang diproduksi oleh Touch Revolution ini seakan membuktikan bahwa Android merupakan sistem operasi serba bisa yang multi platform. Salah satu pengamat teknologi bahkan melihat bahwa dalam waktu yang akan datang penggunaan Android akan meningkat 900 persen namun peningkatan ini masih sebatas untuk perangkat ponsel pintar.[]

No comments: